Dukung Pelestarian Ikan Wader Pari, PLN Gandeng Gamawader UGM

 Dukung Pelestarian Ikan Wader Pari, PLN Gandeng Gamawader UGM
Sumber :
  • Cahyo Edi

VIVA Edukasi – Salah satu ikan endemik Indonesia yaitu Wader Pari semakin sulit dicari keberadaannya di sejumlah daerah. Padahal ikan Wader Pari ini menjadi salah satu primadona bagi penggemar ikan.

Pemprov Sumut Optimalkan Teknologi Informasi dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON 2024

Untuk mengembangkan ikan wader ini, kelompok studi mahasiswa asal Fakultas Biologi UGM bernama Gamawader mencoba melakukan budidaya. Proses budidaya Wader Pari ini mendapat sokongan dari PLN melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sejak 2020 lalu.

Untuk mengembangkan budidaya Wader Pari ini, Gamawader juga mengajak sejumlah pembudidaya Sleman untuk bekerjasama dan melahirkan inovasi baru. Inovasi ini yaitu dengan menggunakan teknologi kincir listrik.

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

Koordinator Gamawader Fakultas Biologi UGM, Gizela Aulia mengatakan Gamawader mencoba mengembangkan budidaya ikan Wader Pari lewat teknologi kincir listrik yang difungsikan untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut dikolam, sehingga jumlah kepadatan ikan yang dipelihara dapat jauh lebih besar.

Gizela menuturkan jika Gamawader mendapat dukungan dari PLN Peduli untuk mengembangkan budidaya ikan Wader Pari ini. Saat ini, lanjut Gizela, Gamawader dan PLN Peduli telah bermitra bersama 3 kelompok pembudidaya Ikan di DIY yakni Mina Makmur Rejo Mulyo (Kec. Turi, Sleman), Santan Mina Lestari (Kec. Depok, Kab.Sleman) dan Klayar Manunggal (Kab. Gunung Kidul).

Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

Gizela menerangkan tiga kelompok pembudidaya ikan ini terus konsisten untuk mengembangkan produksi indukan Wader Pari. Tak hanya itu, kami juga berproses hingga memanen wader hasil budidaya untuk kemudian diolah oleh mitra UMKM dalam bentuk keripik wader, sambel wader dan pepes.

“Program budidaya wader menjadi salah satu langkah untuk memperkenalkan Wader Pari sebagai ikan endemik Indonesia yang bergizi dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Melalui budidaya ini, kami berharap para petani ikan tidak lagi menganggap Wader Pari sebagai ikan marginal dan mulai tertarik untuk membudidayakannya agar kelestarian Wader Pari tetap terjaga,” terang Gizela, Selasa 20 September 2022.

Sementara itu, Dewan Komisaris PT PLN (Persero) Eko Sulistyo sempat meninjau langsung proses budidaya Wader Pari tersebut dan mencicipi olahan wader hasil budidaya di kelompok pembudidaya ikan Mina Makmur Rejo Mulyo Turi, Sleman.

Eko menjelaskan budidaya Wader Pari di Turi tersebut telah dikembangkan menggunakan teknologi kincir listrik yang difungsikan untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut dikolam, sehingga jumlah kepadatan ikan yang dipelihara dapat jauh lebih besar.

“Di beberapa daerah, ikan wader ini banyak dicari karena dari segi rasa memang enak. Langkah budidaya wader yang telah dikembangkan ini menjadi alternatif yang baik untuk menjaga kelestarian populasi wader di alam sebagai salah satu ikan endemik di Indonesia,” terang Eko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya