Kualitas Udara di Pekanbaru Kian Memburuk, Pelajar Dianjurkan Pakai Masker

Kualitas Udara di Pekanbaru Kian Memburuk, Pelajar Dianjurkan Pakai Masker
Sumber :
  • VIVA | Muhammad Arifin (tvOne)

Pekanbaru – Indikator Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Pekanbaru menunjukkan level tidak sehat. Kondisi ini membuat Sekolah Dasar Negri 06 Pekanbaru di jalan Pepaya, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru Riau, menganjurkan para siswa dan siswi untuk menggunakan masker.

UTBK 2024 Dimulai, 11.091 Peserta SNBT Ikuti Tes di UNNES Semarang

Kepala sekolah menganjurkan untuk menggunakan masker dan mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Salah satu Guru SDN 06 Pekanbaru, Arta Manalu mengatakan, dengan kualitas udara yang mulai memburuk, proses belajar mengajar dan jam belajar masih seperti biasa, belum beralih ke sistem daring (online).

Sebanyak 37.169 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2024 yang Digelar di USU

"Kalau memang ada himbauan dari pimpinan. Sampai saat ini (jam belajar, red) masih seperti biasa. Belum ada perubahan, masih Senin sampai Sabtu, karena kami belajarnya masih seperti biasa," Kata Arta, Rabu 4 Oktober 2023.

Pihak sekolah berharap, dinas terkait agar bisa memberikan bantuan masker kepada seluruh siswa karena saat ini masker yang digunakan saat ini dibeli secara swadaya dan belum sesuai standar kesehatan.

Gunung Ruang di Sitaro Kembali Erupsi, PVMBG Minta Masyarakat Waspada Potensi Tsunami

"Harapan kami kepada pihak yang berkompeten dalam hal ini mudah-mudahan ada iktikad membagikan masker ke sekolah," harapnya.

Ilustrasi Kebakaran Hutan dan Lahan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Sementara, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 14 titik kebakaran hutan dan lahan yang tersebar di 5 Kabupaten di Provinsi Riau.

"Khusus di Riau, 14 titik hotspot itu berada di 5 kabupaten. Kabupaten Bengkalis 1 titik, Kuantan singingi 1, Rokan Hilir 8, Rokan Hulu 3, dan Siak 1 titik," kata Forecaster on Duty BMKG SSK II Pekanbaru, Yasir P.

Jarak pandang di Kota Pekanbaru dan beberapa wilayah lainnya mencapai 2,5-5 kilometer dengan status udara kabur.

"Kota Pekanbaru, Indragiri Hulu, Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kampar jarak pandang 2,5 hingga 5 kilometer udara kabur," katanya.

Cuaca di Kota Pekanbaru dan sekitarnya cenderung cerah hingga berawan. 

"Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan dan Kota Pekanbaru," sambung dia.

Ilustrasi kebakaran hutan.

Photo :
  • ANTARA/Nova Wahyudi

Dilihat dari website resmi BMKG, kualitas udara Kota Pekanbaru sempat menurun hingga level tidak sehat dan menyentuh garis kuning. Hari ini, kualitas udara mulai sedikit membaik dengan 52.70 gram/m3.

Laporan: Muhammad Arifin (tvOne)

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya