Planet Apa yang Paling Besar di Alam Semesta? Pastinya Bukan Jupiter

Exoplanet.
  • Pixabay

Jakarta – Planet Jupiter menyandang gelar sebagai planet terbesar di jajaran tata surya. Ternyata ukuran Jupiter ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan planet monster lainnya yang ada di alam semesta.

Selain jajaran planet di dalam tata surya terdapat planet lain dengan beragam tampilan dan ukuran di alam semesta ini. Lantas, apa planet terbesar di alam semesta?

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Exoplanet baru.

• Pixabay

Dilansir VIVA Tekno dari Live Science, Rabu, 22 November 2023, terdapat dua pengukuran dalam mempertimbangkan ukuran sebuah planet. Pertama adalah ukuran lebarnya (dua kali jari-jarinya) dan yang kedua adalah massanya.

Peringati Hari Bumi Sedunia, IMIP Tanam 1.000 Pohon Pelindung

Bedasarkan lebarnya, exoplanet terbesar mempunyai radius kira-kira dua kali radius Jupiter. "Ini adalah objek ekstrem yang mengorbit sangat dekat dengan bintang induknya," ucap peneliti exoplanet Universitas Jenewa, Solene Ulmer-Moll.

Lebar dan massa planet saling terkait. Meski demikian tak selalu ada korelasi langsung antara keduanya. Hal ini disebabkan setiap planet memiliki kepadatan yang berbeda-beda. Artinya sebagian planet bermassa rendah mampu 'mengembang' ke ukuran lebih besar daripada exoplanet yang lebih berat.

Salah satu contoh adalah raksasa gas HAT-P-67 b yang berjarak 1.200 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini memiliki radius dua kali dari Jupiter. Saat ini menyandang gelar salah satu planet terbesar dari segi lebarnya. Namun, kepadatannya lebih rendah dari Jupiter, bahkan hanya kurang lebih sepertiga dari massa Jupiter.

Begitu pula dengan Planet Wasp-17 b yang memiliki sekitar dua kali lipat lebarnya dari Jupiter. Kemudian ada pula KELT-9b yang jari-jarinya 1,84 kali Jupiter.

Exoplanet menciut.

• ScienceAlert

Sementara planet berbatu, dari segi ukuran tidak pernah mendekati Jupiter. Contohnya, yang terbesar disebut "Bumi super" ukurannya hanya dua kali lebar Bumi.

"Sebagai perbandingan, Wasp-17b memiliki radius setara 22 kali Bumi," tutur Ulmer-Moll.

Adapun planet paling masif berukuran sekitar 13 kali massa Jupiter. Ini termasuk raksasa gas HD 39091 b, yang terletak 60 tahun cahaya dari Bumi, dan memiliki massa sekitar 12,3 kali massa Jupiter.