Ramai Peminat, 422 Peserta Mendaftar Sayembara Desain Batik Haji yang Digelar Kemenag

Jemaah Haji Indonesia di Bandara Ameer Mohammad Bin Abdul Aziz, Madinah
Sumber :
  • MCH 2023

Jakarta – Sayembara Desain Batik Haji Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Agama ramai peminat. Antusiasme peserta tinggi, dibuktikan dengan keikutsertaan 422 peserta.

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pelayanan Dalam Negeri Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah Saiful Mujab dalam rapat Dewan Juri di kantor pusat Kementerian Agama Jakarta, Selasa, 12 September 2023.

"Alhamdulillah, sampai dengan penutupan pendaftaran, total ada 422 peserta yang mendaftar Sayembara Desain Batik Haji Indonesia," ujar Saiful dilansir dari laman Kemenag, Rabu, 13 September 2023.

Penasaran Senam Rahasia Jemaah Haji? Yuk, Intip 28 Ribu Jemaah Beraksi!

Pendaftaran Sayembara Desain Batik Haji Indonesia dibuka secara online mulai 25 Agustus  hingga 6 September 2023 lalu.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Saat ini, sayembara sudah memasuki tahap penjurian. Ada lima dewan juri yang terlibat, yaitu: Eny Retno Yaqut Cholil Qoumas (Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama), Yuffie Safitri (Owner, Designer and Creative Director), Irna Mutiara (Fashion Designer), Monika Jufry (Creative Director), dan Komarudin Kudiya (Ketua Umum Asosiasi Perajin dan Pengusaha Batik Indonesia).

“Tahap berikutnya adalah penilaian oleh dewan juri. Mereka akan melakukan penilaian mulai dari originalitas desain, komposisi desain, estetika, termasuk kerumitan dalam proses produksi. Sebab, batik ini nantinya akan dibuat dalam rupa batik cap yang diproduksi oleh UMKM,” kata Saiful.

Dalam kesempatan yang sama Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media, Komunikasi Publik, dan Teknologi Informasi Wibowo Prasetyo mengungkap, desain batik haji Indonesia yang saat ini sudah digunakan lebih dari 10 tahun.

Sayembara desain batik digelar tidak semata untuk mengganti desain, tapi juga mengusung semangat baru penyelenggaraan haji di Indonesia.

“Gus Men selalu menegaskan pentingnya semangat baru dalam penyelenggaran ibadah haji. Desain batik menjadi salah satu prosesnya dan itu harus menyuarakan terobosan. Desainnya harus lebih bagus dan lebih Indonesia,” sebut Wibowo.

Jemaah haji Indonesia baru tiba di Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz Madinah

Photo :
  • MCH 2019/Darmawan

“Desain batik haji Indonesia harus bisa mencirikan keindonesiaan dan menjadi identitas jemaah. Orang kalau melihat dari jauh, sudah bisa tahu kalau itu jemaah Indonesia. Ini juga akan memudahkan petugas saat membantu jemaah yang mendapat kendala di lapangan,” sambungnya.

Selain keindonesiaan, penggantian seragam batik jemaah haji Indonesia mengusung semangat untuk mengikutsertakan perajin batik, khususnya kalangan UMKM. Nantinya, proses produksi batik ini tidak dilakukan secara printing (cetak), tapi cap.

“Perubahan desain batik ini harus memberikan dampak pada geliat ekonomi perajin batik cap yang rata-rata adalah UMKM,” tegasnya.

Tantangan Produksi

Hal senada disampaikan oleh Eny Yaqut Cholil Qoumas. Menurutnya, ada tiga tantangan dalam proses pergantian batik jemaah haji.

Pertama, sayembara harus dapat memberikan efek bagi peningkatan ekonomi bisnis perajin batik UMKM Indonesia.

Jemaah haji Indonesia dari embarkasi JKS tiba di Bandara Madinah

Photo :
  • MCH 2019/Darmawan

“Batik cap yang disayembarakan ini agar bisa diproduksi sebagai batik cap, tidak printing. Kita ingin sekali mengangkat perajin batik cap di manapun berada. Kita berharap batik cap bisa diproduksi secara masal dengan baik,” kata dia.

Kedua, batik haji yang sejak 10 tahun terakhir digunakan adalah batik printing (cetak). "Nah, sekarang kita ingin mengangkat perajin batik dari kalangan UMKM. Nanti yang produksi juga para perajin,” lanjutnya.

Namun pemilihan batik cap ini bukannya tanpa kendala. Menurut Eny, kalau diproduksi dengan cap, batik berpotensi tidak sama persis.

Hal Ini menjadi tantangan dalam proses produksi agar hasilnya nanti bisa relatif sama. Sebab, kalau dalam proses produksi batik cap, komposisi warna yang berbeda saja bisa menghasilkan batik yang berbeda pula.

“Monitoring berkelanjutan diperlukan. Proses produksinya harus dikawal agar hasilnya sama,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya