Sosok Prof Sitanala Arsyad, Rektor IPB University Periode 1987-1996 Meninggal di Usia 89 Tahun

Prof Sitanala Arsyad
Sumber :
  • Instagram @IPBofficial

Bogor – Sosok pendidik inspiratif, Prof Dr H Sitanala Arsyad bin H Mukhtar, rektor IPB University periode 1987-1996 dikabarkan meninggal dunia pada Jum’at, 22 September 2023 sekitar pukul 15.24 WIB di RS Siloam Bogor. Prof Sitanala Arsyad meninggal di usianya ke-89.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Sosok Prof Sitanala Arsyad

Prof Sitanala Arsyad

Photo :
  • IPB University
Sosok Arj Barker, Komika yang Dihujat Gegara Usir Ibu Menyusui saat Acara Stand-Up Comedy

Dikutip dari situs IPB, semasa hidup, Prof Sitanala Arsyad dikenal sebagai pakar konservasi tanah. Lebih dari 20 artikel ilmu tanah yang ia tulis telah diterbitkan di jurnal dalam dan luar negeri. Selain itu, ia juga menyusun buku Konservasi Tanah dan Air (diterbitkan IPB 1989 dan 2000), edisi kedua terbit pada 2006.

Prof Sitanala memperoleh gelar sarjana pada 1961 di Fakultas Pertanian Universitas Indonesia yang jadi cikal bakal lahirnya IPB University (1963). 

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian

Sebelum lulus, ia sudah menjadi asisten dosen (asisten tingkat II) ilmu tanah pada tahun 1959. Kemudian, Sitanala muda melanjutkan pendidikan magister di Graduate School University of Georgia, Athen-Georgia, Amerika Serikat dan lulus tahun 1963. 

Selang dua tahun, ia mendapat gelar Philosophiae doctor (PhD) di universitas yang sama dengan spesialisasi konservasi tanah.

Sebelum menjadi Rektor IPB University selama dua masa jabatan (1987-1996), pria kelahiran Lampung Tengah, 21 Maret 1934 ini  juga pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Lampung (Unila) pada 1973-1981. 

Kemudian pada tahun 2004, ia memasuki masa pensiun dari pegawai negeri sipil dan diangkat menjadi Guru Besar Emeritus pada Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan, Fakultas Pertanian IPB University. 

Almarhum disemayamkan di rumah duka di Jl Taman Malabar No 3, Bogor dan akan diberangkatkan ke Lampung menuju pemakaman keluarga di Dusun Negara Bumi Ilir, Lampung Tengah, Sabtu pagi 23, September 2023. Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyampaikan duka mendalam. 

“Kita telah kehilangan sosok dedikatif yang telah mengokohkan tongkat estafet kepemimpinan kepada generasi penerus. Kemajuan IPB University hari ini tentu tidak lepas dari peran almarhum. Prof Arsyad memiliki legacy yang sangat besar untuk kemajuan IPB,” ujarnya.

“Beliaulah yang sangat berjasa dalam membangun Kampus IPB Darmaga. Ini sebuah karya besar yang mengubah wajah IPB dan menjadi tonggak baru kemajuan IPB. Banyak keteladanan yang harus kita petik dari diri beliau. Selamat jalan Prof Sitanala. Karya Bapak akan terus terkenang dan menginspirasi kami, " imbuh Rektor IPB University. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya