6 Syarat Hewan Kurban yang Perlu Dipenuhi dalam Perayaan Idul Adha

Ilustrasi hewan kurban.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Jakarta – Idul Adha merupakan salah satu perayaan penting dalam agama Islam yang ditandai dengan penyembelihan hewan kurban. Dalam melaksanakan ibadah kurban, terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi terkait dengan hewan yang akan dikurbankan.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Beberapa syarat-syarat ini penting agar pelaksanaan ibadah kurban menjadi sah dan diterima di sisi agama. Berikut beberapa syarat hewan kurban perlu dipahami yang VIVA lansir dari panduan Kementerian Agama RI mengenai paduan penyembelihan hewan kurban:

Ilustrasi hewan kurban.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

1. Spesies Hewan

Hewan kurban yang diperbolehkan adalah hewan ternak yang diakui sebagai hewan kurban dalam agama Islam. Umumnya, hewan yang dianjurkan untuk dikurbankan adalah sapi, kambing, atau domba. Hewan-hewan ini memiliki syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi, seperti usia dan kesehatan yang baik.

Digosipkan Mualaf, Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya Secara Gratis

2. Usia Hewan

Untuk hewan kurban jenis sapi, usia minimalnya adalah dua tahun, sedangkan untuk kambing atau domba minimal berumur satu tahun. Pemilihan hewan yang sudah mencapai usia ini menjamin bahwa hewan tersebut sudah cukup matang dan memiliki kualitas daging yang baik.

3. Kesehatan Hewan

Hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan bebas dari penyakit yang menular. Hewan yang memiliki cacat fisik atau mengidap penyakit tidak diperbolehkan sebagai hewan kurban. Dalam hal ini, perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tenaga medis hewan atau dokter hewan yang kompeten.

4. Keutuhan Hewan

Hewan kurban harus dalam keadaan lengkap, tidak cacat, dan tidak memiliki kekurangan yang signifikan. Keutuhan hewan meliputi keutuhan fisik seperti anggota tubuh utama (kaki, tanduk, dan sebagainya). Pemilihan hewan yang utuh menjaga keadilan dan kehormatan dalam pelaksanaan ibadah kurban.

5. Perawatan Hewan

Ilustrasi jualan hewan kurban

Photo :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

Hewan kurban harus dirawat dan diberi makan dengan baik sebelum pelaksanaan kurban. Pemilik hewan berkewajiban memberikan perawatan yang mencukupi agar hewan tetap sehat dan bugar. Hewan yang lemah atau kurang perawatan tidak disarankan untuk dikurbankan.

6. Tertib Pelaksanaan

Pelaksanaan kurban harus dilakukan secara tertib dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini termasuk dalam hal penanganan hewan sebelum dan sesudah penyembelihan. Proses penyembelihan harus dilakukan dengan cara yang benar dan mengikuti tata cara yang diajarkan dalam agama Islam.

ibadah kurban adalah bentuk pengabdian dan ketakwaan kepada Allah SWT. Dengan memenuhi syarat-syarat hewan kurban, kita dapat memastikan bahwa ibadah kita diterima oleh-Nya.

Penting untuk berkonsultasi dengan ahli agama atau pihak yang berkompeten dalam masalah kurban jika ada ketidakjelasan atau pertanyaan terkait syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Marilah kita sambut perayaan Idul Adha dengan penuh keikhlasan dan semangat dalam melaksanakan ibadah kurban yang sesuai dengan ajaran agama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya