Pabrik Oppo Indonesia Bisa Produksi sampai 2 Juta Ponsel Tiap Bulan

Logo Oppo.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Naufal

VIVA Tekno – Oppo Indonesia baru saja mengoperasikan pabrik Oppo Manufacturing Indonesia. Pabrik baru Oppo itu terletak di Periuk, Bayur, Tangerang, Banten.

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Oppo mengklaim, secara infrastruktur pabrik baru seluas 10 hektar itu mumpuni untuk memproduksi double capacity dibandingkan dengan pabrik sebelumnya. Di sisi lain, pihaknya mengakui tidak ada peningkatan yang signifikan di sana.

“Jadi untuk kapasitas pabrik lama dan baru, secara bulanan itu tidak ada peningkatan signifikan. Tetapi infrastrukturnya, itu sudah sangat mumpuni untuk memproduksi double capacity dibanding dengan pabrik sebelumnya” ujar Business Performance Manager Oppo Indonesia, Jefry Firman De Haan, di kompleks pabrik Oppo Indonesia, Tangerang, Banten.

Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

Soal kapasitas bulanan, pabrik tersebut mampu menampung sekitar satu hingga dua juta per bulan. Sementara, untuk produksi harian untuk varian Oppo A77s mampu memproduksi hingga 2.800 unit setiap harinya.

Proses Perakitan Oppo A77s

Photo :
  • VIVA/Muhammad Naufal
Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

“Kapasitas bulanan kita, di range 1-2 juta itu kapasitas maksimal kita. Untuk hariannya, di mana kita satu line, per line itu kita memproduksi 2.800an unit. Itu tergantung sama standar waktu yang ditetapkan” kata dia.

Lebih dalam, apabila membicarakan kapasitas, sebetulnya angka tersebut bersifat sangat fluktuatif dan bergantung dari permintaan pasar.

“Kalau ngomongin kapasitas, ini bukan seperti perusahaan ada orang tetapnya, kapasitasnya segitu aja. Sebab ini sangat fluktuatif, tergantung market.” kata PR Manager Oppo Indonesia Aryo Medianto, di kompleks pabrik Oppo Indonesia, Tangerang, Selasa, 18 Oktober 2022.

“Jika market atau pasar di Indonesia banyak permintaan terhadap produk Oppo, ya kita tinggal naikkan kapasitas kita.” timpal Aryo.

Kondisi Pabrik Oppo di Bayur, Tangerang

Photo :
  • VIVA/Muhammad Naufal

Pada pabrik barunya, satu line produksi tersebut berukuran sepanjang 50 meter dengan menerapkan continous line dengan menggunakan Oppo production system yang diklaim efektif dan efisien.

Dari panjang 50 meter tersebut, secara lebih rinci, 30 meter diperuntukkan bagi proses instalasi atau assembly dan packing sepanjang 20 meter.

Adapun, untuk proses terbentuknya satu unit handphone, Oppo mengklaim hanya membutuhkan waktu 7 hingga 10 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya