Potensi 4 Juta Pengguna Hilang, Twitter Salahkan Apple

Aplikasi Twitter dan Facebook.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Twitter mengaku mendapatkan empat juta pelanggan baru. Angka ini dinilai sangat sedikit dan mereka menyalahkan Apple.

Dilansir melalui ReCode, Jumat, 6 Februari 2015, menurut Twitter, ada bug yang mengganggu proses integrasi Twitter dengan iOS 8. Sistem operasi milik Apple itu memang telah diperbarui pada September lalu dan bug di dalam OS itulah yang telah mencegah adanya potensi akuisisi 4 juta pengguna baru lagi ke Twitter.

Hal ini disampaikan oleh CFO Twitter, Anthony Noto untuk memberikan alasan kepada investor terkait pertumbuhan pengguna Twitter yang melambat.

Dijelaskannya, satu juta pengguna yang mengunduh iOS 8 kesulitan untuk membuka Twitter. Kebanyakan mereka juga lupa password dan tidak bisa login. Sedangkan sisa tiga juta pelanggan lainnya menghilang karena adanya Safari Reader. Fitur itu selalu memperingatkan pengguna Twitter secara otomatis terkait adanya konten baru.

Hal tersebut tidak berpengaruh pada pengguna iPhone yang menggunakan iOS 7 sehingga pengguna selalu terihat aktif. Namun banyak pengguna iOS 7 yang beralih ke iOS 8 sehingga eksistensi mereka hilang seiring tak adanya ping otomatis di OS terbaru itu.

Namun begitu, CEO Twitter Dick Costolo meyakinkan investor jika angka itu akan tumbuh lebih besar lagi di kuartal pertama 2015. Targetnya, pertumbuhan yang sama sepanjang tiga kuartal pertama di 2014, yakni rata-rata 14 juta pengguna baru per kuartal.

Penjelasan Costolo ini cukup memberikan pengaruh yang besar terhadap pergerakan saham Twitter. Dalam penutupan bursa kemarin saham mereka sempat naik 10 persen.

Studi: Pengguna Twitter Kaum Atas dan Penghasilan Tinggi

Baca juga:

Saatnya Twitter Buang 140 Karakter

Menkominfo Klaim Ada 400 Akun Pornografi di Twitter
Ajakan Coblos saat Pilkada serentak 2015

Lima Daerah Ini Paling Aktif Soal Pilkada 2015

Ini berdasarkan riset Twitter terhadap pengguna media sosial.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2015