13 Contoh Kata Penghubung, Kenali Juga Jenisnya

Ilustrasi menulis surat resmi.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Kata penghubung atau yang bisa disebut sebagai kata konjungsi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai kata yang memiliki kaitan atau ekspresi antara kata, antara kalimat, antara klausa dan antara frasa. Lebih jelasnya, kata penghubung ini berfungsi sebagai kata yang dapat menyatukan antara subjek dan predikat, predikat dan objek, hingga keterangan.

UAS: Mohon KBBI Direvisi, Ada Makna Lain dari Kata Piting yaitu Merangkul

Dalam penggunanya kata penghubung tidak memiliki makna dan tujuan tertentu. Karena konjungsi memang hanya berperan sebagai kata penghubung atau kata sambung saja yang memperjelas maksud dari susunan kalimat. Seorang penulis dapat dengan mudah menyampaikan maksud dari kalimat yang dituliskan kepada pembaca dan pembaca pun juga dapat dengan mudah memahami maksud yang ingin disampaikan oleh penulis.

Memahami kata penghubung sangat penting, maka kali ini Viva akan membantu mu mengenali jenis dan contoh dari kata penghubung yang dirangkum dari berbagai sumber. Yuk simak ulasan tentang kata penghubung dan contohnya!

Arti Kata 'Cawe-cawe' yang Diucapkan Jokowi Jelang Pilpres 2024

1. Contoh Kata Penghubung Aditif

Kata penghubung aditif dikenal juga sebagai kata penghubung gabungan. Maksudnya kata hubung ini digunakan untuk menghubungkan suatu kalimat, klausa atau pun paragraf yang memiliki kedudukan sama, setara atau pun serupa. Adapun kata penghubung aditif terdiri kata dan, serta, lagi pula. Sedangkan contoh kata penghubung aditif dalam kalimat sebagai berikut:

Penjelasan dan Arti Kata ‘Maneh’ yang Diucapkan Sabil hingga Dipecat
  • Nenek dan Kakek berkunjung ke rumahku.
  • Ibu sudah mengemasi dagangan nya, lagi pula sebentar lagi waktunya berjualan

2. Contoh Kata Penghubung Pilihan

Kata Penghubung pilihan merupakan kata yang digunakan untuk menghubungkan kalimat, paragraf atau pun klausa dengan tujuan memberikan pilihan. Kata penghubung pilihan biasanya mengandung pesan yang membuat seseorang memilih dua opsi atau lebih yang sajikan oleh penulis. Adapun contoh kata penghubung meliputi atau, atau pun, maupun. Sedangkan contohnya  dalam kalimat sebagai berikut:

  • Makan nasi atau makan mie sama-sama mengenyangkan.
  • Mau besok atau pun lusa, aku tetap akan datang.

3. Contoh Kata Penghubung Waktu

Kata penghubung waktu berfungsi menghubungkan kalimat, klausa atau paragraf yang menunjukkan waktu. Penggunaan kata penghubung ini dipakai biasanya dalam menekankan waktu termasuk dalam kata hubung bertingkat. Adapun contoh kata penghubung waktu ini meliputi, sebelumnya, selanjutnya, bilamana, sejak, tatkala, sesudah. Sedangkan contohnya dalam kalimat sebagai berikut :

  • Doni pergi ke gunung sebelum ke pantai.
  • Cuaca cerah sejak tadi pagi

4. Contoh Kata Penghubung Pertentangan

Kata penghubung pertentangan digunakan dalam menunjukkan pertentangan baik sederajat ataupun tidak. Adapun contoh kata penghubung waktu ini meliputi, tetapi, melainkan, sedangkan. Sedangkan contohnya dalam kalimat sebagai berikut:

  • Kambing itu punya kaki tetapi tidak bisa berdiri.
  • Waktu Indonesia Tengah tidak meliputi pulau Jawa, melainkan pulau Kalimantan dan pulau Sumba.

5. Contoh Kata Penghubung Tujuan

Kata penghubung Tujuan menjelaskan maksud, tujuan dari suatu kejadian atau tindakan tertentu. Adapun kata penghubung tujuan meliputi, guna, untuk, agar dan supaya. Sedangkan contohnya dalam kalimat sebagai berikut:

  • Buah apel di cuci guna membersihkan nya dari bakteri.
  • Guru fisika memotong rambutnya guna murid tersebut menaati aturan.

6. Contoh Kata Penghubung Syarat

Kata penghubung syarat atau kondisional merupakan jenis kata hubung yang menjelaskan bahwa kejadian tertentu dapat terjadi apabila syarat-syaratnya terpenuhi. Adapun contoh kata penghubung Syarat ini meliputi apabila, kalau, jika, jikalau. Sedangkan contohnya dalam kalimat sebagai berikut:

  • Semua pasti berhasil kalau kamu giat mengejarnya.
  • Susu akan bisa jika didiamkan.

7. Contoh Kata Penghubung Sebab

Kata penghubung sebab digunakan dalam menjelaskan sesuatu kejadian yang terjadi akibat suatu sebab tertentu atau khusus. Adapun contoh kata penghubung meliputi sebab, karena. Sedangkan contohnya dalam kalimat sebagai berikut:

  • Joni kurus karena rutin berolahraga.
  • Diandra takut menaiki gunung sebab dia belum pernah mencobanya.

8. Contoh Kata Penghubung Akibat

Kata penghubung akibat dapat menjelaskan suatu kejadian atau peristiwa yang menunjukkan akibat tertentu. Adapun contoh kata penghubung meliputi sehingga, akibatnya, sampai. Sedangkan contoh dalam kalimat sebagai berikut:

  • Dia berlari di lapangan seharian, akibatnya dia kelelahan
  • Tisna liburan sampai ke Bali.

9. Contoh Kata Penghubung Perbandingan

Kata penghubung perbandingan menjelaskan sesuatu untuk membandingkan yang biasanya digunakan dalam kalimat, klausa dan paragraf. Adapun contoh kata penghubung perbandingan meliputi, seperti, sebagai, bagai, dan bagaikan. Adapun contoh kata penghubung dalam kalimat sebagai berikut :

  • Tempat itu indah sekali bagaikan surga.
  • Mobil angkot itu lambat sekali seperti siput.

10. Contoh Kata Penghubung Tak Bersyarat

Kata penghubung tak bersyarat berfungsi menyatakan sesuatu hal bisa terjadi tanpa perlu ada syarat yang harus di penuhi nya. Adapun contoh kata penghubung perbandingan meliputi, meskipun, biarpun dan walaupun. Sedangkan contoh dalam kalimat sebagai berikut:

  • Guru itu tetap mengajar meskipun sedang sakit.
  • Ibu tetap mandi biarpun badannya kedinginan.

11. Contoh Kata Penghubung Pembatas

Kata penghubung Pembatas berfungsi untuk menjelaskan sesuatu berdasarkan batasan tertentu. Adapun contoh kata penghubung pembatas meliputi, kecuali, selain. Sedangkan contoh dalam kalimat sebagai berikut:

  • Doni pergi ke sekolah kecuali Sabtu dan minggu.
  • Nenek bisa makan berbagai jenis daging selain ikan.

12. Contoh Kata Penghubung Pembenaran

Kata penghubung pembenaran digunakan untuk menjelaskan suatu hal dengan cara membenarkan atau menolak dengan cara lain. Adapun contoh kata penghubung pembenaran meliputi, biar, biarpun. Sedangkan contoh dalam kalimat sebagai berikut:

  • Biarpun aku lelah, aku tetap bahagia

13. Contoh Kata Penghubung Penegas

Kata penghubung penegas berfungsi menegaskan kalimat atau paragraf. Adapun contoh kata penghubung penegas meliput, bahkan, yakni, yaitu, apalagi. Sedangkan contoh dalam kalimat sebagai berikut:

  • Nenek yakin doni akan sukses bahkan melebihi dirinya.
  • Sekarang saja telah apalagi besok.

Nah itu jenis dan contoh kata penghubung yang berjumlah 13. Semoga bermanfaat dan menjawab rasa penasaran kamu, ya!

Bakal calon presiden Anies Baswedan bertemu dengan para gus atau kiai-kiai muda Nahdlatul Ulama alias Gawagis se-Jawa Timur di Kota Malang, Minggu malam, 8 Oktober 2023.

Anies Baswedan Bakal Tambah 250 Ribu Kosa Kata Baru di KBBI Jika Jadi Presiden

Anies menegaskan, pemerintah harus membangun kebudayaan, seperti pembangunan literatur dan sastra. Hal itu dilakukan salah satunya dengan menambah kosa kata KBBI.

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2023