Cai Lun, Ilmuwan Penemu Kertas yang Hidupnya Berakhir Tragis

Chai Lun.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Material kertas modern diciptakan sekitar 6 ribu tahun yang lalu di delta Nil, ketika orang Mesir kuno pertama kali mulai menggunakan tanaman papirus untuk pembuatan banyak hal, termasuk kertas papirus.

Jalan di Guangdong China Ambles 18 Meter, Puluhan Mobil Terperosok 24 Tewas

Namun, papirus memiliki kelemahan serius dan hanya dapat ditanam dan diproses di Mesir dan Sudan, sehingga peradaban lain berusaha keras untuk menemukan bahan seperti kertas mereka sendiri.

Sementara beberapa berusaha untuk menyempurnakan penggunaan perkamen (kulit binatang yang dikeringkan dan diregangkan), orang China memusatkan perhatian mereka pada kertas berbahan dasar kayu asli.

Kata Kapolri soal Kasus Brigadir Ridhal Ali yang Tewas Bunuh Diri

Replika Cai Lun

Photo :
  • William Wang
Marak WNI Jadi Korban Penipuan Pengantin Pesanan di China, KBRI Ungkap Modusnya

Kertas muncul di China pada abad ke-3 atau ke-2 SM, tetapi dipopulerkan selama kehidupan pejabat politik dan penemu China, Cai Lun.

Eksploitasinya dalam kemajuan pembuatan kertas membuat gelombang signifikan di kekaisaran China menyebabkan peningkatan pesat dalam produksi kertas, standardisasi, dan pengembangan kemampuan perekaman data China di masa depan.

Kertas ciptaannya dibuat dari kulit kayu bagian dalam pohon murbei, bambu, dan sisa-sisa rami, kain perca serta jaring ikan.

Ia mencampurnya dengan air, menumbuknya dengan alat kayu, dan kemudian menuangkan campuran ini ke selembar kain tenun kasar yang rata, membiarkan air mengalir, dan hanya menyisakan selembar serat tipis yang kusut di atas kain.

Pada zaman dahulu tulisan dan prasasti umumnya dibuat di atas loh bambu atau di atas potongan sutra yang disebut chih. Tapi harga sutra yang mahal dan bambu yang berat membuatnya tidak nyaman digunakan.

Cai Lun

Photo :
  • intochinatrevel.com

Menurut laman History of Paper, Jumat, 30 Desember 2022, Cai Lun lahir di zaman modern Leiyang, Hunan (kemudian dikenal dengan nama Guiyang) pada masa pemerintahan Dinasti Han Timur, sekitar 50 Masehi.

Ia menjabat sebagai kasim istana pada 75 M, kemudian mulai maju di istana Kaisar He dari Han. Pada usia sekitar 55 tahun di 105 M, ia berhasil menemukan resep stabil pertama untuk pembuatan kertas, yang diadaptasi dari kertas tradisional berkualitas rendah yang dibuat oleh kelas bawah dalam 200 tahun terakhir.

Ia tidak hanya meningkatkan campuran kimia dari senyawa tersebut, tetapi juga mesin yang memungkinkan produksi, pengepresan, dan pengeringan kertas lebih cepat.

Taktiknya dengan merendam lembaran serat basah di dalam air, hingga perlahan-lahan mengeringkan kelembaban dengan menekan sampai kertas mengering.

Selama lebih dari satu setengah ribu tahun inovasinya itu menyebar dari China ke Timur Tengah, Eropa dan kemudian dunia.

Cai Lun

Photo :
  • Google

Untuk penemuan ini, Cai Lun dianugerahi selama masa hidupnya, tetapi menerima ketenaran dan pengakuan yang jauh lebih tinggi setelah kematiannya.

Cai Lun bunuh diri dengan racun setelah Kaisar An dari Han berhasil merebut tahta yang dibiarkan kosong setelah kematian Permaisuri Deng.

Kaisar memerintahkan seluruh pengiring Permaisuri Deng untuk dikirim ke penjara, tetapi Cai Lun mencegah itu dengan mengakhiri hidupnya dalam ritual keracunan setelah mandi dan mengenakan jubah sutra halus.

Ia sangat dikenang oleh bangsa China setelah kematiannya, bahkan menerima sebuah kuil yang dibangun atas namanya pada masa Dinasti Song (960-1279).

Kuil dibangun di area di mana beberapa ratus keluarga pembuat kertas memproduksi kertas untuk sebagian besar China. Saat ini, Cai Lun dikenang sebagai bapak industri kertas modern, dan orang yang bertanggung jawab menyebarkan kertas ke seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya