Benda Ini Lebih Mahal dari Berlian dan Emas, Pernah Diungkap Jokowi

Spektrum californium yang ditemukan di supernova.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menyebut californium sebagai komoditas yang paling mahal, melampaui emas dan berlian. Californium adalah unsur radioaktif sintetis yang tidak ditemukan di alam.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Ini adalah aktinida, salah satu dari 15 unsur logam radioaktif yang ada di tabel periodik. Logam murninya berwarna putih keperakan, mudah dibentuk dan sangat lunak, bahkan bisa diiris dengan silet.

Californium cukup reaktif secara kimiawi. Ini perlahan akan memudar di udara pada suhu kamar - potongan kecil atau lembaran logam mulai teroksidasi, tetapi secara perlahan.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Semua isotop californium bersifat radioaktif. Cf-251 adalah yang paling stabil dengan waktu paruh sekitar 800 tahun. Sementara isotop Cf-252 adalah emitor neutron yang sangat kuat, yang berarti memiliki sifat tidak biasa untuk melepaskan neutron ketika pecah.

Menurut laman Live Science, Rabu, 16 Agustus 2023, isotop yang berperilaku seperti ini sangat tidak biasa. Cf-252 digunakan di berbagai industri sebagai bahan untuk militer, detektor logam, dan sebagai cara untuk mendeteksi kelelahan dan tekanan logam di pesawat terbang.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Ini ditemukan ilmuwan Amerika, Stanley Thompson, Kenneth Street, Albert Ghiorso dan Glenn Seaborg pada tahun 1950. Mereka pertama kali memproduksinya di laboratorium University of California, Berkeley.

Itu adalah unsur transuranium (di luar uranium) sintetik keenam dalam kelompok aktinida yang ditemukan. Penemuan itu terjadi ketika ahli kimia membombardir curium-242 dengan partikel alfa (atom helium tanpa elektron) dalam akselerator partikel siklotron 60 inci.

Californium.

Photo :
  • Concept w

Setiap reaksi nuklir menghasilkan Cf-245 — sebuah isotop dengan waktu paruh sekitar 45 menit — dan sebuah neutron bebas. Para ilmuwan menghasilkan sekitar 700.000 atom Cf-245, cukup untuk membuat sebuah kubus dengan sisi berukuran hanya 27 nanometer. Setelah analisis kimia, para ilmuwan memastikan bahwa unsur baru telah ditemukan.

Pada tahun 1958, californium diisolasi dalam jumlah yang lebih besar (1,2 mikrogram), untuk pertama kalinya oleh Thompson dan peneliti Burris Cunningham di Materials Testing Reactor, Idaho melalui iradiasi neutron plutonium-239.

Cf-252, isotop kalifornium dengan waktu paruh 2.645 tahun, merupakan sumber neutron yang sangat kuat. Satu mikrogram (0,000001 gram) menghasilkan 170 juta neutron per menit, menurut Jefferson Lab.

Isotop ini memiliki berbagai kegunaan, termasuk bertindak sebagai pemancar neutron, menyediakan neutron untuk memulai reaktor nuklir. Itu juga digunakan sebagai sumber neutron untuk mendeteksi bijih emas dan perak melalui teknik yang dikenal sebagai aktivasi neutron.

Ini digunakan dalam pengukur kelembaban neutron, perangkat yang dapat mendeteksi air dan lapisan bantalan minyak di sumur minyak

Isotop Cf-252 merupakan bahan target untuk memproduksi unsur transcalifornium. Sebagai contoh, unsur 118, oganesson, unsur terberat, dihasilkan ketika para ilmuwan membombardir californium dengan ion kalsium. Ini juga digunakan untuk mengobati kanker serviks dan dapat membantu menganalisis kandungan belerang minyak bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya