Smartphone 4G Ini Hanya Rp1 Jutaan

Ilustrasi 4G LTE
Sumber :
  • cnmeonline.com
VIVA.co.id
Demi 4G LTE, XL dan Indosat Ooredoo Saling Berbagi
- Berbagai vendor, baik lokal maupun global sedang gencar-gencarnya menghadirkan smartphone 4G. Hal ini dikarenakan, Indonesia sedang menuju era internet cepat melalui perangkat mobile yang dapat mendukung jaringan 4G Long Term Evolution (LTE).

Ponsel 4G di Bawah Rp1 Juta Diluncurkan

Namun, disayangkan untuk ketersediaan smartphone 4G di harga terjangkau masih minim, sebab sekarang ini ponsel tersebut masih di kisaran satu jutaan rupiah.
Menkominfo: Apple Mau Jualan di Indonesia Harus Bangun R&D


Advan sebagai produsen smartphone pun ingin menjawab tantangan tersebut. Disampaikan Produk Manager Advan, Yakobus, pihaknya akan menghadirkan smartphone 4G, dibawah Rp1 jutaan pada Agustus tahun ini.


"Kita akan keluarkan dua tipe smartphone 4G di semester dua tahun ini, tipe low-end sama premium. Kalau tipe low-end kita akan hadirkan harga di bawah satu jutaan," kata Yakobus di Jakarta.


Mengenai spesifikasinya, Yakobus membocorkan smartphone 4G Advan harga dibawah Rp1 juta ini akan memiliki layar 4,5 inci, prosesor quad core, RAM 1 GB dan ROM 8 GB. Terkait, sistem operasinya, diungkapkannya, pihaknya masih mempertimbangkan apakah akan menyematkan Android KitKat atau yang terbaru, Lollipop.


"Kalau lihat, tidak semua aplikasi yang ada saat ini belum berjalan maksimal di Lollipop. Banyak vendor global juga yang belum menghadirkan sistem operasi Lollipop. Jadi, kami masih mempertimbangkannya," jelas dia.


Yakobus mengemukakan kalau Advan pada tahun ini menargetkan di semester dua nanti, pihaknya akan mengeluarkan sekitar 20 tipe smartphone lagi. Namun, bila mengenai smartphone 4G, Advan setidaknya akan merilis empat tipe.


"Secara total semester dua nanti, sekitar 20 tipe smartphone akan kita luncurkan. Sementara smartphone 4G, paling banyak empat tipe akan kami hadirkan," janjinya.


Diketahui, teknologi 4G LTE memungkinkan pengguna dapat mengakses internet dengan kecepatan 100 Mbps. Saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama para operator, sedang menanta frekuensi 1.800 MHz untuk menggelar layanan 4G tahap kedua, dimana sebelumnya telah digelar di frekuensi 900 MHz pada Desember 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya