Contoh Cover Makalah yang Benar agar Tidak Kena Revisi Lagi

Ilustrasi bekerja di rumah, ilustrasi makalah
Ilustrasi bekerja di rumah, ilustrasi makalah
Sumber :
  • www.pixabay.com/jeonghwaryu0

VIVA – Contoh cover makalah tentu menjadi hal penting yang sangat berguna untuk menjadi panduan membuat sebuah makalah. Pembuatan makalah biasanya sering dilakukan oleh pelajar ketika mendapatkan tugas karya ilmiah, para mahasiswa yang sedang sibuk membuat skripsi serta guru atau dosen untuk keperluan bahan materi mengajarnya.

Bicara soal contoh cover makalah bisa dengan mudah Anda dapatkan dari beberapa infromasi melalui internet. Tentu nantinya Anda akan temukan banyak contoh cover makalah untuk beberapa hal dan pastinya sesuai kebutuhan, mulai dari makalah pendidikan, makalah penelitian maupun makalah-makalah lainnya yang tidak kalah pentingnya.

Makalah sendiri merupakan sebuah hasil  karya ilmiah yang biasanya sering dibuat oleh mahasiswa semester akhir. Di mana dalam proses pembuatan suatu makalah tersebut, terdapat beberapa hal yang  menjadi perhatian utama para pembaca, dosen/guru saat menilai atau mengecek hasil karya milik pelajar atau mahasiswanya.  

Salah satunya adalah cover makalah, yang posisinya berada di bagian depan sebuah makalah. Cover makalah merupakan bagian yang paling rawan dan sering jadi perhatian khusus bagi para pemilik makalah, dosen/guru yang menilai sebuah tugas dan karya ilmiah.

Di mana posisi cover makalah tersebut berada di bagian paling depan karya tulis yang menyajikan informasi singkat seputar nama penulis dan topik yang dibahas dalam makalah tersebut. 

Dalam pembuatan sebuah karya tulis, adanya cover makalah tentu sangat penting keberadaannya. Hal tersebut karena, cover makalah menjadi tampilan pertama yang akan dilihat sebelum pembaca beralih ke isi dan pembahasan lengkap lainnya.

Cover makalah juga menjadi sebuah pemberi informasi singkat terkait konsep karya tulis yang dibuat oleh seseorang tanpa harus penasaran dan ingin tahu yang mendalam tentang isi dan segala hal di dalamnya.

Di mana cover makalah menyajikan beberapa informasi utama yang berkaitan dengan penulisan, nama penulis, judul dan tema penulisan yang akan dibahas, identitas dan lainnya. Selain beberapa hal di atas, biasanya ada tambahan logo lembaga, keterangan berupa tahun hingga latar belakang penulisan.

Kendati hanya berisikan informasi singkat dari penulis dan tema yang diangkat dalam makalah tersebut, tidak sedikit orang sering melakukan kesalahan dalam membuat cover makalah. Oleh karena itu, tidak sedikit orang mencari contoh cover makalah yang baik dan benar agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dalam proses pembuatan karya tulis yang sempurna.

Maka dari itu,  sebelum penulis membuat cover sebuah makalah, ada baiknya mereka matangkan lebih dulu terkait tema dan keseluruhan topik yang ingin dibahas pada sebuah karya tulisan itu.

Hal tersebut bertujuan agar memudahkan penulis dalam proses pembuatan cover makalah. Hingga nantinya penentuan judul akan sesuai dengan isi pembahasan yang sudah benar-benar dimatangkan lebih dulu.

Biasanya, pembuatan cover makalah dilakukan pada tahap terakhir pengerjaan proses karya tulis. Hal tersebut dilakukan agar tidak terlalu sering melakukan perbaikan alias revisi  yang sering terjadi dan ditemukan pada bagian depan karya tulis tersebut.

Di mana, pada kasus yang sering terjadi antara bagian depan cover makalah tidak sesuai dengan isi serta pembahasan di bagian dalam makalah. Untuk pembuatan cover makalah cukup dibuat dalam satu halaman saja, yaitu dengan memuat seluruh komponen yang ada pada dalam karya tulis tersebut. 

Hindari pembuatan cover makalah lebih dari satu halaman, karena hanya akan mengulangi penulis dalam kesalahan yang sama seperti sebelum-sebelumnya. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum membuat karya tulis beserta covernya simak lebih dulu beberapa informasi lengkap dalam proses pembuatan cover makalah yang baik dan benar berikut ini.

Ciri-ciri Cover Makalah yang Baik

Sebelum membuat cover makalah dengan hasil memuaskan, ada baiknya melihat contoh cover makalah yang sebelumnya pernah dibuat oleh beberapa penulis.  Penting untuk kita melihat lebih dulu contoh cover makalah yang dibuat oleh orang lain dengan tujuan bisa menjadikan acuan dan panduan dalam proses pembuatan makalah.

Nah sebelum membuat cover makalah, lebih dulu simak ciri-ciri cover makalah yang baik dan benar berikut ini. Ciri-ciri cover makalah yang baik tentu menyajikan seputar informasi dasar tentang isi karya tulis tanpa harus beralih ke dalam pembahasan yang panjang dan mendalam.

Berikut ini beberapa ciri-ciri cover makalah yang bisa jadi panduan Anda;

1. Berisikan informasi singkat, lengkap dan penting dalam sebuah karya tulis, berupa nama penulis, identitas lembaga, dan tahun pembuatan. 

2. Layout yang digunakan biasanya dengan ukuran 4x3x3x3 cm.

3. Biasanya untuk makalah yang sifatnya untuk keperluan akademi dan tugas kuliah lebih memiliki orientasi potrait.

4. Dan terakhir, jangan lupa keterangan tahun penulisan yang terdapat di bagian paling bawah cover makalah. 

Di mana dengan adanya keterangan di atas bisa membantu pembaca memahami terkait identitas penulis, topik yang dibahas dan tahun pembuatannya tanpa perlu mengulik lebih dalam ke isi makalahnya.

Format Bagian Cover Makalah

Ini dia tahapan yang sering membuat penulis melakukan banyak revisi dan perbaikan berulang kali. Kurangnya pemahaman dalam membuat format cover makalah.  Adapun berikut ini kami bagikan sedikit informasi terkait format cover makalah yang bisa Anda jadikan contoh pembuatan makalah, beberapa di antaranya sebagai berikut ini;

1. Judul Makalah

Dalam pembuatan cover makalah, pembuatan judul diletakkan di bagian depan cover makalah. Biasanya, judul makalah di tuliskan di bagian tengah dan diberi bold atau dicetak tebal. 

Untuk font penulisan huruf dalam judul biasanya menggunakan, Arial ataupun Times New Roman. Gunakan font standar yang sering digunakan dalam berbagai penulisan.  Dan untuk judul semua huruf semuanya dibuat kapital.

2. Tujuan Makalah

Dalam pembuatan tujuan makalah tulislah sesingkat dan sejelas-jelasnya, agar pembaca lebih mudah memahami informasi dari karya tulis yang Anda buat. Biasanya tujuan makalah ini berisikan sebuah latar belakang, kenapa makalah tersebut penting untuk dijadikan karya tulis. 

Contoh Tujuan Makalah: “Makalah ini disusun untuk Memenuhi Syarat Ujian Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia." Untuk penulisannya sendiri, biasanya menggunakan ukuran huruf lebih kecil daripada judul. Sebut saja misalnya, pada judul fontnya sebesar 14pt nah untuk tujuan makalah sendiri hanya menggunakan ukuran font sebesar 12pt saja.

3. Logo Makalah

Dalam pembuatan sebuah makalah, hadirnya logo tentu sangat penting. Logo juga menjadi salah satu format dalam pembuatan sebuah cover makalah. Posisinya sendiri berada di bagian tengah cover makalah dengan ukuran biasa sebesar 5x5 cm dan mengunakan kertas berukuran A4.

Dalam meletakkan logo pada makalah, Anda perlu lebih hati-hati dalam mengatur penempatan logo agar tidak terlalu besar dan kecil. Biasanya logo makalah berupa logo lembaga atau instansi yang berhubungan dengan identitas penulis.

Sebut saja misalnya, kamu sedang membuat makalah untuk keperluan kuliah, maka logonya menggunakan logo gambar tempat penulis kuliah.

4. Penulis Makalah

Format pembuatan cover makalah berikutnya yaitu keterangan atau identitas terkait penulis makalah.  Identitas tersebut biasanya berupa nama atau nomor pokok dari identitas pemilik/penulis . Jika untuk sebuah kelompok, maka tulislah semua nama dan nomor identitasya masing-masing. Untuk data penulis kelompok seluruhnya ditulis dengan urutan abjad. 

4. Identitas Lembaga

Selain nama pembuatan makalah, penulis juga perlu menuliskan nama universitas/sekolah, fakultas, jurusan sebagai lembaga yang dijadikan tempat menempuh pendidikan.  Pada bagian ini jangan lupa untuk ditulis di bagian bawah cover makalah. Pada nama lembaga dibuat secara center (tengah) dan presisi.

5. Tahun Penulisan Makalah

Setelah itu diakhiri dengan kapan tahun pembuatan makalah. Pada bagian ini dibuat secara center (tengah) dan presisi.

Contoh Cover Makalah

Cover Makalah SMA/SMP/SD

Makalah anak SMA

Makalah anak SMA

Photo :

Cover Makalah Skripsi

Contoh cover makalah

Contoh cover makalah

Photo :

Cover Makalah Tugas Kelompok

Makalah tugas kuliah kelompok

Makalah tugas kuliah kelompok

Photo :