Mahasiswa UMM Buat Aplikasi AJARI Baca Alquran

Tim mahasiswa Prodi Informatika UMM yang merancanag AJARI: Belajar Iqra
Tim mahasiswa Prodi Informatika UMM yang merancanag AJARI: Belajar Iqra
Sumber :
  • antara

VIVA – Sejumlah mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Jawa Timur merancang aplikasi untuk mempermudah pembelajaran Alquran di Taman Pendidikan Quran (TPQ) yang diberi nama "AJARI": Belajar Iqra.

Ketua Tim AJARI, Mochamad Alghifary di Malang,  Sabtu, menjelaskan ide pembuatan aplikasi tersebut bermula dari kegundahannya akan pendidikan belakangan ini sebagai imbas dari pandemi.

"Pandemi COVID-19 yang belum mereda dan pendidikan yang masih dibatasi, menghambat pembelajaran di TPQ. Bahkan, proses pembelajaran secara daring tidak memberikan efek masif layaknya pembelajaran luring," kata Mochamad dalam keterangan persnya, Sabtu (4/12).

Melihat kondisi itu, Tim AJARI yang digawangi Ghifary memutuskan untuk merancang aplikasi yang diharapkan bisa membantu proses pembelajaran di TPQ guna mempermudah santri dalam mengaji Alquran.

Ghifary memaparkan bahwa aplikasi ini memiliki konsep e-learning dan multimodal earning. Multimodal learning adalah suatu konsep pembelajaran yang memiliki acuan pada empat aspek utama.

Keempat aspek tersebut adalah visual, audio, reading dan wiriting, serta kinesthetic. “Kinesthetic adalah sistem yang memungkinkan aplikasi untuk memiliki kemampuan memproses informasi melalui gerakan,” jelasnya.

Secara teknis, lanjutnya, penggunaan aplikasi ini digunakan oleh dua pengguna. Pertama, peserta didik atau santri. Sedangkan pihak kedua adalah guru atau ustad. Para santri nantinya mendapatkan pembelajaran iqra, baik secara video call maupun materi yang disediakan.