Inilah 7 Pahala yang Akan Diterima Umat Muslim Ketika Bersedekah di Bulan Ramadhan

Seorang wanita sedang memberi sedekah kepada pemulung di Jakarta.
Sumber :

JAKARTA  – Sedekah adalah amalan yang paling mudah dilakukan oleh umat Islam. Ini berarti bahwa siapa saja, baik kaya maupun miskin, memiliki kemampuan untuk melakukannya. Sedekah tidak hanya tentang harta yang akan diberikan dalam jumlah yang sangat besar, tetapi juga tentang seberapapun dan seberapa semampu setiap orang berbagi.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Sedekah juga bukan tentang memberi harta benda atau materi, sedekah bisa berupa tenaga untuk membantu orang lain atau membuat mereka tersenyum saat mereka bertemu. Dalam Islam, sedekah memiliki banyak keutamaan dan memberikan banyak pahala bagi mereka yang mengamalkannya dengan tulus.

Ilustrasi bersedekah.

Photo :
Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Berikut adalah beberapa manfaat dan pahala yang akan diberikan oleh Allah SWT untuk melakukan amal kebaikan, dilansir dari Badan Amil Zakat Nasional pada Selasa, 19 Maret 2024 :

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Karena shodaqoh adalah ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam, bersedekah mampu membuat jarak antara hamba dan Allah semakin dekat. Dengan bersedekah, seseorang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan dan ketakwaannya.

2. Menghapuskan Dosa

Bagi seseorang yang bersedekah dengan tulus dan mengharapkan ridho Allah, shodaqoh memiliki kemampuan untuk menghapus dosa-dosa setelah mendekatkan jarak dengan Allah. Rasulullah SAW bersabda :

“Shodaqoh dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”

Karena akan ada janji Allah yang besar, orang-orang yang ikhlas dalam memberikan shodaqoh sungguh mulia.

3. Mendatangkan Keberkahan

Bersedekah memiliki kemampuan untuk membawa keberkahan ke dalam hidup seseorang, baik dalam hal rezeki, kesehatan, dan kebahagiaan. Meskipun sedekah dianggap memberikan sedikit apa yang kita miliki, sebenarnya itu menjadi ladang keberkahan untuk hidup kita semua.

4. Mensucikan Harta

Setiap harta yang kita miliki adalah milik Allah SWT. Sebagai umat Islam, kita harus menyedekahkan harta semampu kita. Dengan bersedekah, seseorang secara tidak langsung membersihkan harta bendanya dari sifat kikir, serakah, dan egois. Akibatnya, sedekah dapat membuat harta bendanya lebih berkah dan bersih.

5. Melindungi kita dari Bala atau Musibah

Sedekah mampu menjadi pelindung kita dari bala ataupun musibah. Rasulullah SAW bersabda “Shodaqoh itu dapat menolak bencana yang ditakdirkan.” (HR. Tirmidzi).

6. Meningkatkan Kebahagiaan 

Melalui Sedekah dapat membuat orang yang melakukannya bahagia dan orang yang menerimanya juga ikut bahagia. Si pemberi sedekah akan merasa lega dan bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, dan si penerima sedekah akan merasa bahagia karena bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka.

7. Mendapat Pahala yang Berlipat Ganda

Allah SWT berjanji akan memberikan pahala yang berlipat ganda kepada mereka yang bersedekah dengan tulus, ikhlas, dan hanya mengharapkan ridho Allah SWT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya