Kejutan Seputar iPad 'Raksasa' Apple

Apple iPad Pro
Sumber :
  • REUTERS/Beck Diefenbach

VIVA.co.id - Apple telah memperkenalkan rangkaian produk terbarunya mulai dari ponsel pintar sampai tablet. Untuk produk tablet, Apple merilis tablet paling 'raksasa' yang pernah dibuat sejak pertama kali merilis iPad.

Apple akhirnya merilis iPad Pro dengan bentang layar 12,9 inchi. iPad Pro merupakan iPad paling besar dari versi iPad sebelumnya.  Ada beragam kejutan dari iPad Pro. Selain merilis produk iPad, Apple juga memperkenalkan perangkat pendukung untuk iPad Pro tersebut.

Dikutip The Verge, Kamis, 10 September 2015, pada iPad Pro disertai dengan papan ketik (keyboard) baru yang dinamakan Smart Keyboard. Ini merupakan keyboard fisik terpisah yang memungkinkan iPad berubah seperti laptop.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Konsepnya mirip dengan keyboard pada tablet Microsoft, Surface. Namun Wakil Presiden Senior Pemasaran Apple, Phil Schiller menegaskan keyboard baru Apple itu berbeda dengan keyboard lainnya.

"Ini tak seperti tiap keyboard yang Anda pernah gunakan sebelumnya," ujar Schiller.

Keyboard tersebut diselimuti dengan semacam bahan khusus yang membentuk struktur keyboard. Smart Keyboard ini hadir dengan memiliki tiga bagian yang bisa berperan sebagai Smart Connector untuk meletakkan keyboard ke iPad Pro.

Selain keybaord baru, Apple juga menghadirkan Apple Pencil yang berfungsi layaknya sebagai stylus bagi iPad Pro. Fungsinya untuk menambah akurasi pada layar. Apple Pencil disebutkan punya sensor yang sensitif sehingga pengguna cukup menekan secara ringan pada layar. Apple mengklaim cara baru ini mirip dengan instrumen menggambar atau menulis yang sebenarnya.

Apple Pencil dapat diisi ulang mengunakan konektor Lightning yang bisa dihubungkan secara langsung ke iPad Pro. Pensil itu cukup 'ajaib', sebab hanya diisi ulang selama 15 detik saja, Apple Pencil itu bisa bertahan untuk 30 menit. Apple Pencil bisa dipakai untuk mencatat note atau bagian e-mail serta aplikasi lainnya.

Nah selain perangkat tambahan itu, iPad Pro hadir dengan resolusi layar 2732x2048 piksel. Teknologi layar iPad Pro sama dengan teknologi yang digunakan dari iMac dengan membenamkan layar Retina 5K.

"iPad Pro dapat melakukan hal yang tidak bisa dilakukan oleh smartphone karena ini tidak bisa masuk dalam kantung Anda," kata Schiller.

Untuk mendukung kinerja tablet tersebut, Apple membenamkan prosesor baru A9X, yang diklaim 1,8 kali lebih cepat dibanding chip sebelumnya. Grafis pada iPad Pro ini juga disebutkan memiliki performa dua kali sehingga sangat mendukung game dan aplikasi produktivitas.

"Ini 80 persen lebih cepat dari portabel PC yang telah hadir dalam setahun terakhir ini. Untuk kinerja grafis, ini 90 persen lebih cepat dari portabel PC," kata Schiller.

Kemampuan lainnya, iPad Pro dikatakan memiliki daya baterai 10 jam dengan kemampuan mengedit streaming video 4K secara simultan. Fitur lainnya yaitu Apple menambahkan empat sistem audio sepaker pada tablet berbasis iOS 9 tersebut.

Untuk dimensi, iPad Pro memiliki lebar yang sama dengan iPad 2, ketipisan 6,9 mm dan bobot 1,57 pon. Selain itu, iPad Pro hadir dengan sensor Touch ID dan mendukung jaringan Long Tern Evolution (LTE). Kamera iSight 8 MP dan fitur FaceTime HD pada kamera depan.

Apple menjadwalkan rilis iPad Pro ini dalam pilihan warna perak, emas dan space gray. Untuk harga iPad Pro model 32 GB (US$799), model 128 GB (US$949). Apple tidak mem-bundling Apple Pencil atau Smart Keyboard pada produk iPad Pro ini, Jika Anda menginginkan tambahan tersebut, harus merogoh kocek US$99 untuk Apple Pencil dan US$169 untuk Smart Keyboard.

Apple.

Apple Bagi-bagi Undangan

Apple akan menggelar hajatan perdana di tahun ini yang bertema 'Let Loose' bakal digelar pada 7 Mei merilis tablet iPad Pro dan iPad Air serta Apple Pencil.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024