Ada Planet yang Isinya Lautan Semua

Exoplanet Mini Neptunus Gliese 1214b.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Mini Neptunus tersebar luas di seluruh Bima Sakti dan menurut Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) merupakan jenis planet ekstrasurya yang paling umum. GJ 1214b atau Gliese 1214b adalah salah satunya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) diketahui membuat kemajuan, termasuk dengan sistem TRAPPIST-1 yang menampung tujuh dunia seukuran Bumi atau Super Bumi.

Kita masih memiliki banyak pertanyaan tentang bagaimana planet terbentuk, bagaimana atmosfernya berevolusi, dan mengapa beberapa jenisnya begitu umum namun tidak ada di Tata Surya kita.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Tetapi dengan begitu banyak exoplanet yang ingin dipelajari, para astronom yang menggunakan JWST harus memilih target mereka dengan bijaksana. Proses yang bijaksana itu membawa tim astronom menemukan Gliese 1214b.

Mereka mengamati mini-Neptunus dengan MIRI JWST dan Spektrometer Resolusi Rendah, menerbitkan hasilnya dalam makalah di Nature berjudul A reflective, metal-rich atmosphere for GJ 1214b from its JWST phase curve.

Peringati Hari Bumi Sedunia, IMIP Tanam 1.000 Pohon Pelindung

Penulis utamanya adalah Eliza Kempton, seorang peneliti di University of Maryland, AS. Gliese 1214 adalah bintang kerdil merah yang berjarak sekitar 40 tahun cahaya di konstelasi Ophiuchus. Proyek MEarth menemukan GJ 1214b, satu-satunya planet dengan metode transit pada 2009.

James Webb Space Telescope (JWST).

Photo :
  • European Space Agency

Pengamatan lanjutan dengan Hubble menunjukkan bahwa itu adalah dunia air dengan atmosfer yang tebal dan beruap. Ini sekitar delapan kali lebih besar dari Bumi, dan sekitar 2,75 jari-jari Bumi, melansir dari situs Universe Today, Rabu, 16 Agustus 2023.

Dalam makalah yang menyajikan penemuannya, penulis menyebut bahwa mereka menemukan massa dan jari-jari planet yang konsisten dengan komposisi air, diselimuti oleh selubung hidrogen-helium yang hanya 0,05 persen dari massa planet. 

"Atmosfer mungkin keluar secara hidrodinamis, menunjukkan bahwa ia telah mengalami evolusi yang signifikan selama sejarahnya," tulis ilmuwan.

Itu adalah penemuan mini-Neptunus pertama yang memiliki atmosfer dan penemuan kedua yang massa dan radiusnya dapat ditentukan. Tapi detail lebih lanjut disembunyikan oleh lapisan tebal kabut atau awan di planet ini.

Mempertimbangkan temuannya, masuk akal jika para astronom ingin menggunakan JWST untuk mempelajarinya lebih lanjut.

"Planet ini benar-benar diselimuti oleh semacam kabut atau lapisan awan. Atmosfernya benar-benar tersembunyi dari kami sampai pengamatan ini," kata penulis utama Kempton.

Pemandangan gugusan Bima Sakti saat malam.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Kempton dan rekan penulisnya melampaui pengamatan planet ekstrasurya yang khas. Biasanya, para astronom melatih teleskop di planet ekstrasurya saat transit di depan bintangnya.

Cahaya bintang melewati atmosfer dan dianalisis untuk merasakan konstituen kimia serta karakteristik lainnya. Tetapi dalam hal ini mereka mengikuti planet yang melalui hampir seluruh orbit.

Instrumen MIRI JWST yang kuat dibawa ke planet ini saat mengorbit bintangnya. Pengamatannya menciptakan peta panas planet yang menunjukkan sisi siang dan malam, menerangi lebih banyak detail atmosfernya.

"Kemampuan untuk mendapatkan orbit penuh sangat penting untuk memahami bagaimana planet mendistribusikan panas dari sisi siang ke sisi malam. Ada banyak kontras antara siang dan malam. Sisi malam lebih dingin dari sisi siang. Suhu bergeser dari 279 ke 165 derajat C (535 ke 326 derajat F," kata Kempton.

Perubahan suhu yang begitu nyata menunjukkan adanya molekul berat, seperti H²O dan CH⁴. Jika atmosfernya didominasi oleh hidrogen yang lebih ringan, itu menandakan pembentukan dan evolusi yang berbeda. 

Hidrogen yang cukup biasanya menunjukkan bahwa sebuah planet terbuat dari nebula Matahari, yang berarti itu terbuat dari hal yang sama dengan bintangnya. Tapi air dan metana bisa menjadi petunjuk penting bagi evolusi planet dan potensi permulaan kehadiran air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya