Senjata Rahasia NASA Siap Memburu Exoplanet dan Black Hole

Ilustrasi exoplanet atau planet di luar Tata Surya.
  • Instagram/@benny_gunther

VIVA – Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA memiliki teleskop baru bernama Nancy Grace Roman. Teleskop ini diklaim mampu memburu dan mendeteksi keberadaan exoplanet 500 kali lebih cepat dari Teleskop Hubble. Exoplanet adalah planet yang letaknya di luar Tata Surya.

Planet Ini Punya Ekor Panjang karena Tertiup Angin Matahari

Dilansir dari situs Space, Rabu, 5 Agustus 2020, sebelumnya Nancy Grace Roman digunakan sebagai alat mata-mata Bumi. Tapi kemudian beralih fungsi untuk mencari exoplanet di seluruh galaksi serta mengamati peristiwa kosmik lainnya.

Teknologi ini juga akan dioptimalkan untuk melakukan survei planet yang disebut Microlensing. Nancy Grace Roman juga akan melakukan hal yang lebih ekstrem, yaitu mengamati objek yang sangat masif seperti lubang hitam atau black hole.

Carilah Air, Baru Bisa Ketemu Alien

Kemampuan Microlensing Nancy Grace Roman akan digabungkan dengan bidang pandang yang luas, di mana membuatnya 100 kali lebih besar dari Hubble. NASA juga berharap teleskop barunya itu akan lebih banyak mengumpulkan data daripada misi astrofisika yang lain.

Nancy Grace Roman memang dibangun untuk misi-misi ambisius NASA, termasuk membantu Misi Kepler yang pernah menemukan ribuan exoplanet. Saat ini Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) tengah mencari planet yang karakteristiknya mendekati Bumi.

Planet Apa yang Paling Besar di Alam Semesta? Pastinya Bukan Jupiter

Teleskop Hubble sebenarnya tidak dirancang untuk berburu planet. Akan tetapi sejak diluncurkan teleskop ini ternyata mempelajari planet ekstrasurya. Rata-rata observatorium yang ada di Bumi berkontribusi dalam penemuan planet baru atau pengamatan astronomi lainnya.

"Mempelajari sejumlah besar bintang, Microlensing milik Nancy Grace Roman akan mampu melihat ribuan peristiwa di luar angkasa. Salah satu di antaranya exoplanet dan black hole," ujar Lead for the Roman Science Support Center at the Infrared Processing and Analysis Center, California, Institute of Technology, Rachel Akeson, menegaskan.

Benda mirip UFO di dasar Laut Baltik.

5 Black Hole Sedang Wara-wiri di Dasar Laut

Lima black hole atau lubang hitam sedang wara-wiri di dasar laut. Keberadaannya membuat negara-negara, terutama anggota NATO dan AS was-was, karena nyaris tak terdeteksi.

22 Januari 2024