iPhone 12 Bikin Pengguna Kecewa

Warna merah di bodi iPhone 12 memudar.
Sumber :
  • Svetapple.sk

VIVA – Apple jarang membuat perubahan drastis pada desain iPhone terbarunya. Itulah sebabnya tepi persegi pada iPhone 12 yang dirilis pada tahun lalu begitu banyak menarik perhatian. Sayangnya, ada masalah dengan tepian baru yang ramping tersebut.

Serba-serbi iPhone 16 yang Bikin Penasaran

Sebuah situs asal Slovakia bernama Svetapple mendapati warna salah satu perangkat Apple seorang pengguna memudar. Dilansir dari situs BGR, Jumat, 19 Maret 2021, laporan tersebut tampaknya sebagian besar mengarah pada model iPhone 12 berwarna merah.

Baca: iPhone Pakai Trik Ini dan Viral di TikTok

Harga iPhone di iBox Turun hampir 50 Persen

Dalam laporannya terlihat iPhone 12 berwarna merah tersebut memiliki warna yang memudah di bagian sisi kiri dan kanannya. Warna tersebut berubah menjadi oranye. Laporan tersebut mengklaim bahwa ponsel telah dilindungi dalam case yang berarti masalah dengan bahan pada case yang menyebabkan warnanya memudar.

"Dari sudut pandang kami, cacat ini disebabkan oleh perawatan permukaan yang buruk atau tidak sempurna. Warna merah tua mulai memudar di salah satu sudut, yang secara visual sangat tidak terlihat bagus," demikian menurut Svetapple.

Daftar Terbaru Harga iPhone di Indonesia, Mana Termurah

Svetapple bersikeras bahwa mereka tidak melakukan kesalahan disengaja yang menyebabkan kecacatan. Mereka lalu menyisir internet untuk menemukan kejadian serupa. Dalam laporan lain menyebutkan beberapa pengguna mengklaim masalah tersebut tak hanya terjadi pada iPhone 12 saja, namun juga pada iPhone 11 dan iPhone SE 2.

Photo :
  • iDrop News

Pemudaran warna terjadi di tepi ponsel. Beberapa orang berspekulasi bahwa paparan sinar ultraviolet bisa menjadi masalahnya, tetapi jika itu merupakan masalah utamanya maka akan menjadi lebih serius.

Dalam forum MacRumors, pengguna bernama The-Real-Deal82 menjelaskan bahwa aluminium berwarna akan pudar. Seperti halnya mobil merah, warnanya akan berubah saat terkena sinar ultraviolet. Menurutnya, merah menjadi yang terburuk untuk perubahan pigmen dalam hampir semua format. Dari tinta cetak hingga pewarna.

Warna yang digunakan Apple berasal dari pewarnaan kimia. Kelemahan dari pewarnaan ini, kata The-Real-Deal82, adalah Apple tidak cukup stabil untuk membuat perangkatnya mampu menahan elemen.

Hingga kini belum ada tanggapan dari pihak Apple apa yang menyebabkan warna bisa memudar dan tak diketahui juga apakah seri terbaru iPhone ini mengklaim segala jenis kompensasi termasuk warna yang memudar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya