Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama, Nafsu atau Murni?

Ilustrasi jatuh cinta.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno  – Banyak yang berspekulasi bahwa dua orang asing bisa jatuh cinta saat pertama kali bertemu. Tapi apakah cinta pada pandangan pertama itu nyata?

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Ada banyak hal yang terjadi secara fisiologis yang dapat membuat tahap awal romansa terasa seperti cinta, mulai dari menyebabkan masuknya hormon hingga mengaktifkan area otak yang berhubungan dengan perilaku adiktif. 

Namun beberapa peneliti berpendapat bahwa cinta pada pandangan pertama hanyalah nafsu dan cinta yang sebenarnya datang kemudian, setelah ikatan pasangan terjalin. 

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Cinta atau nafsu?

Ilustrasi jatuh cinta

Photo :
  • dok. pixabay

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

Jadi apa itu cinta? Menurut kamus Merriam-Webster, cinta adalah kasih sayang yang kuat terhadap orang lain yang timbul dari ikatan kekerabatan atau pribadi. Sementara tim ilmuwan dari Rutgers University, New Jersey mengemukakan bahwa cinta dapat dibagi menjadi tiga kategori yakni nafsu, ketertarikan, dan kemelekatan.

Ketertarikan, nafsu, dan keterikatan terhubung dan memperkuat satu sama lain, menurut ulasan tahun 2016 di Indian Journal of Endocrinology and Metabolism. Namun ketiganya adalah proses yang berbeda di otak di mana masing-masing dimediasi oleh neurotransmiter dan sirkuitnya sendiri. 

Sementara hormon testosteron dan estrogen, dikendalikan oleh amigdala —area otak yang mengatur emosi— yang bertanggung jawab atas nafsu, daya tarik yang ditentukan oleh pusat stres dan penghargaan.

Neurotransmiter dopamin, noradrenalin, dan kortisol akan terlibat ketika seseorang merasa tertarik pada seseorang. Dalam hal keterikatan, oksitosin dan vasopresin menjadi lebih dominan. 

Jadi ketertarikan awal terhadap seseorang bukanlah cinta, kata Deborah Lee, spesialis kesehatan reproduksi dan penulis medis untuk Dr Fox Online Pharmacy di Inggris.

Pria jatuh cinta.

Photo :
  • U-Report

"Psikolog membantah untuk mengalami cinta sejati saat pertama kali melihat orang lain. Ini karena cinta berkembang seiring waktu ketika Anda mulai mencintai pikiran, nilai, dan keterampilan orang lain. Cinta sejati bukan hanya tentang ketertarikan dan hasrat seksual," ujarnya.

Dalam hal cinta pada pandangan pertama, perasaan itu lebih cenderung pada nafsu, kata Eric Ryden, seorang dokter psikologi klinis dan terapis pasangan di klinik Terapi Pasangan di Inggris. 

"Perasaan memabukkan yang indah itu tidak bertahan lama. Juga jika seseorang mencari pasangan jangka panjang, cinta pada pandangan pertama bukanlah tanda bahwa Anda telah menemukan pasangan yang tepat. Ini lebih terkait dengan ketertarikan fisik dan nafsu daripada cinta romantis yang tahan lama," jelasnya.

Cinta kimia

Jatuh Cinta

Photo :
  • U-Report

Banyak yang menganggap bahwa cinta adalah campuran hormon yang dilepaskan untuk memberikan perasaan senang dan aman pada sistem saraf mereka. 

"Cinta mempengaruhi pikiran dan tubuh secara dramatis. Bersamaan dengan euforia dan pikiran obsesif, ada peningkatan sekresi hormon bahagia, terutama dopamin -terkait dengan penghargaan dan kesenangan- dan oksitosin. Seperti yang kita lihat sebelumnya, hormon-hormon ini cenderung lebih tinggi selama fase keterikatan daripada nafsu atau ketertarikan awal," ujarnya.

Cinta atau kecanduan?

Pasangan yang sedang jatuh cinta.

Photo :
  • U-Report

Melansir dari laman Live Science, Senin, 13 Februari 2023, tahap awal cinta bisa terlihat mirip dengan kecanduan, kata Lee di mana area otak yang aktif selama pandangan pertama mirip dengan saat kecanduan kokain. 

Ketika seorang kekasih terfokus pada pasangannya, mereka merasa gila, mengalami perubahan suasana hati bersamaan dengan serangan euforia, bertindak obsesif atau kompulsif, hidup dalam realitas yang terdistorsi dan sering bergantung pada orang lain, sama seperti perilaku seseorang ketika kecanduan kokain.

Namun, perasaan ini melunak seiring bertambahnya usia hubungan. Tahap selanjutnya dari cinta romantis tidak lagi meniru kecanduan narkoba, menurut sebuah studi tahun 2016 di jurnal Frontiers in Psychology.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya