Shopee Hadirkan Gerakan Ekspor UMKM Serentak di 10 Kota

Program Shopee Ekspor Serentak 10 Kota
Sumber :
  • Viva/Trisya Frida

VIVA – Shopee telah menghadirkan kampus UMKM Shopee Ekspor selama tiga tahun belakangan ini di 10 kota yang ada di Indonesia. Program tersebut guna mendukung UMKM untuk terus maju dan dikenal ke kancah kuat negeri. 

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Gerakan ekspor UMKM Shopee kali ini secara serentak dilakukan di 10 kota, antara lain Solo, Bandung, Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Medan, Samarinda, Malang, Makasar, dan Denpasar.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

"Hari ini kita bareng-bareng mau memulai gerakan Ekspor UMKM Shopee serentak 10 kota dengan memberikan pelatihan ekspor bagi 1.000 UMKM secara berbarengan di 10 kota di mana kampus kita berada," kata Direktur Eksekutif Shopee Handhika Jahja di kawasan Jakarta Selatan pada Rabu, 26 Juli 2023. 

Sebanyak 20 juta produk UMKM lokal disebut oleh Handhika sudah masuk dalam Program Shopee ekspor ini. Melalui program ini, produk-produk UMKM lokal yang sudah terdaftar dapat dipasarkan oleh Shopee ke Asia Tenggara, Asia Timur, hingga Amerika Latin.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Program Shopee Ekspor Serentak 10 Kota

Photo :
  • Viva/Trisya Frida

Dengan adanya program Shopee ekspor ini, menurut Handhika, penjualan para UMKM lokal yang telah tergabung juga dapat meningkat. 

"Penjualan produk lokal melalui program ekspor ini terus meningkat sekarang ini jutaan produk terjual tiap bulannya dan ini menunjukkan bagaimana produk-produk lokal ini sangat diminati di luar sana," katanya lagi menambahkan.

Kampus UMKM Shopee ekspor ini juga dapat menjadi peluang untuk baik untuk pemerintah, akademisi maupun gerakan-gerakan sosial untuk melakukan kolaborasi guna mendukung UMKM dari Indonesia ke kancah global. 

"Kita membuka peluang kolaborasi sebesar-besarnya dengan berbagai pihak yang memiliki program penguatan UMKM," ujar Handhika.

Handhika selaku Direktur Eksekutif Shopee jug mengatakan akan membuka sayak kepada siapapun yang ingin berkolaborasi agar UMKM lokal Indonesia semakin maju. 

“Mau membuka sayap ke siapapun yang mau berkolaborasi supaya kita bisa terus memajukan UMKM Indonesia,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya