Niat Salat Hajat, Tata Cara Pelaksanaan hingga Doa Setelahnya

ilustrasi sholat
Sumber :
  • U-Report

Jakarta – Setiap manusia pasti memiliki persoalannya masing-masing, ada yang diuji dari ekonomi, keluarga hingga berbagai persoalan lain dalam kehidupan.

Cathy Sharon Ungkap Gak Pernah Doa Minta Jodoh Meski Lama Menjanda, Ini Alasannya

Dalam Islam, Allah SWT melalui lisan Rasulullah SAW menyampaikan setiap orang yang sedang diterpa kesulitan dalam hidup maka hendaklah ia melaksanakan salat 2 rakaat atau yang biasa disebut salat hajat.

Hal ini sebagaimana yang disampikan oleh Seikh Nawawi Banten dalam bukunya Nihayatuz Zain, Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah halaman 103. Beliau mengatakan:

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

“Orang sedang mengalami kesempitan, berhajat untuk membuat maslahat agama dan dunianya, dan merasakan kesulitan karenanya, hendaklah melakukan shalat hajat.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Niat salat hajat 2 rakaat

Mengutip laman Nahdlatul Ulama, Minggu, 23 Juli 2023, salat hajat dapat dilakukan mulai dari 2 rakaat atau boeh juga dilakukan 12 rakaat. Adapun, bacaan niat salat hajat sebagai berikut:

Ushollii sunnatal haajati rok'aataini lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku berniat sholat hajat sunnah hajat dua raka'at karena Allah Ta'ala."

Ilustrasi melaksanakan salat.

Photo :
  • U-Report

Tata cara pelaksanaan salat hajat

  1. Ucapkan niat salat hajat di dalam hati, kemudian takbiratul ihram.
  2. Dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah.
  3. disambung dengan surat Ayat Kursi dan surat al Ikhlas masing-masing satu kali. Jika terlalu sulit, Anda bisa membaca Al Fatihah dengan surat pendek lainnya.
  4. Kemudian dilanjutkan dengan rangkaian salat seperti salat fardhu hingga salam. Lalu, membaca shalawat untuk Rasulullah SAW.

Bacaan doa setelah salat hajat

Dilanjut dengan membaca doa hajat seperti yang dilakukan Rasulullah, dalam hadis yang diriwayatkan Imam At Tirmidzi berikut:

“Allahumma inni as aluka muujibatirohmatik. Wa azaaima-maghfirotik, walghoniimati min kulli birrin, waa salaamatan min kulli ismin. Laa tada’ lii zanban illaa ghafartah, wa laa hamman illaa farrajtah. Wa laa haa jatan hiya lakaridon illaa khodoytahaa yaa arhamarroohimiinn.”

Artinya, “Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepadamu bimbingan amal sesuai rahmatmu, ketetapan ampunanmu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa –

Janganlah biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula kau terlantarkan aku yang sedang berhajat sesuai ridhamu karena itu penuhilah hajatku. Wahai Tuhan yang maha pengasih.”

Setelah doa tersebut, Anda dipersilakan menyebut segala hajat pribadi, dan mengakhirinya dengan kembali mengucap shalawat kepada Rasulullah SAW.

Cak Imin sambut elite PPP di markas PKB, Jakarta Pusat

PKB Bantu Doain PPP Lolos di MK, Cak Imin Apapun yang Diminta Kita Sediakan

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berharap PPP bisa lolos gugatan sengketa Pileg 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024