Palapa Ring Ditargetkan Jadi Kado HUT RI 17 Agustus

Ilustrasi Palapa Ring.
Sumber :
  • Sekretarian Negara

VIVA – Palapa Ring yang tinggal menyisakan paket Timur sudah selesai 98 persen. Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi atau Bakti menargetkan bisa menyelesaikan pada pertengahan Agustus 2019 mendatang. 

Jaksa Ungkap Chat Terdakwa Korupsi BTS Singgung Setoran Rp 40 Miliar ke Oknum BPK

"Kepengennya (17 Agustus). Memberi hadiah. Tapi kita lihat update akhir," kata Direktur Utama Bakti, Anang Latief, di Jakarta, Jumat, 26 Juli 2019. 

Dia mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan sejumlah pengujian. Ada prosedur pengetesan sebelum Palapa Ring in bisa komersial. 

Cara PTT Pastikan SDM Kawasan Timur Indonesia Siap Hadapi Kemajuan Industri Telko

Kendala sendiri salah satunya mengenai cuaca, misalnya di lokasi pegunungan. Anang menceritakan yang seharusnya bisa tujuh jam bekerja hanya tiga jam karena cuaca di atas gunung. 

"Kemudian setelah itu berawan dan berkabut. Di situlah kita enggak mungkin mengerjakan sesuatu dalam keadaan kabut, basah, lembap, dan juga keselamatan bekerja," ujarnya. 

Tol Langit Satria-1 akan Lengkapi Kinerja Palapa Ring

Soal keikutsertaan operator, Anang yakin bahwa mereka akan ikut Palapa Ring. Menurutnya sejumlah perusahaan belum masuk ke wilayah yang sudah dilewati proyek pemerintah tersebut. 

Jika operator masuk dengan satelit, Anang mengatakan itu bisa membutuhkan biaya yang lebih besar lagi. Untuk menggunakannya, operator tinggal meminta kapasitas serta kota yang ingin dihubungkan, untuk tarif sudah dirilis dan merupakan subsidi. 

"Beda-beda. Kayak tanya saya dari Jakarta ke  Cikampek. Ada yang stopnya di Cikarang beda tarifnya, Ada di Karawang beda tarifnya," kata Anang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya