Suhu Laut Mendatang Bakal Meningkat, Diperkirakan Akan Ada Badai Hebat dan Cuaca Ekstrem

Ilustrasi badai/topan.
Sumber :
  • Freepik/Pixabay

VIVA Dunia – Ada peningkatan kemungkinan terjadinya suhu laut, seperti Badai Daniels yang mematikan tahun lalu di kawasan Mediterania yang sangat hangat, menurut ilmuwan iklim Joel Hirschi Kekhawatiran kini jauh lebih tinggi karena suhu permukaan udara dan permukaan laut global.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

"Belum pernah terjadi sebelumnya, baik dalam hal penyimpangan dari normal dan durasi iklim," kata Francesca Guglielmo dari EU Copernicus Service kepada Anadolu.

Ketika suhu laut mencapai puncak baru yang berbahaya, para ahli memperingatkan tingkat akumulasi panas yang belum pernah terjadi sebelumnya akan memicu reaksi berantai yang hebat, termasuk badai dan topan yang mematikan, dalam beberapa bulan mendatang.

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini

Laporan terbaru yang dilansir dari laman Aa.com.ter ini menunjukkan bahwa lautan di seluruh dunia kini berada pada suhu terpanas. Layanan Perubahan Iklim Copernicus UE menemukan bahwa suhu permukaan laut sangat tinggi sepanjang tahun 2023 dan awal tahun 2024.

Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai

Pada akhir Februari 2024, suhu permukaan laut rata-rata harian mencapai titik tertinggi absolut baru yaitu 21,09 derajat Celsius (69,962 derajat Fahrenheit). Peneliti iklim Leon Simons mengatakan kepada Anadolu bahwa kemunculan El Nino di Samudra Pasifik tahun lalu menyebabkan peningkatan pemanasan lautan dan atmosfer, sehingga memicu perubahan pola cuaca.

“Dengan suhu seluruh Samudera Atlantik yang tercatat hangat, hal ini akan meningkatkan suhu, terutama tahun ini dalam beberapa bulan mendatang… Dengan suhu yang lebih tinggi ini, badai dapat menjadi lebih kuat… (dan) Anda dapat mengalami banjir yang sangat besar seperti yang kita lihat di Libya, Yunani dan di banyak bagian dunia pada tahun lalu,” katanya.

Banjir tersebut, jelasnya, disebabkan oleh meningkatnya curah hujan, yang terjadi ketika udara hangat menjadi dingin saat bergerak di atas daratan atau terutama di daerah tinggi seperti pegunungan. Peneliti iklim lainnya, Joel Hirschi, mengatakan suhu di Atlantik “sangat tinggi”.

“Jika suhu ini terus berlanjut hingga akhir tahun, setelah bulan Mei-Juni hingga bulan Juli memasuki musim badai, hal ini dapat mendukung musim badai yang sangat aktif, terutama sehubungan dengan berkurangnya El Nino,” katanya.

Ilustrasi laut dalam.

Photo :
  • www.pixabay.com

Mengapa lautan di dunia semakin panas?

Pemanasan lautan yang belum pernah terjadi sebelumnya merupakan kombinasi dari emisi rumah kaca, serta peristiwa El Nino yang kuat yang dimulai tahun lalu dan masih berlangsung, kata Hirschi, kepala pemodelan sistem kelautan di Pusat Oseanografi Nasional Inggris.

Suhu yang sangat panas juga berkaitan dengan sirkulasi atmosfer, yang kondusif bagi berkembangnya “gelombang panas laut,” katanya. Bagi Simons, faktor kunci selain emisi rumah kaca adalah pengurangan emisi sulfur, terutama dari sektor pelayaran dan pembangkit listrik tenaga batu bara.

“Saat kita mengurangi polusi udara, lebih banyak sinar matahari yang bisa mencapai lautan. Lautan memanas lebih cepat, terutama ketika polusi udara telah berkurang di wilayah yang banyak dilalui pelayaran,” kata Simons, peneliti iklim di Club of Rome Belanda.

Dia mengatakan Organisasi Maritim Internasional memperkenalkan peraturan baru pada tahun 2020 untuk mengurangi 80% jumlah sulfur dalam bahan bakar yang digunakan untuk pelayaran.

“Karena kini emisi belerang jauh lebih sedikit, sinar matahari yang dipantulkan oleh polusi udara ke luar angkasa menjadi jauh lebih sedikit,” katanya, seraya menambahkan bahwa perubahan ini telah dibuktikan secara nyata dengan data satelit NASA.

Waspada Cuaca Ekstrem

Photo :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Transisi El Nino-La Nina dan cuaca ekstrem

Mengenai proyeksi beberapa bulan ke depan, Hirschi mengatakan pelemahan El Nino kemungkinan besar akan beralih ke La Nina. El Nino dan La Nina merupakan fenomena iklim yang berasal dari Samudera Pasifik namun dapat mempengaruhi cuaca di seluruh dunia.

El Nino terjadi ketika air hangat menumpuk dan mendorong suhu permukaan laut di atas rata-rata, sedangkan La Nina adalah kebalikannya, ketika air dingin meningkat dan menurunkan suhu hingga di bawah rata-rata.

Ini adalah dua fase berbeda yang dikenal sebagai El Nino-Southern Oscillation, atau ENSO, dan tidak akan pernah terjadi pada waktu yang bersamaan.

“La Nina diketahui juga mendukung kondisi yang kondusif bagi pembentukan siklon tropis di Atlantik Utara,” kata Hirschi.

Daerah yang mungkin terkena dampak adalah negara-negara Amerika Tengah seperti Belize, Honduras, dan Meksiko, serta Amerika Serikat, termasuk wilayah selatan seperti Florida, dan juga sebagian besar Pantai Timur, katanya.

Bisa juga sampai ke Kanada dan kadang-kadang bahkan kembali ke Eropa, tambahnya. Hirschi mengatakan tanda-tanda awal terjadinya La Nina mulai terlihat di Pasifik.

“Fase anomali La Nina adalah saat Anda cenderung mengalami kekeringan di Amerika Selatan dan cuaca menjadi lebih basah di Australia. Jadi, tahun-tahun La Nina menguntungkan bagi curah hujan yang sangat deras di Australia dan di wilayah Pasifik Barat,” katanya.

Salah satu dampak positif dari La Nina adalah suhu laut diperkirakan akan turun sedikit di bawah suhu pada tahun 2023, tambahnya. Selain badai dan topan, kedua ilmuwan tersebut memperingatkan akan ada lebih banyak kejadian cuaca ekstrem dalam beberapa bulan mendatang.

Salah satunya adalah gelombang panas, yang menurut Hirschi kini lebih sering dan intens, dengan catatan suhu panas yang terus meningkat dan bukan “beberapa persepuluh derajat tetapi terkadang 3, 4, atau bahkan 5 derajat.”

Simons menyerukan langkah-langkah untuk “mempersiapkan diri menghadapi banyak cuaca ekstrem di bulan-bulan mendatang.”

“Kita harus mempersiapkan diri menghadapi banyak cuaca ekstrem yang tidak dapat diprediksi karena kita sekarang berada dalam situasi di mana planet kita tidak pernah mengalaminya selama jutaan tahun, dengan konsentrasi gas rumah kaca sekarang lebih tinggi daripada sebelumnya,” katanya.

Perhatikan Mediterania

Baik Hirschi dan Simons menunjukkan bahwa Mediterania adalah wilayah lain yang lebih hangat dari biasanya saat ini. Mediterania mengalami gelombang panas yang sangat besar tahun lalu, kata Hirschi, seraya menambahkan bahwa ada juga “gelombang panas laut yang parah” yang tercatat di wilayah tersebut selama lebih dari 10 tahun berturut-turut.

Ada kemungkinan lebih tinggi terjadinya suhu lautan, katanya, mengacu pada fenomena cuaca merusak yang sebelumnya telah diperingatkan oleh para ilmuwan akan meningkat akibat pemanasan global.

Istilah tersebut merupakan gabungan dari kata Mediterania dan badai.

“Itu adalah siklon tropis, seperti badai, yang berkembang di Mediterania dan … dapat menyerap kelembapan dan panas dari suhu lautan yang hangat,” jelas Hirschi.

Contohnya adalah Badai Daniel tahun lalu, yang berdampak parah pada negara-negara seperti Bulgaria, Yunani dan khususnya Libya dengan konsekuensi yang tragis, katanya.

Alasan mengapa Mediterania menjadi lebih hangat selama beberapa tahun terakhir adalah perjalanan udara yang sangat hangat dari Afrika, mendorong ke arah Eropa, menelan Mediterania dan membentuk apa yang disebut kubah panas yang kemudian bertahan dalam waktu lama.

Simons mengatakan Mediterania juga merasakan dampak dari peraturan yang diberlakukan untuk mengendalikan emisi belerang. Pada bulan Mei 2025, mereka akan semakin mengurangi emisi sulfur yang akan menyebabkan pemanasan lebih lanjut, katanya.

“Kami melihat semakin banyak sinar matahari yang diserap di wilayah ini setelah peraturan ini mulai berlaku. Kami memperkirakan angka ini akan terus meningkat ketika peraturan ini diperkuat pada bulan Mei tahun depan. Dan tentu saja kerusakannya akan semakin cepat,” dia memperingatkan.

Kekhawatiran sekarang jelas jauh lebih tinggi

Francesca Guglielmo, ilmuwan senior di Copernicus Climate Change Service, mengatakan kepada Anadolu bahwa tren terkini “dalam hal suhu permukaan udara dan laut global belum pernah terjadi sebelumnya.”

“Baik dari segi penyimpangan iklim normal maupun durasinya. Kekhawatirannya sekarang jelas jauh lebih tinggi dibandingkan, misalnya, tahun lalu,” katanya.

Simons juga menekankan bahaya dari situasi saat ini, dengan menunjukkan bahwa dibutuhkan panas 3.000 kali lebih banyak untuk menghangatkan lautan dibandingkan jumlah udara yang sama.

“Jadi, itulah mengapa sangat memprihatinkan… suhu saat ini jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya,” katanya.

Hirschi mengatakan krisis ini seharusnya tidak mengejutkan siapa pun, namun harus dianggap sebagai peringatan.

“Inilah yang kita harapkan dengan adanya pemanasan global. Seperti inilah pemanasan global,” ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya