Lihat Foto Permukaan Asteroid dari Pesawat Antariksa Jepang

Ilustrasi artistik pendaratan rover di asteroid.
Sumber :
  • JAXA

VIVA – Pekan lalu, badan luar angkasa Jepang (JAXA) membuat sejarah dengan mendaratkan rover di permukaan asteroid untuk pertama kalinya. Pesawat yang diluncurkan dari stasiun Hayabusa2 itu, saat ini bertengger manis di asteroid Ryugu, sebuah batu ruang angkasa seluas 1 kilometer yang berada sekitar 170 juta mil dari Bumi.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Dikutip melalui situs Mirror, Jumat, 28 September 2018, rover kembali mengirim gambar yang luar biasa dari permukaan Ryugu. Akun Twitter @haya2e_jaxa membuat beberapa post mengenai gambar yang mereka hasilkan.

“MINERVA-II1 kami telah mengirim lebih banyak gambar dari permukaan Ryugu!” keterangan dalam post Twitter-nya yang diikuti oleh beberapa pemandangan luar angkasa.

Bumi Punya Tameng Langit

Pemandangan itu menunjukkan lanskap berbatu dari asteroid, dengan latar belakang yang menakjubkan dari Tata Surya. Mereka juga menangkap penampakan robot Rover 1A dan Rover 1B. Robot-robot kecil ini memiliki berat masing-masing 1 kilogram, dibekali dengan lensa sudut lebar dan kamera stereo.

Luar biasanya lagi, robot itu mempunyai format otonom alias tanpa awak. Mereka juga bisa bergerak di sekitar asteroid dengan cara melompat. Selama di asteroid, robot akan melakukan berbagai tugas, termasuk mengukur suhu permukaan.

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Hayabusa2 juga dijadwalkan untuk melakukan tiga pendaratan secara singkat di asteroid untuk mengumpulkan sampel. JAXA berharap misi tersebut akan memberikan petunjuk tentang asal-usul tata surya.

Gerhana matahari total dilihat dari luar angkasa

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Pada tanggal 8 April 2024 lalu, gerhana matahari total terjadi di berbagai wilayah di Amerika Utara. Fenomena alam ini tak hanya dinikmati di Bumi, namun juga diamati dar

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024