Doa Awal Tahun untuk Harapan yang Baik di Tahun 2023

Ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi – Tahun 2022 telah berganti menjadi tahun 2023 yang tentu diharapkan dapat menjadi tahun yang membuat kita menjadi lebih baik lagi. Setiap umat manusia tentu memiliki harapan yang baik di tahun 2023 ini, salah satunya dengan doa awal tahun.

Anggota DPR Soroti Tragedi Warga Bubarkan Mahasiswa Katolik saat Ibadah Doa Rosario di Tangsel

Harapan baik tersebut bisa diawali dengan doa awal tahun yang bertujuan agar di tahun 2023 ini dapat menjalani kehidupan yang lebih baik dan semakin dekat dengan Allah SWT. 

Meski dalam Islam sendiri tidak dijelaskan mengenai doa awal tahun Masehi, namun umat Muslim dapat mengamalkan doa awal tahun Hijriah dengan tujuan yang sama yaitu untuk kebaikan. 

Miris, Umat Muslim di Kota Monfalcone Italia Dilarang Salat Karena Aturan Baru

Doa Awal Tahun

Ilustrasi doa

Photo :
  • U-Report
6 Kebiasaan Masyarakat Indonesia yang Tidak Boleh Dilakukan di Tanah Suci

Melansir dari laman NU Online, berikut ini doa awal tahun yang bisa kamu baca dengan harapan agar Allah menganugerahkan rahmat-Nya, lindungan, kesehatan, keharmonisan, keselamatan, kelapangan rezeki, jodoh, karir, wafat husnul khatimah dan kebaikan-kebaikan yang lainnya. 

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa ‘ala fadhlikal ‘azhimi wa karimi judikal mu‘awwal. Hadza ‘amun jadidun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithini wa auliya’ih, wal ‘auna ‘ala hadzihin nafsil ammarati bis su’I, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram. 

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Doa awal tahun di atas dibaca sebanyak 3 kali. Dengan doa tersebut, kita sebagai manusia berharap Allah SWT dapat memberikan anugerah dan kemurahan-Nya untuk kita pada tahun baru. 

Manfaat Membaca Doa Awal Tahun 

Ilustrasi berdoa

Photo :
  • U-Report

Doa awal tahun yang dibaca bermanfaat bagi umat Islam agar terlindungi dari godaan setan. Dijelaskan oleh KH Sholeh Darat bahwa doa tersebut dapat membuat pembacanya aman dalam tahun yang dijalaninya. 

“Barangsiapa membaca doa ini tiga kali di awal bulan Muharram setelah shalat maghrib, maka sesungguhnya setan itu mengucapkan bahwa anak Adam ini sudah aman dalam sisa umurnya selama tahun itu. Sebab Allah SWT memberikan asisten berupa dua malaikat untuk menjaganya agar tidak digoda setan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya