Mengenang iPod

Pendiri Apple mendiang Steve Jobs saat meluncurkan iPod.
Pendiri Apple mendiang Steve Jobs saat meluncurkan iPod.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) Apple diketahui sudah menghentikan produksi pemutar musik iPod setelah 21 tahun berada di pasar.

Bahkan, versi paling barunya, iPod Touch yang diluncurkan pada 2007, belum diperbarui sejak 2019. Namun, sebagian besar fiturnya telah dimasukkan ke dalam perangkat dan layanan Apple lainnya.

Apple memastikan akan terus menjual iPod Touch hingga persediaannya habis, seperti dikutip dari situs Metro, Senin, 23 Mei 2022.

Ketika diperkenalkan oleh Pendiri Apple mendiang Steve Jobs pada 2001, iPod adalah pemutar MP3 pertama yang mampu menyimpan 1.000 lagu dan dilengkapi dengan masa pakai baterai hingga 10 jam.

Selain kapasitas penyimpanannya besar, earpod putih di dalam kotak juga merupakan simbol status pengguna, di mana hal yang sama seperti saat membawa iPhone terbaru saat ini.

iPod terus diproduksi hingga beberapa versi perangkat, termasuk iPod mini dan iPod nano. Versi ini ternyata juga mengubah nasib Apple karena penjualannya yang melampaui ratusan juta unit di seluruh dunia.

Meski begitu, kedigdayaan iPod diprediksi akan runtuh. Banyak ahli memperkirakan bahwa perangkat musik portabel itu tidak mungkin untuk tetap diproduksi dalam jangka panjang karena kebangkitan iPhone dan smartphone Android yang juga memiliki pemutar musik khusus.