Pengertian, Komponen, dan Contoh Latar Belakang Makalah

Contoh proposal
Sumber :

VIVA Edukasi – Sebelum kita menulis sebuah karya ilmiah entah itu skripsi, tesis, disertasi sampai proposal pasti tidak luput dengan yang namanya latar belakang makalah.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Latar belakang masalah menjadi pijakan dasar mengapa kita harus melakukan penelitian tersebut, dan isinya adalah pokok-pokok permasalahan yang akan kita angkat dalam penelitian. Dari latar belakang tersebut kemudian kita rumuskan dan kita mengumpulkan teori-teori yang sudah ada hingga ketemu hipotesis yang akan dibuktikan dengan hasil penelitian.

Ilustrasi penelitian.

Photo :
  • What Works Centre for Crime Reduction - College of Policing
Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

Intinya, kita harus menyusun latar belakang terlebih dahulu sebelum bisa sampai ke tahap penelitian. Nah, agar semakin paham berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang pengertian latar belakang kalah, isi, komponen, tips, cara membuat dan contohnya yang Viva dapat ulas untuk kamu.

Pengertian Latar Belakang Makalah

Lihat Bagian Tubuh Ini Pada Pria, Ternyata Bisa Prediksi Ukuran Penisnya

Ilustrasi Mengetik

Photo :
  • U-Report

Latar belakang makalah adalah bagian yang menjelaskan topik penelitian yang ingin kamu bahas dan mengapa kamu memilih topik itu.

Contohnya, dalam membuat makalah kamu harus menjelaskan mengapa kamu harus membuat karya ilmiah itu. Kalau dalam proposal acara, mengapa kamu harus mengadakan acara itu.

Dengan begitu, para pembaca akan memahami dengan maksud dan tujuan Anda menulis karya ilmiah. Selain itu tulis latar belakang dengan sebaik mungkin sehingga meningkatkan minat pembaca karya ilmiah mu.

Biasanya, latar belakang juga membahas penelitian sebelumnya yang topiknya serupa. Dari situ kamu bisa juga menulis apa saja yang belum dibahas dalam penelitian sebelumnya, dan apa saja perbedaan yang ada antara penelitian sebelumnya dan penelitian kamu.

Dalam karya ilmiah, tidak ada patokan seberapa panjang latar belakang penelitian mu, hal ini bergantung pada seberapa panjang masalah yang akan dijelaskan.

Isi Latar Belakang Makalah

Ilustrasi aplikasi untuk belajar mengetik.

Photo :
  • U-Report

Data atau fakta yang ada, Hal ini akan menjadi acuan dalam penulisan latar belakang. Dengan data atau fakta yang kamu peroleh, kamu harus menjabarkan masalah apa yang akan kamu bahas. Tentu saja data ini nantinya akan dibandingkan dengan teori-teori yang ada atau standar keilmuan. Jika berbeda disitulah letak permasalahannya.

  • Analisis

  • Berisi analisis terhadap permasalahan yang ada sampai jelas.
  • Alasan Mengapa harus diteliti?
  • Dari analisis tersebut seharusnya dapat menghasilkan kesimpulan awal mengapa proyek tersebut dapat dilakukan dan harus diteliti lagi?

Latar belakang makalah berisi tentang sejarah / alur / peristiwa yang sedang terjadi pada proyek penelitian. Namun dalam proyek penelitian benar-benar ada masalah atau penyimpangan tersebut-penyimpangan yang bisa dilihat dari standar keilmuan atau peraturan yang ada.

Karena adanya penyimpangan atau ketidakberesan tersebutlah kemudian sebuah proyek penelitian dapat dilakukan untuk penelitian. Di latar belakang makalah juga terdapat analisis sehingga suatu masalah menjadi lebih jelas dan dapat diterima dengan baik oleh pembaca.

Melalui analisis ini juga, peneliti harus mampu menjelaskan tentang penyimpangan atau ketidaksesuaian yang terjadi dan mengapa harus diteliti lebih jauh lagi.

Komponen Latar Belakang Makalah

Kertas Buku

Photo :
  • boredpanda

Dalam tulisan latar belakang, ada beberapa komponen yang harus dipenuhi oleh penulis. Dari komponen ini diharapkan akan meningkatkan minat pembaca penelitian kamu. dari latar belakang lah akan ditentukan apakah kamu mampu dalam menyajikan atau menyampaikan sebuah logika logika.

Selain itu di sini bisa terlihat apakah kamu mampu dalam menyampaikan pikiran kamu melalui sebuah tulisan. Berikut adalah beberapa komponen dari latar belakang yaitu:

  • Menuliskan bidang atau permasalahan yang diminati dengan jelas
  • Menentukan konteks dengan memberikan tulisan singkat dari bahan-bahan literatur terdahulu yang penulis pilih. Namun harus dipastikan untuk memilih literatur yang sesuai dengan permasalahan yang akan kamu bahas.
  • Proposal dari masalah yang kamu bahas di latar belakang.
  • Alasan dalam memilih permasalahan atau topik penelitian.

Dalam menulis sebuah kesimpulan, harus dibangun berdasarkan argumen kuat yang pada umumnya sudah terlebih dahulu didasarkan pada latar belakang masalah. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat latar belakang mungkin, agar tidak memberikan hipotesis yang ingin dicari tiba-tiba muncul tanpa adanya argumen yang kuat.

Cara membuat Latar Belakang Masalah

Orang sedang berfikir

Photo :

Untuk menulis latar belakang yang efektif, kamu harus menghindari beberapa kesalahan umum. Simak beberapa kesalahan umum dalam menulis latar belakang di bawah ini:

1. Menuliskan latar belakang harus sistematis, jangan menulisnya secara acak

Jika kamu membahas tema tidak secara kronologis, nantinya akan membuat para pembaca kebingungan. Tulislah latar belakangmu dengan teratur dan rapi.

Pada penulisan penelitian, terdapat perbedaan-perbedaan cara penulisan latar belakang antara kuantitatif dan kualitatif, dimana logika yang digunakan pada penelitian penggunaan logika deduktif dapat digunakan untuk penelitian kuantitatif. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan dan menulis latar belakang secara sistematis.

2. Jangan menulis secara ambigu

Hal ini bisa terjadi jika kamu hanya menjelaskan topikmu secara setengah-setengah. Bagaimana untuk menghindari hal ini? Coba saja posisikan bahwa dirimu adalah seorang pembaca yang belum mengerti sama sekali tentang topikmu. Dengan begitu, kamu akan bisa menulis latar belakangmu secara jelas.

3. Pusatkan tema yang kamu bahas

Jangan membahas topik yang tidak relevan dengan penelitian. Fokuskan pada aspek-aspek penting dalam penelitian, tuliskan perbedaan atau perbedaan yang ada dengan literatur sebelumnya, tuliskan hal-hal baru yang akan kamu bahas dalam penelitian dan jelaskan mengapa penelitian kamu sangat penting dilakukan. Dengan begitu, pembaca akan tertarik dengan karya ilmiahmu.

Selain ketiga hal di atas, kesalahan yang paling sering dilakukan adalah latar belakang terlalu panjang atau terlalu pendek. Cobalah untuk menuliskan poin-poin penting dalam penelitian mu, namun tuliskan secara ringkas, tidak perlu bertele-tele.

Contoh Latar Belakang Makalah

Latar Belakang Makalah

Saat ini teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat,

banyak digunakan untuk memberikan informasi secara cepat. Perkembangan

teknologi informasi banyak yang mendorong penyedia layanan teknologi

telekomunikasi berupa perangkat bergerak (mobile phone) yang langsung dapat

terhubung dengan internet. Perangkat handphone sudah banyak digunakan

oleh masyarakat luas karena kegunaannya yang praktis dan efisien. Dengan

adanya layanan internet orang dapat mendapatkan informasi yang dibutuhkan

kapan saja dan dimana saja.

Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang informasi seputar

pernikahan berdasarkan negara, agama serta pengetahuan budaya/adat

pernikahan yang ada di indonesia menyebabkan proses pengiriman dan

pengetahuan informasi menjadi kendala. Untuk mendapatkan informasi

pernikahan yang dibutuhkan biasanya masyarakat secara langsung datang ke

Kantor Urusan Agama terdekat. Ini akan waktu yang ada dan juga

terbatasnya penyebaran informasi. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka

dibutuhkan sebuah media informasi yang memiliki jangkauan yang luas.

Dengan penggunaan teknologi akan memudahkan masyarakat dalam

mengetahui infromasi seputar website berbasis pernikahan.

Oleh karena itu, penulis mencoba untuk membuat Aplikasi Sistem

Informasi Seputar Pernikahan berbasis Website diharapkan dapat memberikan

2 informasi kepada masyarakat luas. Program aplikasi yang digunakan untuk

membuat aplikasi ini adalah Adobe Dreamweaver CC dengan bahasa

pemrograman PHP dan MySQL sebagai media penyimpan data

 

Ilustrasi bertemu calon mertua.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Pertanyaan muncul mengenai kapan tepatnya "usia tua" mulai terasa. Beberapa merasa sudah "tua" saat mencapai 40-an, sementara yang lainnya merasakannya setelah umur ini.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024