Smartwatch Ini Menyediakan Fitur Ramah Disabilitas

Ilustrasi kursi roda.
Sumber :
  • Pixabay/Stevepb

VIVA Tekno – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, jumlah penyandang disabilitas di Indonesia pada 2020 adalah 22,5 juta.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Sementara Survei Ekonomi Nasional (Susenas) 2020 mencatat ada 28,05 juta difabel. Adapun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut persentase disabilitas di Indonesia 10 persen dari total penduduk atau sekitar 27,3 juta orang.

Transformasi digital menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperluas kesempatan dan mengembangkan ekosistem yang lebih inklusif bagi penyandang disabilitas. Aktivitas fisik seperti olahraga juga tidak luput dari teknologi.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Ilustrasi penyandang disabilitas kerja kantoran.

Photo :
  • Pixabay
Mitsubishi Pamer Mobil Compact SUV Baru

 

Garmin dikenal sebagai perangkat yang mendukung aktivitas fisik dan kesehatan. Aktivitas fisik yang teratur terbukti membantu mencegah dan menangani penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, diabetes, hingga hipertensi.

Selain itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan kesehatan mental, kualitas hidup, dan kesejahteraan. Smartwatch terbaru dari Garmin, yakni Venu 3 series kini sudah dilengkapi fitur ramah disabilitas bernama Wheelchair Mode.

"Kami memberikan akses yang mudah dan praktis bagi pengguna kursi roda untuk mengikuti latihan sehingga menjadikan aktivitas fisik terstruktur sebagai bagian penting dari rutinitas harian," kata Garmin Indonesia dikutip dari situs resminya, Kamis, 28 Desember 2023.

Jika pada orang biasa smartwatch dapat melacak gerakan ketika berjalan, pada pengguna kursi roda, Garmin Venu 3 series membantu pengguna melacak dorongan tangannya ke roda dan menerima peringatan apabila terdapat perubahan berat badan.

Mode tersebut mampu memberikan rekomendasi latihan olahraga khusus untuk pengguna kursi roda. Fitur ini dirancang untuk mendukung beragam latihan.

Mulai dari latihan kardiovaskular hingga ketahanan dengan tujuan utama meningkatkan kesehatan fisik, memperbaiki mobilitas, dan mendukung peningkatan kesejahteraan menyeluruh bagi pengguna kursi roda.

Dengan 1.600 jenis latihan yang tersedia dan 30 aplikasi olahraga bawaan, pengguna bisa lebih tepat melakukan gerakan olahraga sehingga kebugaran tubuhnya menjadi lebih optimal.

Latihan-latihan ini memang dikembangkan khusus untuk pengguna kursi roda oleh Adapt to Perform, yang didirikan oleh Ben Clark, atau lebih dikenal sebagai 'The Wheelchair Fitness Guy'.

Bahkan, pengguna bisa menggunakan panduan latihan kekuatan dalam bentuk animasi apabila terhubung dengan aplikasi Garmin Connect.

"Fitur Wheelchair Mode akan menganalisis dorongan dan memberikan aktivitas harian yang sesuai, seperti Push-Run Speed dan Push-Walk Speed," ungkap Garmin Indonesia.

Garmin Venu 3 series tersedia dalam dua varian, yakni Garmin Venu 3 dan Venu 3s. Keduanya sudah dilengkapi dengan layar AMOLED dan daya tahan baterai hingga 14 hari dalam mode smartwatch.

Tersedia dalam dua ukuran, 41 mm untuk Venu 3s dan 45 mm untuk Venu 3, keduanya pun sudah tersedia di Indonesia yang bisa didapat seharga Rp8 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya