Mengenal Istilah Telemedicine untuk Masyarakat Umum

Ilustrasi Layanan Telemedicine.
Sumber :
  • The Conversation

VIVA Edukasi – Sukses dukung transformasi sistem pendidikan nasional, PT Dua Kawan Sejahtera Indonesia (DKSI) tahun ini juga berkomitmen akan mendukung upaya Kementerian Kesehatan RI untuk mewujudkan 6 pilar Transformasi Sistem Kesehatan, yakni Transformasi Layanan Primer, Layanan Rujukan, Sistem Ketahanan Kesehatan, Sistem Pembiayaan Kesehatan, SDM Kesehatan, dan Teknologi Kesehatan. 

Menkominfo Sebut Pemerintah Segera Bentuk Satgas Atasi Darurat Judi Online

Hal itu diutarakan oleh owner PT DKSI, Muhammad Yasin usai kunjungan bisnisnya ke Kota New Taipei, Taiwan, Rabu, 22 Februari 2023. Menurutnya, upaya Kemenkes RI melakukan transformasi digital pelayanan kesehatan itu sudah tepat dan harus dipercepat.

"Kami akan mensupport penuh penyediaan peralatan tercanggih telemedicine yang dibutuhkan," tandasnya. Bahkan, kata M Yasin, perusahaannya tidak hanya akan menyediakan hardwarenya saja namun juga kebutuhan softwarenya. 

Tips Meningkatkan Level Bermain Game di Platform Steam

Muhammad Yasin dan tim siap meluncurkan layanan medis online

Photo :
  • Istimewa

Untuk diketahui, Telemedicine atau konsultasi online didefinisikan oleh American Academy of Family Physicians sebagai praktik penggunaan teknologi untuk memberikan pelayanan kesehatan secara jarak jauh. Menurut M Yasin, telemedicie memudahkan masyarakat berkonsultasi dengan dokter tanpa bertatap muka. 

Pembatalan dan Perubahan Jadwal Tiket Whoosh Bisa Dilakukan Online, Ini Caranya

"Tekhnologi pun tidak hanya bisa memberikan layanan konsultasi diagnostik, tapi juga layanan tata laksana perawatan pasien," imbuh peraih berbagai anugerah perusahaan terbaik di bidang solusi tekhnologi ini. 

Sejak pandemi covid lalu, penerapan tekhnologi ini menurut Yasin memang sudah mulai diterapkan di Indonesia. "Nah, ke depan kami akan mendukung penerapan tekhnologi ini rumah sakit rumah sakit," jelasnya. Adapun solusi yang ditawarkan PT DKSI adalah sistem dan peralatan yang mendukung konsultasi diagnostik online  namun pasien dapat melihat hasil Laboratorium dan berbicara dengan dokter dalam waktu bersamaan. 

Selain itu, jelas M Yasin, Telemedecine yang akan ia luncurkan juga memungkinkan pasien mendapatkan penjelasan data-data medis dan berdiskusi dua arah. "Semua itu terintegrasi dengan sistem informasi yang dimiliki oleh rumah sakit, namun semua sistem kami desain secara  aman  guna menjaga kerahasiaan data pasien," tandas Yasin dalam keterangannya yang diterima VIVA, Jakarta, Kamis (23/2). 

Dengan solusi yang ditawarkan tersebut, PT DKSI optimis Indonesia bisa mengatasi berbagai masalah layanan kesehatan dan merevolusi kesehatan masyarakat Indonesia. "Dan PT Dua Kawan Sejahtera Indonesia akan selalu ada untuk memberikan solusi dan teknologi terbaik untuk Indonesia," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya