8 Jurusan Kuliah Paling Langka dan Hanya Ada Satu di Indonesia

Universitas Indonesia
Sumber :
  • ui.ac.id

VIVA – Ketika memilih jurusan kuliah, sebaiknya para calon mahasiswa lebih berhati-hati dalam memilihnya. Kamu juga sebagai calon akademisi harus melakukan riset terlebih dahulu dan juga melihat bagaimana prospek kerja untuk kedepannya. Sebelum memutuskan untuk memilih, kamu juga perlu mengetahui banyak jurusan kuliah untuk memastikan bahwa pilihan kamu sudah sesuai dengan yang diminati. 

Pj Gubernur Kaltim Dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan Unissula Semarang

Apalagi saat ini beberapa instansi pendidikan setara universitas kerap membuka jurusan-jurusan baru yang sangat unik. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia sendiri, mempunyai beberapa jurusan kuliah yang bisa dikatakan langka yang tidak begitu mempunyai banyak peminat tapi mempunyai prospek karier yang baik. Lalu, apa saja jurusan langka tersebut? Simak ulasan berikut ini mengenai jurusan kuliah langka yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Ilmu Keluarga dan Konsumen, Institut Pertanian Bogor 

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Photo :
  • Istimewa

Terdengar unik bukan? Jurusan kuliah yang hanya ada satu di Indonesia ini masuk ke dalam naungan Fakultas Ekologi Manusia, IPB. Jurusan yang sering dipanggil sebagai IKK ini adalah bidang studi lanjutan dari Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga. Mahasiswa yang belajar di jurusan ini akan dibekali kompetensi layaknya seorang psikologi. 

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Mulai dari upaya ketahanan keluarga, perlindungan anak, sampai pemberdayaan keluarga dan konsumen. Sehingga lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai terapis pernikahan, mediator keluarga, spesialis riset pemasaran konsumen, bahkan konsultan konsumen di beberapa perusahaan seperti BKKBN dan Kementerian PPPA. 

2. Astronomi, Institut Teknologi Bandung

Kampus ITB

Photo :
  • Instagram @institutteknologibandung

Kabar baiknya untuk kamu yang menyukai ilmu antariksa dan segala hal tentang luar angkasa bisa masuk ke ITB dengan jurusan Astronomi. Jurusan yang dikelola oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ini juga mempunyai program sarjana, magister, sampai doktoral yang semuanya sudah terakreditasi A dari BAN-PT dan akreditasi internasional ASIIN.

Karena keunikan tersebut, jurusan ini hanya ada satu-satunya di Asia Tenggara. Jurusan ini mempunyai peminat yang cukup tinggi, seperti di SBMPTN 2020 dengan 1.237 orang dan persaingan ketat karena Astronomi hanya menerima 142 kursi. Prospek kerja jurusan ini adalah bidang penelitian, pengajar, sampai media kreatif seperti penulis atau editor sains. 

3. Manajemen Industri Katering, Universitas Pendidikan Indonesia

Untuk kamu yang memiliki cita-cita menjadi pengusaha di bidang F&B khususnya katering, kamu dapat mencoba menjajal ilmunya di Jurusan Manajemen Industri Katering yang ada di Universitas Pendidikan Indonesia. Kampus yang berada di Bandung ini mempunyai sejumlah kompetensi yang lebih fokus pada manajemen, mulai dari perencanaan, pengelolaan, sampai pemasaran dan manajemen operasional katering. 

4. Teknik Nuklir, Universitas Gadjah Mada

Mobil listrik GATe karya UGM.

Photo :
  • Dok: Humas UGM

Jurusan kuliah berikutnya datang dari UGM, tepatnya di Jurusan Teknik Nuklir. Jurusan kuliah yang hanya ada satu-satunya di Indonesia termasuk ke dalam Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika di Fakultas Teknik UGM. Jurusan yang satu ini hanya menyediakan untuk jenjang studi sarjana atau S1. 

Menjadi negara yang tidak memakai nuklir sebagai sumber energi, Indonesia tidak banyak memerlukan tenaga lulusan Teknik Nuklir untuk kepentingan negara. Akan tetapi, prospek kerja jurusan ini banyak tersedia di luar negeri yang sangat menjanjikan, salah satunya adalah ahli nuklir, ahli teknologi dan pengelolaan bahan bakar. 

5. Sastra Belanda, Universitas Indonesia

Universitas Indonesia

Photo :
  • ui.ac.id

Jurusan kuliah berikutnya datang dari universitas bergengsi di Indonesia yang berlokasi di Depok, Jawa Barat. Sastra Belanda sendiri adalah salah satu program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Kompetensi utama yang diajarkan dalam jurusan ini adalah bisa berkomunikasi secara lisan maupun tulisan dalam bahasa Belanda. 

Selain itu, para mahasiswa juga akan diajarkan untuk menganalisis karya sastra, sejarah masyarakat, dan budaya Belanda. Jurusan ini mempunyai prospek kerja sebagai pengkaji bahasa, sastra, dan budaya Belanda, salah satunya adalah penerjemah, pemandu wisata, penulis, dan lain sebagainya. 

6. Rekayasa Nanoteknologi, Universitas Airlangga

Kampus Unair

Photo :
  • Iwan Heriyanto | Surabaya Post

Salah satu universitas yang ada di Jawa Timur ini juga mempunyai jurusan kuliah yang hanya satu di Indonesia. Tepatnya ada di Universitas Airlangga dengan jurusan Rekayasa Nanoteknologi yang termasuk ke dalam program studi Sekolah Teknologi Maju dan Multidisiplin. Jurusan ini lebih fokus pada kompetensi pengembangan ilmu nanoteknologi untuk kebutuhan medis, energi, dan lingkungan, industri, serta komputas. 

7. Sains Atmosfer dan Keplanetan, Institut Teknologi Sumatera

 Institut Teknologi Sumatera (Itera)

Photo :
  • antara

Jurusan kuliah yang terakhir ini adalah studi Sains Atmosfer dan Keplanetan. Jurusan ini menjadi satu-satunya jurusan langka yang berasal dari luar Pulau Jawa yang mana lebih fokus dalam mengkaji ilmu sains atmosfer dan astrofisika sekaligus seperti analisis perubahan cuaca dan iklim di Bumi. 

Jurusan unik ini telah menarik minat banyak mahasiswa sejak tahun 2018. Bila kamu tertarik dengan dunia antariksa dan eksplorasi ruang angkasa, jurusan ini cocok untuk kamu. Namun, kamu harus mau mempelajari dan menguasai mata pelajaran murni seperti matematika, fisika, dan kimia. 

8. Teknik Transportasi Laut, Institut Teknologi Sepuluh November

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Photo :
  • its.ac.id

Bukan hanya transportasi darat atau udara yang mempunyai jurusan kuliah, tapi ternyata jurusan transportasi laut juga mempunyai jurusannya sendiri. Ilmu ini bisa kamu pelajari di jurusan Teknik Transportasi Laut di Institut Teknologi Sepuluh November. Di jurusan ini kamu akan lebih fokus dalam mempelajari pelayaran, pelabuhan, dan logistik di dunia maritim. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya