Indonesia Buka 'Jalan Tol' Seribu Startup ke Silicon Valley

Kibar kerja sama dengan GSVlabs
Sumber :
  • Kibar Kreasi Indonesia

VIVA.co.id – Akses bagi seribu perusahaan rintisan (startup) untuk menuju pentas global jadi kian terbuka lebar setelah startup teknologi Indonesia, Kibar dan GSVlabs menandatangani nota kesepahaman untuk kerja sama akselerasi pembinaan di di kantor pusat GSVlabs, Redwood City, California, Amerika Serikat.

Penipu Makin Jago, GoFood Kian Peduli Keamanan Data Pribadi

GSVlabs merupakan bagian dari Global , yang mencakup perusahaan bernama GSV Asset Management yang berinvestasi di Lyft, Spotify, Facebook dan Snapchat.  Sedangkan Kibar merupakan perusahaan yang getol membangun ekosistem startup di Indonesia. Kiprah Kibar antara lain bisa dilihat melalui inkubator startup Innovative Academy di Yogyakarta dan Start Surabaya di Surabaya.

"Ini merupakan kesinambungan dari kunjungan Jokowi ke Silicon Valley, ketika itu salah satu
pihak yang ditemui Jokowi adalah GSVlabs," kata Chief Executive Officer (CEO) Kibar Kreasi Indonesia, Yansen Kamto, dalam keterangan tertulisnya, Selasa 17 Mei 2016.

Nilai Bisnis juga Tidak Kalah Penting di Era Digital

Kerja sama dengan GSVlabs tersebut merupakan salah satu langkah penting dalam menyukseskan program seribu startup yang telah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia. Selain itu, Kibar juga tengah membangun 10 innovation hub di 10 kota di Indonesia.

Nantinya, kata Yansen, kerja sama ini akan berwujud sebuah akselerator startup yang berbasis di Indonesia. Targetnya, akan ada 20 startup Indonesia yang mengikuti program akselerasi selama tiga bulan.

Japan-Indonesia Innovation Summit 2022 Wadah Global Startup Lokal

"Bulan pertama program itu akan diadakan di Indonesia, bulan kedua di GSVlabs, Silicon
Valley, dan lanjut bulan ketiga kembali di Indonesia," kata pria tersebut.

Program akselerasi itu juga dikatakan bakal menggandeng rekanan korporasi di Indonesia."Korporasi yang kami gandeng tentunya harus punya visi, misi dan hati untuk memajukan entrepreneurship di Indonesia," katanya.

Sementara GSVlabs saat ini telah menginkubasi lebih dari 150 perusahaan. Ia juga merupakan rekanan Google, melalui program Pioneer Accelarator bersama Google Launchpad yang tiap tahunnya mengakselerasi sekitar 60 perusahaan startup.

"Kami sangat bersemangat untuk menjadi rekanan Kibar dan menantikan kerja sama untuk membantu Indonesia mencapai target seribu teknopreneur di 2020," ujar Bobby Amiri, Global Marketing and Business Development Executive, GSV Labs.

Saat ini GSVlabs telah melakukan kerja sama dengan India, melalui Times of India untuk membuat akselerator di Bangalore dan Mumbai. Sedangkan di Sao Paulo, Brasil, mereka menggandeng Bank of Brazil dan Mapfre Seguros.

"Indonesia adalah negara yang sedang menuju puncak perwujudan potensinya dan melalui hubungan kami bersama Kibar, kami yakin bisa bersama-sama mengembangkan ekosistemnya menjadi salah satu yang terkuat di dunia," kata Bobby.

Kerja sama Kibar dan GSV Labs diharapkan bisa membuka akses yang lebih baik dari perusahaan rintisan digital di Indonesia ke Silicon Valley. Ibaratnya, kerja sama ini akan membuka sebuah 'jalan tol' akselerasi startup.

"Melalui kerja sama ini, startup Indonesia telah dibukakan akses untuk menjadi pemain global. Pokoknya, jalan tolnya sudah kami siapkan. Tapi pertanyaannya, apakah startup lokal kita sudah merasa pantas jadi pemain global?" ujar Yansen.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya