SMPN 2 Curug Tangerang Tampilkan Manajemen Kebersihan Menstruasi

 SMPN 2 Curug Kabupaten Tangerang Jadi Peserta CCS
Sumber :
  • Sherly (Tangerang)

VIVA Edukasi –  SMPN 2 Curug Kabupaten Tangerang menjadi salah satu sekolah sebagai peserta City Sanitation Summit (CSS) ke-20 tahun 2022.

Dalam keikutsertaanya tersebut, terdapat dua program yakni, Sanitasi Sekolah (Sanisek) dan juga Kurangi Sampah Sekolah Kita (Kurasaki) yang menjadi pemaparan pada CSS.

Untuk program Sanisek, terdapat inovasi pihak sekolah yang ditonjolkan, yakni Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM).

Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat

 SMPN 2 Curug Kabupaten Tangerang Jadi Peserta CCS

Photo :
  • Sherly (Tangerang)

Tak Terima Dicopot, Kepala Sekolah SMPN di Manggarai NTT Boikot Ujian Siswa

Kepala Sekolah SMPN 2 Curug, Cucu Sri Rahayu mengatakan, inovasi Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) setiap anak diarahkan untuk bisa menjaga dan mengolah limbah dari menstruasi.
Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat


"Dalam program Sanisek, selain mengedepankan kebersihan sanitasi, kami berinovasi dengan adanya program Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Kami bekerja sama dengan UNICEF untuk mengedukasi kesehatan dan pengelolaan menstruasi pada anak-anak," katanya, Kamis, 8 September 2022.

Menurutnya, masih banyak anak-anak yang belum mengetahui cara menjaga kebersihan mereka saat periode menstruasi, terlebih soal pembuangan limbahnya (pembalut).

"Di sini kita ajarkan soal cara membuang limbahnya, hingga menjaga kebersihannya," ujarnya.

Selain itu, ada pula inovasi bioseptictank terutama dalam limbah toilet yang pada umumnya dikelola secara konvensional. Namun, di sekolah tersebut, bakal diolah dengan dimasukkan ke tangki besar dan diolah dan menghasilkan limbah yang aman bagi lingkungan.

"Limbah yang dihasilkan nantinya seperti air namun tidak berbau, tidak berwarna. Setelah keluar kita tampung di sebuah kolam, lalu kita manfaatkan untuk memelihara ikan," ungkapnya.

Ilustrasi vagina

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Memang aroma vagina setiap orang itu berbeda-beda hal ini dipengaruhi oleh siklus menstruasi, hormon, hingga flora pada vagina wanita.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024