Guru SD Dibantu Dosen UMPR Susun E-Modul

Dosen UMPR dampingi guru SD susun e-modul bagi guru SD Muhammadiyah Palangkaraya
Sumber :
  • antara

VIVA – Tim pengabdian dosen dari Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR), Kalimantan Tengah, mendampingi dan melatih guru sekolah dasar menyusun e-modul.

Viral Guru SD Pakai Cadar Ditangkap Karena Menyusup ke Jemaah Perempuan di Masjid Makassar

"Pendampingan ini dilakukan melalui program pelatihan pembuatan e-modul. Memanfaatkan flip book maker dengan flip PDF dengan jumlah peserta 26 guru," kata Ketua tim pengabdian dosen UMPR Dr Rita Rahmaniati di Palangka Raya, Rabu (1/11).

Dia mengatakan, pelatihan dan pendampingan ini dilakukan juga sebagai upaya mengikuti aturan pemerintah tentang penerapan protokol kesehatan COVID-19. Terutama terkait proses belajar mengajar selama pandemi.

Peran Penting TikTok: Kisah Sukses Seorang Guru SD dalam Membangun Bisnisnya

"Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan aktivitas sosial kemasyarakatan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Palangka Raya. Seperti yang kami lakukan. Ini rangka pelaksanaan catur darma perguruan tinggi," kata Rita.

Melalui pelatihan tersebut, dia berharap kemampuan dan variasi mengajar para guru SD Muhammadiyah di tengah pandemi COVID-19 meningkat. Para guru juga diharapkan mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Diduga Terlibat Perselingkuhan dengan Guru SD di Purworejo, Pejabat Pemda Dilaporkan

E-Modul sendiri merupakan pengembangan penyusunan modul konvensional memanfaatkan teknologi informasi. Melalui e-modul, diharapkan siswa semakin tertarik dan interaktif mengikuti proses pembelajaran.

Hal itu karena, melalui metode itu proses pembelajaran dipadukan dengan pemanfaatan multimedia baik berupa gambar, animasi, audio maupun video.

"Melalui pelatihan, kami ingin para guru semakin mampu menjawab tantangan kemajuan teknologi dan informasi di dunia pendidikan yang terus berkembang," katanya.

Pada pelatihan itu, Rita turut didampingi Doddy Teguh Yuwono MKom dan Siti Juhairiah MPd selaku anggota. Turut serta dalam kegiatan itu Bahrul Hilmi Annajih, Heru Andi Prabowo dan M Dendra Priatamadari selaku mahasiswa Prodi Ilmu Komputer, UMPR.

Kegiatan pengabdian masyarakat dari tim dosen Universitas Muhammadiyah Palangka Raya itu, diakhiri penyerahan sertifikat kepada para peserta dan kenang-kenangan untuk sekolah setempat. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya