Tujuan Akuntansi, Relasi Manfaat dan Fungsinya di Dunia Bisnis

ilustrasi akuntansi
ilustrasi akuntansi
Sumber :
  • pixabay

VIVA Edukasi – Akuntansi merupakan suatu proses atau sebuah kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan manusia sehari-harinya, khususnya dalam dunia bisnis. Kata akuntansi yang diadaptasi dari bahasa Inggris, yaitu accounting, yang artinya menghitung. Sedangkan orang yang melakukan kegiatan akuntansi disebut dengan akuntan.

Menurut American Accounting Association (AAA), pengertian dari akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi pihak yang menggunakan informasi tersebut.

Ilustrasi akuntansi

Ilustrasi akuntansi

Photo :
  • www.pixabay.com/stevepb

Akuntansi adalah sebuah pencatatan, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang, transaksi-transaksi dan kejadian yang setidaknya bersifat finansial dan pembayaran hasil-hasilnya.

Secara umum, pengertian akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan.

Ketika kita berbicara tentang akuntansi, maka sudah pasti akan berhubungan dengan angka-angka dan perhitungan yang rumit sebagai bentuk pencatatan transaksi. Namun, akuntansi memiliki banyak manfaat bagi pihak yang melakukannya karena dapat memberikan informasi kondisi keuangan, gambaran tingkat laba perusahaan, pajak dan peraturan perusahaan, dan lain-lain.

Agar kamu dapat lebih memahami dengan rinci, berikut ini kami telah rangkum tujuan akuntansi serta manfaat dan manfaat, yang VIVA lansir dari berbagai sumber sebagai berikut: