Workshop Literasi Digital, Membangun Minat dan Bakat Generasi Muda Papua Barat

Workshop Literasi Digital
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Workshop daring literasi digital yang telah dilaksanakan selama tiga tahun terakhir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah membawa kesuksesan dengan Papua Barat menduduki peringkat keempat setelah Yogyakarta, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur dengan indeks 3,62, berdasarkan data survei.literasidigital.id. Dampak ini menunjukkan bahwa program Makin Cakap Digital telah memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan adaptasi masyarakat Indonesia terhadap era digital.

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Masuk tahun keempat, webinar Makin Cakap Digital 2024 Kemenkominfo kembali menggelar pelatihan Literasi Digital khusus untuk Segmen Pendidikan Maluku-Papua. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi digital anak-anak dan remaja di wilayah timur Indonesia terhadap media digital, termasuk media sosial, yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Scroll lebih lanjut ya.

Episode 4 Makin Cakap Digital 2024 pada 19 Maret 2024 mengalokasikan target pada Segmen Pendidikan Maluku-Papua di Kabupaten Sorong dengan tema 'Pemanfaatan Internet Untuk Menyebarkan Konten Positif'. Workshop daring ini diselenggarakan sebagai respons terhadap fenomena penggunaan media sosial oleh masyarakat Indonesia, baik untuk mencari maupun menyebarkan informasi secara terbuka. Era digital membawa banyak potensi positif, termasuk dalam pengembangan minat dan bakat generasi muda serta peluang untuk mendapatkan penghasilan.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Webinar daring ini diselenggarakan secara gratis sebagai wujud dedikasi Kemenkominfo kepada masyarakat. Peserta, yang disebut sebagai Digifriends, hanya perlu mendaftar melalui link yang disediakan. Dirjen Aptika Samuel Abrijani Pangerapan menyampaikan bahwa workshop Makin Cakap Digital telah memberikan pelatihan pada empat pilar kompetensi literasi digital dan mendapat tanggapan positif dari masyarakat, menjadi kurikulum literasi media digital bagi warga Indonesia Timur khususnya di area Maluku dan Papua.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

"Keempat pilar tersebut menjadi kurikulum literasi media digital yang dapat dijadikan bekal bagi masyarakat khususnya warga Indonesia Timur area Maluku dan Papua yang sudah lama memasuki era digital," ujar Samuel dalam keterangannya.

Sambutan juga disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong, Dessy S Jitmau, S. Pd, yang mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Workshop Literasi Digital untuk Kabupaten Sorong dan menyampaikan harapan serta optimisme terhadap workshop daring tersebut.

Ilustrasi webinar, video call, zoom

Photo :
  • Pixabay/ msc_web

Webinar Makin Cakap Digital 2024 pada 19 Maret 2024 menghadirkan tiga narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu Descha Muchtar (Founder of Bitsy Community & Digital Marketing Specialist), Nur Rahma Yenita (Dosen Program Studi Teknik Elektro STTI), dan Iksan Colly (Professional Photographer). Workshop ini dikemas dengan baik oleh moderator Patria Prathama.

Descha Muchtar menjelaskan pentingnya menyebarkan konten positif di era digital dan perlunya pemahaman tentang kelebihan dan kekurangan media sosial serta penggunaannya sesuai dengan kepribadian masing-masing. Workshop ini diikuti oleh beberapa sekolah di Kabupaten Sorong, Papua Barat, seperti SD 2 Sorong, SMP 6 Sorong, SMP YPPK Don Bosco Sorong, dan SMA 3 Sorong.

"Di internet ada jutaan informasi yang diterima maupun disebarkan oleh pengguna internet itu sendiri, karenanya perlu bagi kita untuk memilah informasi yang baik dan membuang informasi yang tidak baik," kata Descha.

Workshop ditutup dengan pengumuman pemenang berupa uang elektronik bagi Digifriends penanya terbaik. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan workshop lainnya yang membahas tema yang bermanfaat bagi kehidupan dan keseharian Digifriends, diisi oleh para penggiat literasi digital yang berpengalaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya