Lucu dan Unik, Ini 7 Topi Paling Populer Sepanjang Sejarah

Topi paling populer sepanjang sejarah
Sumber :
  • thecollector

VIVA – Sejak awal peradaban, dan mungkin bahkan sebelumnya, topi telah mempunyai fungsi penting dalam masyarakat manusia. Didesain tidak hanya untuk alasan perlindungan namun juga untuk estetika, topi dikaitkan dengan mode populer, dikaitkan dengan sekelompok orang dan identitas nasional, serta kedudukan pemakainya di masyarakat.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Topi ini terbuat dari berbagai macam bahan, mulai dari kulit dan bulu hingga kapas, kain kempa, wol, dan bahkan plastik. Topi menjadi sentuhan akhir pakaian selama ribuan tahun. Gaya yang berbeda menjadi dominan di tempat dan waktu berbeda. Dikutip thecollector, berikut 7 topi terpopuler sepanjang sejarah.

1. Tudung Abad Pertengahan & Evolusinya menjadi Pendamping

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Menjalani kehidupan di ladang di Eropa adalah praktik umum di antara sebagian besar penduduk Eropa selama abad pertengahan. Tudung pelindung merupakan hal yang umum, dan gaya pada saat itu melibatkan tudung dengan jubah kecil yang diikat di bagian depan. 

Tudung itu sendiri sering kali memiliki ekor yang disebut liripipe dan dapat dibuat dari wol untuk memberikan kehangatan di musim dingin atau bahan yang lebih ringan untuk melindungi pemakainya dari sinar matahari selama bulan-bulan musim panas.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Namun, di dalam ruangan, tudung ini bersifat membatasi, terutama saat bersantai bersama teman sambil minum beberapa gelas bir. Mode yang populer adalah membalikkan tudung, menggulungnya, dan memakainya di kepala, dengan ekor tudung menggantung di samping. Dengan demikian, lahirlah penggunaan tudung sebagai topi, dan menjadi mode dominan di banyak wilayah Eropa abad pertengahan.

Dalam bahasa Inggris pada saat itu, ada perbedaan antara kedua gaya tersebut, dan pakaian tersebut secara umum dikenal sebagai pendamping jika dikenakan sebagai topi. Jika dipakai sebagai tudung, disebut saja tudung.
Gayanya menjadi lebih mencolok seiring berlalunya waktu, dan semakin banyak kain yang digunakan, serta desain yang lebih mewah untuk menunjukkan kemakmuran. Namun, pada tahun 1480-an, gaya ini mengalami kemunduran, dan meskipun pendamping terus dipakai, masa kejayaannya sebagai salah satu topi abad pertengahan paling populer telah berakhir.

2. Topi Bowler

Saat ini, topi bowler umumnya diasosiasikan dengan orang Inggris berjas yang membawa payung sambil berjalan ke tempat kerja. Namun, sebelum stereotip ini, topi bowler adalah hal yang lumrah di kepala kelas pekerja Inggris dan Amerika.

Topi bowler memasuki masyarakat Inggris pada tahun 1849 ketika pembuat topi Thomas dan William Bowler dikontrak untuk menyediakan topi untuk James Lock & Co. dari St James's. Perusahaan membutuhkan topi untuk pengawas hewan liar yang, saat menunggang kuda, mengalami kesulitan dengan topi atas dan dahan yang menggantung rendah. Dibutuhkan gaya topi yang lebih pendek, dan Thomas serta William Bowler memperkenalkan desain baru mereka kepada masyarakat Inggris.

Topi dengan cepat menjadi populer di berbagai kalangan masyarakat Inggris. Selama beberapa dekade pertama setelah diperkenalkan, mereka populer di kalangan kelas pekerja, namun pada akhir abad ke-19, mereka telah dikaitkan dengan orang-orang yang bekerja di distrik keuangan London.

Namun, topi itu tidak hanya terbatas di Kepulauan Inggris saja. Hal ini mendapat tempat di kepala orang Amerika. Bertentangan dengan anggapan umum, “topi koboi” bukanlah yang paling populer dan tersebar luas di Amerika Barat. Itu adalah topi bowler, yang di Amerika disebut “derby”, dan sangat populer di kalangan koboi dan pekerja kereta api karena pas di kepala dan tidak meledak dalam kondisi berangin.

Dari Amerika Selatan hingga Norwegia hingga Filipina, pemain bowling menjadi bagian dari masyarakat. Di Inggris, popularitas topi menurun pada tahun 1970an, namun topi ini masih menjadi bagian dari seragam polwan.

3. Fedora

Fedora muncul pada akhir abad ke-19 di Amerika Serikat, dan seperti Stetson, fedora banyak diasosiasikan dengan mode dan budaya Amerika.

Pada tahun 1882, penulis drama Victorien Sardou menampilkan dramanya Fédora, dinamai menurut karakter utama karya tersebut, Putri Fédora Romazoff. Pakaiannya termasuk topi bertepi lembut dengan lipatan tengah, dan permainan itu membuatnya modis. Topi menjadi populer di kalangan gerakan hak-hak perempuan.

Fedora menjadi populer di Inggris dan juga di Amerika, dan pada dekade berikutnya, gaya ini juga diadopsi ke dalam fesyen pria. Setelah Pangeran Edward (yang kemudian menjadi Raja Edward VIII) mulai memakainya, popularitas topi tersebut melonjak, dan topi tersebut bersaing dengan pemain bowling/derby untuk mendapatkan topi paling populer di kedua negara.

Namun di Amerika Serikat, fedora menjadi busana pokok pria, menggantikan derby. Topi ini juga memiliki pinggiran yang lebih lebar dibandingkan topi Inggris dan semakin dipopulerkan di bioskop, di mana selebriti paling terkenal di negara tersebut ditampilkan mengenakan fedora mereka.

Tren ini sangat lazim di film noir, dan akibatnya, fedora sering dikaitkan dengan detektif sepatu karet serta gangster dan senjata Tommy. Fedora akhirnya ketinggalan zaman pada akhir tahun 1960an, namun muncul kembali pada tahun 2000an sebagai bagian dari budaya hipster.

4. Ushanka

topi ushanka

Photo :
  • thecollector

Meskipun topi bulu dengan desain serupa telah digunakan oleh banyak budaya di iklim dingin di Belahan Bumi Utara, salah satu topi jenis ini menjadi terkenal dibandingkan topi lainnya, ushanka Rusia.

Namun, mempopulerkan topi ini merupakan fenomena yang cukup modern dan dimulai pada masa Soviet. Dari Revolusi Oktober hingga Perang Musim Dingin melawan Finlandia, topi standar tentara Rusia adalah topi runcing yang disebut budenovka. Meskipun topi ini terbukti tidak memadai untuk musim dingin yang keras di perbatasan Finlandia, orang Finlandia mengenakan topi serupa dengan ushanka yang disebut turkislakki, yang terbukti jauh lebih hangat.

Ushankas diadopsi oleh militer Soviet, serta di negara-negara Pakta Warsawa setelah perang. Popularitas topi bahkan menyebar ke negara-negara Barat dan digunakan dalam berbagai tingkatan oleh personel militer dan polisi di Kanada dan di beberapa negara bagian Amerika.

5. Baret

Meskipun digunakan di seluruh dunia, terutama di bidang militer, baret tidak dapat disangkal merupakan simbol budaya Prancis dan pernyataan mode yang melekat di kepala tentara di mana pun. Secara historis, baret berasal dari zaman kuno di Eropa Selatan dan Barat Daya. Itu dipakai di Kreta oleh orang Minoa dan di Italia oleh orang Etruria dan Romawi. 

Di era modern, baret mencapai popularitas tertentu di Perancis dan Spanyol, karena dikaitkan dengan kelas pekerja. Setelah tahun 1920-an, seni ini diadopsi oleh spektrum masyarakat yang lebih luas dan menjadi sangat populer di kalangan bangsawan serta seniman. Baret juga menjadi sangat populer di kalangan militer di seluruh dunia dan bahkan menjadi isu standar di negara-negara yang tidak memiliki hubungan budaya dengan baret.

Lebih lanjut dipopulerkan oleh citra ikonik Che Guevara, baret juga dipakai sebagai pernyataan fesyen terkait pemberontakan, dan hal ini ironis mengingat prevalensinya di sektor otoritas.

Turban adalah hiasan kepala yang didasarkan pada gagasan melilitkan kain di sekitar kepala. Berbagai gaya sorban dikenakan oleh berbagai budaya dari Afrika Utara hingga Balkan, Timur Tengah, dan Asia Selatan. Bukti paling awal tentang sorban berasal dari patung Mesopotamia bertanggal 2350 SM, dan kemungkinan besar sorban sudah dipakai jauh sebelum tanggal tersebut. 

Meskipun dikenakan oleh banyak budaya, model sorban tertentu telah banyak mewakili identitas agama. Yang paling menonjol adalah Islam dan Sikhisme, sedangkan Kristen Ortodoks Koptik di Afrika Timur juga terkenal memakai sorban. Dalam agama Hindu, budaya tertentu di India menghubungkan sorban dengan identitas agama. Di Afghanistan, sorban adalah bagian dari pakaian nasional, dan banyak gaya yang dikenakan di seluruh negeri.

Di Kreta, pakaian yang disebut sariki biasanya dikenakan sebagai bagian dari pakaian nasional. Merupakan syal rajutan dengan desain jaring dengan pinggiran yang terlihat seperti air mata. Bisa dikenakan di leher dan bahu sebagai syal atau di kepala sebagai sorban.
 
Daftar turban tertentu sangat panjang dan mencakup gaung baung yang dikenakan di Myanmar, pagri di Bangladesh, khăn vấn atau khăn đóng yang dikenakan oleh etnis Vietnam, ghutrah yang dikenakan di Semenanjung Arab, dan masih banyak lagi lainnya.

7. Topi Bisbol

topi bisbol

Photo :
  • Pixabay

Tidak dapat disangkal, topi terpopuler di dunia saat ini, topi baseball, sesuai dengan namanya, merupakan produk baseball Amerika.

Pada tahun 1860, cikal bakal topi baseball lahir dan dipakai oleh tim baseball Brooklyn Excelsiors. Selama beberapa dekade, desain tersebut akan berkembang menjadi topi bundar berpanel enam modern yang dipakai saat ini di hampir seluruh dunia.

Awalnya memakai logo tim bisbol, topi baseball mungkin menampilkan nama perusahaan, desain artistik, pesan, dan sejumlah ide sulaman lainnya di bagian depan.
Terlepas dari reputasinya sebagai pakaian kasual, topi baseball juga digunakan oleh militer dan polisi di seluruh dunia.

Dengan begitu banyak jenis topi untuk lingkungan berbeda dan begitu banyak budaya dengan preferensi budaya berbeda, ratusan topi dapat dianggap populer di seluruh dunia. Dan karena fashion adalah lingkungan yang selalu berubah, pasti akan ada desain topi baru yang popularitasnya akan meningkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya