5 Tempat di Bumi yang Disebut dalam Alquran dan Hadis Namun Masih Jadi Misteri

Pulau Socotra.
Sumber :
  • Instagram @socotraisland

VIVA Edukasi – Terdapat banyak tempat di bumi yang jarang bahkan belum pernah dijangkau oleh manusia. Alquran dan hadis dari Rasulullah SAW yang kebenarannya sangat diyakini oleh umat Muslim menyebut bahwa benar terdapat tempat misterius di bumi ini.

Heboh Pengakuan Gus Ubad Aminullah soal Kiai di Cianjur yang Rela Serahkan Istrinya ke Oknum Habib

Beberapa tempat itu tertulis dalam surat Al Kahfi ayat 83-101, surat An-Naml ayat 44 hingga hadis Nabi Muhammad SAW tentang pulau dajjal yang diriwayatkan Imam Muslim.

Masjid Al-Aqsa.

Photo :
  • U-Report
Banyak Salah Kaprah Soal Ilmu Parenting, Zaidul Akbar: Yang Bermasalah Orangtua Bukan Anak

Hal ini tentu dapat diterima dengan logika mengingat faktanya bumi memiliki luas sekitar 500 juta kilometer persegi dengan 30 persen daratan dan 70 persen lautan. Itu artinya luas daratan hanya sekitar 149 juta kilometer persegi.

Dari semua itu, berdasarkan analisis dengan menggunakan satelit dari data yang diberikan FAO global land cover share database, jumlah daratan yang telah ‘dimanipulasi’ manusia hanya sekitar 900 ribu kilometer persegi, lantas bagaimana dengan lautan? Tentu masih banyak bagian di bumi ini yang belum terjamah manusia.

Zaidul Akbar Ungkap Bahaya Sering Minum Air Dingin: Ginjal Bisa Bermasalah

Untuk informasi mengenai tempat misterius di bumi yang dituliskan dalam Al Quran, berikut kami telah merangkum dari beberapa sumber, yuk klik halaman selanjutnya:

1. Telaga Ainul Hayat

Menurut beberapa ahli tafsir Ainul Hayat merupakan air kehidupan yang dapat menjadikan manusia hidup abadi. Sehingga siapapun yang meminum air tersebut maka ia akan hidup selamanya hingga hari kiamat atau jika ia memohon kepada Allah untuk diwafatkan.

Telaga Menjer

Photo :
  • U-Report

Kisah tentang Telaga Ainul Hayat tercatat dalam Alquran Surat Al Kahfi ayat 83-101. Dalam Alquran telaga ini disebut berada di tempat terbitnya matahari, dalam artian tempat tersebut berada di sebelah Timur, namun hingga kini belum ada yang dapat menemukan telaga tersebut.

Dikisahkan Nabi Khidir AS dan Raja Zulkarnain sempat mencari tempat tersebut selama 12 tahun. Dikatakan tempat itu gelap, namun tidak seperti malam hari melainkan gelap karena dipenuhi kabut asap.

2. Tembok Yakjud dan Majud

Tembok Yakjuj dan Makjuj

Photo :
  • Twitter

Kisah misteri tembok besi raksasa yang dibuat Raja Zulkarnain tak lepas dari keberingasan Yakjuj dan Makjuj, kaum perusak bumi. Disebutkan dalam Alquran surat Al Kahfi ayat 93-97 bahwa tembok tersebut berada di antara dua gunung.

Dikisahkan Yajud dan Makjud merupakan manusia yang juga keturunan dari Nabi Adam AS. Keberadaan tembok besi yang dibuat Zulkarnain, hingga kini juga masih tertutupi tabir. Namun tak sedikit yang mempercayai lokasi tembok Yakjuj dan Makjuj di antara Samarkand dan India ini sama seperti yang diungkapkan Abdullah Yusuf Ali dalam tafsir "The Holy Qur'an" yaitu di distrik Hissar, Uzbekistan, 240 Kilometer di sebelah tenggara Bukhara, ada celah sempit di antara gunung-gunung batu.

3. Pulau Socotra

Pulau Socotra

Photo :
  • smalan.sch.id

Dajjal adalah makhluk Allah SWT yang memiliki kekuatan besar sebagai fitnah di muka bumi. Dajjal akan muncul di akhir zaman, ini seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur'an dan Hadits Nabi Muhammad SAW.

Dalam hadits nabi yang diriwayatkan Imam Muslim sudah diterangkan bahwa ada suatu lokasi yang diketahui sebagai tempat Dajjal dibelenggu oleh Allah SWT. Salah seorang sahabat nabi bernama Tamim mengatakan ia tersesat di suatu pulau di mana pulau tersebut terdapat binatang berbulu lebat dan seorang pria yang dibelenggu. Lokasi pulau itu, kata Tamim, berada di laut Syam atau di laut Yaman.

Terkait penjelasan tersebut, beredar isu yang beranggapan bahwa keterangan Tamim menuju pada Pulau Socotra yang berlokasi di laut Yaman karena seperti yang diceritakan pulau itu banyak ditemui binatang aneh dan ditumbuhi pepohonan yang tidak didapati di tempat lain serta jarang dikunjungi manusia.

4. Gunung Qaf

Danau Ranu Kumbolo

Photo :
  • U-Report

Diceritakan ketika Nabi Muhammad SAW pulang dari perjalanan Isra Miraj, beliau melihat Gunung Qaf yang mana tampak pemandangan sangat indah sehingga membuat Nabi Muhammad terpesona dengan keindahan tersebut. Akhirnya Nabi mengajak Malaikat Jibril mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Di dalam Al Quran sendiri, Gunung Qaaf diabadikan dalam sebuah surat Qaaf. Tapi, sampai saat ini tidak ada orang yang mengetahuinya. Ada yang mengatakan di antara Yordania dan Arab Saudi. Namun ada juga yang mengatakan letaknya ada di daerah Yaman. Selain itu, ada yang menyebut Gunung Qaf berada di suatu daerah sebelum Persia, dekat tembok Ya'juj dan Ma'juj.

5. Kerajaan Sulaiman

Al-Aqsa.

Photo :
  • U-Report

Nabi Sulaiman AS memiliki kerajaan yang sangat besar dan megah, harta yang melimpah ruah membuatnya dinobatkan sebagai manusia paling kaya yang pernah ada di bumi. Kerajaan Nabi Sulaiman AS dibangun dengan menerapkan ilmu teknologi maju pada masanya. Istana Nabi Sulaiman AS dikenal sebagai Solomon Temple (Istana atau Kuil Sulaiman).

Berdasarkan keterangan ayat-ayat Al-Qur’an Surat An-Naml ayat 44 serta kisah-kisah dalam kitab suci Yahudi dan Nasrani, Temple of Solomon sangatlah megah. Siapapun yang datang dipastikan akan terkesima dengan segala kemewahan yang ada di dalamnya.

Sepeninggalnya Sulaiman istana itu hancur, namun hancurnya istana Sulaiman itu bukan karena runtuh, tetapi diruntuhkan oleh orang-orang Yahudi yang sombong dan angkuh. Hal ini dijelaskan dalam Alquran surah Al-Isra ayat 4-7.

Konon, kuil Sulaiman terletak di sebelah selatan Dome of the Rock, yaitu masjid yang dibangun oleh Khalifah Al-Walid dari Dinasti Umayyah. Tempat ini pernah dipakai shalat oleh Khalifah Umar bin Khattab. Ia kemudian meletakkan sebuah batu (the rock). Lalu, dibangun kubah yang kemudian dikenal dengan nama The Dome of Rock di atas batu itu oleh Abdul Malik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya