Misteri Kematian Cleopatra yang Belum Terpecahkan, Bunuh Diri atau Diracun?

Cleopatra.
Sumber :
  • www.i.ehow.com

VIVA Tekno – Meskipun lahir di Mesir, Cleopatra bukanlah orang Mesir. Nenek moyangnya dapat ditelusuri hingga dinasti Ptolemeus terakhir dari keluarga kerajaan Yunani Makedonia milik Ptolemeus I.

Tank Israel Siap Serang Rafah Jika Tak Ada Kesepakatan Gencata Senjata Setelah 72 Jam

Sebagai seorang gadis muda, Cleopatra diberikan hak istimewa untuk mendapatkan pendidikan, suatu hal yang tidak biasa pada saat itu. Dia menjadi ahli matematika, kimia, dan filsuf ulung. Dia belajar dan menjadi multibahasa dalam bahasa Yunani, Mesir, Arab, dan Ibrani.

Pada tahun 51 SM, ayahnya, Ptolemy XII meninggal. Kematiannya membuat Cleopatra menjadi wakil bupati bersama saudara laki-lakinya yang berusia 10 tahun, Ptolemy XIII. Sesuai dengan tradisi Mesir, untuk mempertahankan kekuasaan dalam keluarga, keduanya menikah.

Tim UI Torehkan Sejarah Baru di Kompetisi Pemrograman Tertua Dunia ICPC 2023

Mesir Buka-bukaan Ada Proposal Baru soal Gencatan Senjata di Gaza

Tak lama kemudian, para pendukung saudara laki-lakinya menghasut pemberontakan terhadapnya, menyebabkan dia melarikan diri dari Aleksandria.Pada tahun 48 SM, pemimpin Romawi Julius Caesar dan Pompey terlibat dalam perang saudara. Dikalahkan dalam pertempuran, Pompey melarikan diri ke Mesir tetapi dibunuh sebelum kedatangan Caesar. 

Berita tentang waktu senggang Caesar sampai ke telinga Cleopatra yang mengatur pertemuan intim. Dia digulung menjadi karpet dan dikirim ke kediaman Caesar. Setelah pengiriman, karpet dibuka dan memperlihatkan seorang ratu Mesir berusia 21 tahun. 

Cleopatra memikat Caesar yang berusia 52 tahun dengan taktik dan strateginya. Pada saat pertemuan mereka, Cleopatra adalah seorang wanita yang sangat kaya sementara Caesar selalu terlilit hutang, sehingga semakin menambah pesonanya.

Tahun berikutnya, pada tahun 47 SM, Cleopatra menjadi gundik Kaisar. Dia menggunakan pasukan Kaisar untuk menghancurkan saingan Cleopatra untuk mendapatkan kekuasaan di Mesir, saudara laki-laki dan suaminya, Ptolemy XIII. Akibatnya, Ptolemy XIII tenggelam saat mencoba melarikan diri dari pertempuran.

Ilustrasi Cleopatra

Photo :
  • thegrcurrent

Caesar menetapkan Cleopatra dan adik laki-lakinya, Ptolemy XIV, sebagai penguasa Mesir sebelum kembali ke Roma di mana perang saudara berlanjut, dipimpin oleh putra-putra Pompey.

Pada tahun 45 SM, Cleopatra bergabung dengan Caesar bersama putra mereka, Caesarion, dan suami barunya, adik laki-lakinya, Ptolemeus XIV. Mereka ditempatkan di sebuah vila di pinggiran kota sementara Caesar dan Cleopatra melanjutkan hubungan mereka secara pribadi.

Sementara itu, putra Pompey terus mendapatkan dukungan di Spanyol. Caesar meninggalkan Roma untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Kembali ke Roma dengan kemenangan, Caesar dibenci di dalam senat. 

Tahun berikutnya pada tahun 44 SM, Caesar dibunuh. Sebulan kemudian, Cleopatra kembali ke Mesir di mana saudara laki-laki suaminya Ptolemy XIV meninggal karena keracunan atas perintah Cleopatra. Penyingkiran Ptolemy XIV membuka jalan bagi putranya, Caesarion, untuk menjadi wakil bupati sebagai Ptolemy XV dan memerintah bersamanya.

Maju ke tahun 41 SM. Marcus Antonius, atau dikenal sebagai memanggil Cleopatra ke Tarsus yang berlayar ke kota di Sungai Cydnus dengan tongkang yang dihias. Dia mengenakan jubah yang mirip dengan dewi Aphrodite. Sesuai rencana, kedatangan Cleopatra yang berani memikat Mark Antony, sehingga memulai perselingkuhan mereka. Pada tahun yang sama, Cleopatra melahirkan anak Antony, Alexander Helios dan Cleopatra Selene. Mark Antony,

Karena terganggu, Marc Antony membatalkan rencana untuk menyerang Kekaisaran Parthia untuk kembali bersama Cleopatra ke Alexandria. Saat berada di sana, Cleopatra meyakinkan dia untuk memerintahkan eksekusi adik perempuannya, Arsinoe, untuk menyingkirkannya sebagai ancaman terhadap takhta.

Pada 40 SM, Mark Antony meninggalkan Aleksandria untuk bertemu Oktavianus dan Lepidus, saingan komando Romawi, di Italia. Sebagai bagian dari perjanjian politik mereka, Mark Antony menikahi Octavia, saudara perempuan Oktavianus.

Selain perkawinan, dibentuklah Triumvirat Kedua yang membagi provinsi Roma menjadi tiga bagian untuk diperintah oleh masing-masing provinsi.  Dalam tahun tersebut, pembunuh Caesar, Brutus dan Cassius, dikalahkan oleh Marc Antony dalam Pertempuran Phillipi. Kekalahan tersebut membangun reputasinya sebagai jenderal resmi Roma. Bagaimana kisah selanjutnya? Scroll selengkapnya berikut ini melansir laman Worldatlas.com.

Perjalanan Hidup Cleopatra

Cleopatra dan Marc Anthony

Photo :
  • livescience.com

Beberapa tahun kemudian pada tahun 37 SM, Mark Antony dan Oktavianus sekali lagi terlibat perselisihan politik. Mereka berpisah, meninggalkan Marc Antony untuk melanjutkan kampanyenya melawan Kekaisaran Parthia. Saat berkampanye, Cleopatra bergabung dengannya dan pada akhir tahun itu, dia melahirkan seorang putra, Ptolemy Philadelphus.

Bersama kekasih barunya, seorang asing lainnya, Cleopatra membutuhkan dukungan rakyat Mesir untuk mempertahankan kendali atas takhta. Untuk mendapatkan dukungan, Cleopatra mengandalkan takhayul agama masyarakat.

Dia menggunakan propaganda untuk menjadikan dirinya dan Mark Antony sebagai reinkarnasi dewi dan dewa, Isis dan Osiris. Propaganda politik lebih lanjut menyatakan Cleopatra sebagai putri Re, dewa matahari Mesi

Diakui sebagai dewi di seluruh Mediterania, Cleopatra menghiasi jubah Isisnya di depan umum untuk menjaga citranya, sehingga memungkinkan pengaruh politiknya yang lebih besar untuk memerintah Mesir. 

Selama beberapa tahun berikutnya, pasangan ini melakukan perjalanan bersama saat Marc Antony menaklukkan Mediterania melalui penaklukan militernya.  Setelah menaklukkan Armenia, Marc Antony membagikan tanah kepada anak-anaknya dan Cleopatra. Penghinaan yang disengaja terhadap Oktavianus memperjelas bahwa keluarga mereka menguasai Timur.

Pada 30 SM, Lepidus disingkirkan oleh Oktavianus dari tiga serangkai. Dengan demikian, kekuatan politik Oktavianus semakin besar. Pada tahun yang sama, Marc Antony menceraikan Octavia, sehingga Oktavianus menyatakan perang terhadap Cleopatra. 

Pertempuran itu terjadi di Yunani. Meskipun Marc Antony memiliki pasukan yang lebih besar, ia berulang kali dikalahkan oleh taktik angkatan laut yang hebat dari jenderal Oktavianus, Agripa. Setelah pasukan gabungan mereka dimusnahkan dalam Pertempuran Actium, Marc Antony dan Cleopatra mundur ke Mesir. Agripa dan Oktavianus mengikuti pengejaran.

Teori Populer Tentang Kematiannya

Pada tahun 30 SM, pada usia 39 tahun, Cleopatra meninggal. Sebagai ratu terakhir Mesir kuno, kematiannya mengakhiri dinasti Ptolemeus dan telah memikat imajinasi selama berabad-abad.

Dengan kekalahan Pertempuran Actium, Cleopatra mendapati dirinya terjebak dalam situasi berbahaya yang menyebabkan kematiannya. Ada banyak teori tentang apa yang terjadi selanjutnya.

Salah satu teori menyatakan Cleopatra dan Marc Antony sepakat untuk bunuh diri daripada ditangkap. Teori tersebut bermula dari negosiasi rahasia Cleopatra dengan Oktavianus untuk menyelamatkan anak-anaknya.

Menurut teori ini, dia mengirim surat bunuh diri kepada Marc Antony, dengan asumsi Marc Antony akan datang kepadanya untuk bergabung dengannya dalam kematian. Akibat membaca suratnya, dia menikam dirinya sendiri hingga tewas.

Bingung, Cleopatra memanggil Antony kepadanya di mana dia meninggal dalam pelukannya. Cleopatra berusaha untuk terus bernegosiasi dengan Oktavianus, tapi dia menolak. 

Alih-alih menjadi tawanan politik dan rampasan perang bagi Oktavianus, ia memilih mengakhiri hidupnya. Di sinilah detailnya menjadi kabur. 

Banyak cerita telah ditulis tetapi cerita terkenal mengenai ular ditulis oleh sejarawan Plutarch. Menurut tulisannya, Cleopatra mengizinkan seekor asp, seekor ular berbisa yang dikenal juga sebagai Kobra Mesir, untuk menggigitnya. Sebagai ular biasa di Afrika Utara, ada kemungkinan untuk memperoleh ular tersebut untuk tujuannya.

Teori ini menyinggung citra publik Cleopatra sebagai asp yang melambangkan kekuasaan dan sering kali berada di mahkota firaun. Jika dia memanfaatkan ular untuk mengakhiri hidupnya, itu akan menjadi keputusan yang diperhitungkan untuk mengingatkan musuh-musuhnya akan kekuatannya.

Menurut Egyptologists, ada beberapa masalah dengan teori ini. Pertama, Kobra tumbuh hingga panjang lima kaki, terkadang mencapai delapan kaki. Kecil kemungkinan seekor ular sebesar itu, apalagi dua ekor, dapat dengan mudah diselundupkan tanpa terdeteksi.

Kedua, meski mematikan, gigitan ular merupakan kematian yang lambat dan menyakitkan. Teori bahwa Cleopatra dan pembantunya meninggal seketika tampaknya tidak mungkin terjadi. Selain itu, Oktavianus akan bisa kembali menemuinya dalam keadaan hidup setelah menerima pesan perpisahan darinya. Sebaliknya, dia ditemukan tewas.

Ratu yang cerdik dan banyak akal pasti sudah mempersiapkan dan memperhitungkan dengan cermat cara paling efektif untuk mengakhiri hidupnya. Jika dia memang menggunakan racun, kemungkinan besar racun tersebut dikonsumsi atau dioleskan ke kulitnya, bukan melalui gigitan. 

Perjalanan hidup cleopatra

Photo :
  • worldatlas.com

Interpretasi Artistik

Kehidupan dan kematian Cleopatra melambangkan kekuatan, keindahan, dan tragedi. Detail mengenai kematiannya memicu legenda yang membuat para seniman terpesona dan mengilhami interpretasi artistik yang tak terhitung jumlahnya.

Dalam film, Cleopatra digambarkan sebagai wanita cantik yang memukau bersama aktris yang dibintangi Elizabeth Taylor dan Vivien Leigh. Para aktris tersebut menggambarkan sosok Cleopatra sebagai seorang penggoda yang menggunakan karisma untuk menyihir pria berkuasa di sekitarnya. 

Lukisan terkenal karya seniman Jean-André Rixens berjudul, Kematian Cleopatra, dibuat pada tahun 1874 dan digantung di Museum of Agustinus di Toulouse, Perancis. Lukisan itu menonjolkan ratu Mesir yang telanjang di bagian depan. Tubuh pucatnya yang tak bernyawa kontras dengan warna-warna pekat yang kaya di latar belakangnya.

Rixens' lukisan menginspirasi seniman lain untuk menciptakan representasi mereka sendiri tentang ratu terkenal. Salah satu artis tersebut adalah Jean-Léon Gérôme. Lukisan itu menggambarkan perlawanan sang ratu saat menghembuskan nafas terakhirnya dikelilingi oleh para pelayan setia.

Lukisan Gérôme tentang Cleopatra dan Caesar menggambarkan Cleopatra dalam kain tembus pandang. Seorang pelayan di belakangnya baru saja membuka gulungannya dari karpet. Dia berdiri dibanjiri sorotan pucat yang menyoroti sosok dan rayuannya.

berfokus pada drama seputar hubungan mereka dan kehancuran akhir mereka. Dalam interpretasi Shakespeare, Cleopatra adalah wanita kuat yang setia pada negaranya dan sangat mencintai Antony. Antony dan Cleopatra

Setiap interpretasi visual Cleopatra mengajak penonton untuk mempersepsikannya sebagai wanita yang bertanggung jawab atas hidupnya. Seniman menggambarkan mantan ratu dengan kekuatan, kecantikan yang memukau, dan pikiran yang cerdas.

Warisan Cleopatra Setelah Kematian

Warisan cleopatra

Photo :

Dengan meninggalnya Cleopatra, peradaban Mesir kuno menurun dan menjadi provinsi lain di Kekaisaran Romawi. Kini setelah musuh-musuh politiknya dibasmi, Oktavianus memerintahkan kesetiaan tentara. Oktavianus diakui sebagai Kaisar Augustus dan menciptakan kerajaan baru.

Dengan berakhirnya perang, Kaisar Augustus kembali ke Roma. Dia disambut dengan kemegahan dan kehati-hatian dan memutuskan untuk menampilkan kemenangannya di depan umum dengan parade.

Kaisar Augustus mengendarai kereta yang ditarik oleh empat ekor kuda. Anak-anak mendiang ratu yang masih hidup, Alexander Helios, Cleopatra Selene, dan Ptolemy Philadelphus berjalan dalam prosesi di belakangnya. 

Pada tahun-tahun berikutnya, Kaisar Augustus mengambil kendali mutlak atas Mesir. Hukum dan administrasi diubah untuk mematuhi standar sosial Kaisar yang ketat. Meskipun merupakan provinsi kaya di Kekaisaran Romawi, Mesir seperti yang diketahui Cleopatra telah hilang.

Kesimpulannya

Kehidupan Cleopatra terus menginspirasi seniman untuk berimajinasi, menafsirkan, dan menciptakan karya mereka sendiri. Tanpa dokumentasi tertulis dari para saksi mata, kematian Cleopatra masih diselimuti misteri.

Saat-saat terakhir kehidupan Cleopatra tidak diketahui secara pasti. Memoar Oktavianus adalah satu-satunya catatan tertulis yang ditemukan. Oktavianus mendapat keuntungan dari kematiannya, mengambil alih negaranya untuk menciptakan kerajaan yang luas dan mengangkat dirinya sebagai kaisar. Ketika dia duduk untuk menulis tentang hal itu, dia mungkin telah mengubah rinciannya untuk membebaskan dirinya dari tanggung jawab langsung atas kematiannya.

Sungguh puitis bahwa penaklukannya atas kekuasaan berakhir begitu dramatis. Dia menjalani kehidupan yang penuh dengan pembunuhan, nafsu, dan petualangan. Pendidikannya yang luas memberikan keterampilan yang dibutuhkan untuk bernegosiasi dan mengarahkan urusan politik. Dia mengambil risiko besar dan kehilangan semuanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya