Luar Biasa, Ini 7 Presiden Indonesia yang Miliki Pendidikan Terakhir Mentereng

Presiden Jokowi meninjau jalan rusak di Sungai Gelam, Jambi
Sumber :
  • Setpres

VIVA Edukasi - Ada sejumlah presiden Indonesia yang memiliki pendidikan terakhir yang sangat luar. Hal tersebutlah yang bisa mengantar mereka menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Sudah menjadi hal yang biasa jika seorang presiden memiliki pendidikan terakhir yang luar biasa. Itu lah yang akan menjadi modal penting bagi mereka. Berikut pendidikan terakhir terakhir Presiden Indonesia, dilansir berbagai sumber:

1. Soekarno

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

Presiden Pertama RI Soekarno alias Bung Karno.

Photo :
  • Istimewa

Soekarno merupakan salah satu pahlawan serta presiden pertama Indonesia. Ia adalah orang yang memperjuangan kemerdekaan Indonesia. Namun siapa sangka ia memiliki pendidikan yang cukup gemilang yaitu Technische Hoogeschool te Bandoeng atau kini yang dikenal sekarang adalah Teknik Sipil ITB.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

2. Soeharto

Mantan Presiden Soeharto

Photo :
  • vstory

Soeharto merupakan presiden Indonesia kedua, ia salah satu yang memimpin Indonesia paling lama yaitu 32 tahun sebelum akhirnya dilengserkan. Seperti beskinya yang merupakan seorang Militer, ia memiliki pendidikan terakhir gemilang yaitu sebagai Siswa Sekolah Militer Kolonial Belanda, lalu ia tergabung menjadi anggota Koninklijke Nederlands Indische Leger (KNIL) atau yang memiliki artis Tentara Kerajaan Hindia Belanda.

3. BJ Habibie

BJ Habibie

Photo :
  • U-Report

Setelah Soeharto dilengserkan menjadi presiden Indonesia, BJ Habibie menggantikannya. Ia menjabat menjadi presiden kurang dari dua tahun. Namun ia memiliki pendidikan yang luar biasa, Ia mengambil jurusan Teknik Mesin di ITB, lalu melanjutkan studinya di Jerman dengan mengambil jurusan Teknik penerbangan di Jerman.

4. Gus Dur

Khofifah Indar Parawansa (kiri) saat masih muda bersama Gus Dur.

Photo :
  • Humas Pemprov Jatim

Selah BJ Habibie lengser dari masa jabatannya sebagai presiden Indonesia, Gus Dur atau Abdurrahman Wahid langsung menggantikannya. Semasa mudanya, ia pernah menimba ilmu di Universitas Al Azhar Mesir dengan mengambil jurusan Studi Islam. Kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Baghdad Irak dengan mengambil jurusan Sastra Arab.

5. Megawati Soekarnoputri

Presiden RI ke 5 Megawati Soekarnoputri

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Lemhannas RI

Siapa sangka perempuan satu-satunya yang pernah menjadi Presiden Indonesia ini pernah menimba Ilmu di Universitas Padjajaran Bandung dengan mengambil jurusan Pertanian, namun sayang ia tidak menyelesaikan pendidikannya. Hal serupa pun ketika Megawati mengambil jurusan Psikologi di Universitas Indonesia.

6. Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono saksikan laga LavAni di Proliga

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Susilo Bambang Yudhoyono telah menjadi presiden Indonesia selama dua periode atau lebih tepatnya selama 10 tahun. Ia memiliki pendidikan militer yang luar biasa, diantaranya Akademi Angkatan Bersenjata RI, American Language Course US, Airborne and Ranger Course US, Infantry Officer Advanced Course US, Kursus Senjata Antitank di Belgia dan Jerman dan Master of Art Management Webster University US.

7. Jokowi

Presiden Jokowi berikan keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Kini presiden Indonesia ketujuh yang sekarang masih menjabat dan sebentar lagi masa jabatannya akan berakhir, Jokowi memiliki pendidikan yang cukup luar biasa, Ia menimba ilmu di Universitas Gadjah Mada dengan mengambil jurusan Ilmu Kehutanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya