Terobosan Baru Oppo Reno 6

Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Public Relations Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto membeberkan salah satu fitur terbaru yang terdapat pada Oppo Reno 6 adalah fitur bokeh sinematik sebagai salah satu terobosan baru pengembangan dari segi fotografi dan videografi dalam sebuah ponsel kelas menengah.

Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf

Fitur video itu memiliki nama lengkap Bokeh Flare Portrait Video itu dihasilkan dari computational photography memanfaatkan kecerdasan buatan lewat deep learning, sehingga pada saat proses pengambilan video, kamera dapat membedakan secara akurat antara subjek dan latar belakang.

"Bisa dibilang Oppo Reno 6 menjadi smartphone pertama yang mencapai movie quality bokeh dengan menggunakan computational photography,” kata dia, dalam konferensi pers virtualnya, Senin, 5 Juli 2021.

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Lebih lanjut, jika biasanya efek bokeh dari hasil pengambilan gambar di ponsel ditambahkan lewat proses pascaproduksi atau editing maka dengan fitur Bokeh Flare Portrait Video pengguna bisa secara langsung mengambil gambar dengan hasil latar belakang dan bokeh setara dengan kamera yang memiliki bukaan lensa yang besar.

Pengembangan pembelajaran mendalam yang dilakukan kecerdasan buatan pada Oppo Reno 6 memungkinkan ponsel memahami bingkai demi bingkai dari video pada saat pengambilan gambar dilakukan sehingga hasil bokeh yang diinginkan pun dapat stabil ketika subjek bergerak.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Pengoptimalan hasil gambar video pun dilakukan untuk subjek dan latar belakang. Pada subjek warna, tingkat kecerahanan, dipertahankan agar warna asli gambar tetap terlihat sama meski sudah dioptimalkan. "Sementara untuk pemburaman latar belakang terjadi peningkatan saturasi dan penyesuaian warna pada lingkaran cahaya di gambar latar," jelas Aryo.

Oppo Reno 6 dijanjikan memiliki kemampuan untuk mendekati jenis efek bokeh yang dicapai seperti pada kamera DSLR, selama pengambilan gambar kecerahan lampu bokeh akan berubah mengikuti pergerakan kamera dan perubahan kedalaman.

Alasan Oppo Reno 6 memiliki fitur baru Bokeh Flare Portrait Video yang tentunya tidak ada pada seri terdahulunya mengingat saat ini tren video pendek lebih merajalela dibandingkan dengan sekadar mengunggah foto khususnya di media sosial.

Belum diketahui secara pasti detil dari Oppo Reno 6. Meski demikian dipastikan ponsel ini meluncur sebentar lagi di Indonesia, setelah pada akhir Mei lalu seri Reno 6 debut terlebih dahulu di China mulai dari harga Rp6,2 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya