Deretan Teknologi Bakal Tren Usai CES 2018

Robot rumah LG di CES 2018
Sumber :
  • Reuters/Steve Marcus

VIVA – Pameran teknologi tahunan Consumer Electronic Show atau CES 2018 telah selesai digelar Jumat 12 Januari 2018. Selama sepekan ini, acara yang diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat ini menjadi sorotan. 

Mutlak, AI Harus Dikendalikan Penuh

Apa yang ditampilkan dalam pameran ini menjadi wajah tren teknologi apa yang bakal berkembang ke depan. 

Dilansir situs Futurism, Sabtu 13 Januari 2018, berikut teknologi yang diperkirakan terus menjadi tren:

Asisten Virtual

Hyundai Fokus Kembangkan Hidrogen Sebagai Energi Masa Depan

CES 2018 ini didominasi oleh nama-nama Alexa, Bixby, Siri, dan Google Assistant. Mereka hadir untuk membantu mengontrol seluruh perangkat rumah. Seperti mematikan lampu, membacakan resep makanan, hingga mengingatkan jadwal harian. Para asisten virtual ini berada di beberapa gadget termasuk TV hingga kulkas. 

LG Electronics Enggak Main-main Garap TV OLED Gaming

Robot

Sepekan terakhir para perusahaan teknologi mengembalikan kejayaan para robot. CES menjadi ajang unjuk gigi para robot seperti robot anjing, robot yang bisa melipat pakaian, dan robot asisten rumah tangga bernama CLOi. 

Robot CLOi mendapatkan sorotan karena saat sedang presentasi dengan Vice President Marketing LG Electronic USA, Dave Vanderwaal, ia tiba-tiba tidak merespons dengan baik apa pun pertanyaan yang dilontarkan Vanderwaal.

 


Virtual Reality

Virtual Reality (VR) juga mendapatkan sorotan di CES. Perusahaan telekomunikasi asal Taiwan, HTC memperlihatkan headset Vive Pro yang terintegrasi audio serta memiliki resolusi 2880x1600.

VR juga dibuat lebih realistis dengan pengalaman sensasi menyentuh yang ditawarkan Design Partner. Perusahaan Irlandia ini menciptakan perangkat Smart Glove.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya