Peran Penting TikTok: Kisah Sukses Seorang Guru SD dalam Membangun Bisnisnya

Bisnis atau jualan online.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Sebagai seorang guru SD yang memiliki semangat wirausaha, Putu Desie Pratiwi memulai perjalanan bisnisnya dengan usaha kecil. Berawal hanya dengan modal terbatas, toko awalnya hanya berukuran 3x3 meter persegi.

Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini

Pada tahun 2022, wanita yang kerap disapa sebagai Desie ini mendengar banyak kisah sukses tentang penggunaan TikTok sebagai platform untuk meningkatkan pendapatan tambahan. Dengan dorongan itu, Desie mulai mencoba peruntungan di dunia digital dengan berjualan melalui TikTok.

Dengan rajin membuat konten dan membagikan video tentang toko kecilnya, Desie mulai menarik perhatian banyak pengguna TikTok. Jumlah pengikutnya pun mulai bertambah, membuka peluang baru bagi bisnisnya.

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

"Tentu saja, saya sungguh terharu dan bersyukur dengan adanya TikTok. Sebagai mantan guru yang memiliki banyak tanggungan, saya sangat terbantu dengan penghasilan tambahan saya melalui Kesya Mart Grosir. Dulu, pendapatan saya hanya cukup untuk keluarga, tetapi sekarang saya juga bisa membantu sesama," terang Desie, guru SD yang kini miliki usaha juga.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Tidak hanya sekadar membuat konten mengenai produk pakaian dalam yang dijualnya, Desie juga aktif melakukan siaran langsung (LIVE) di platform tersebut.  Hal tersebut terlihat dari unggahan TikTok pribadinya @kesyamartgrosir.

Hal ini membuat interaksi antara Desie dan pengikutnya semakin erat, bahkan meningkatkan minat orang untuk mengunjungi toko miliknya yang terletak di Buleleng, Bali.

Berkat kerja keras dan dedikasi Desie, toko Kesya Mart Grosir miliknya kini mengalami perkembangan pesat. Dari ukuran awalnya yang hanya 3x3 meter persegi, kini toko tersebut telah berkembang menjadi 200 meter persegi. 

Prestasi Desie tidak berhenti sampai di situ saja. Sekarang, selain dapat membantu ekonomi sekitarnya dengan memperkerjakan belasan karyawan, Desie juga telah mengembangkan usaha ke sektor lain seperti kos-kosan dan usaha travel.

Saat ditanya mengenai kunci kesuksesan sebagai kreator affiliate, Desie mengungkapkan bahwa jualannya harus semangat, harus mengetahui produk yang dijual dengan baik, dan harus rajin LIVE.

Namun, perjalanan bisnis Desie tidak selalu mulus. Saat fitur belanja TikTok ditutup pada Oktober 2023 lalu, Desie merasakan guncangan yang besar karena harus merumahkan belasan karyawan. 

Kisah sukses Desie adalah satu dari banyak kisah inspiratif dari para kreator affiliate yang menggunakan TikTok sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis mereka, sambil berbagi pada sesama dan juga lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya