Institut STIAMI Gelar Kuliah Umum Bersama News Presenter tvOne Seera Safira

Institut STIAMI Gelar Kuliah Umum Bersama News Presenter tvOne
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Public speaking, atau berbicara di depan umum, bukan hanya sekedar keterampilan, tetapi seni yang memadukan kata-kata, ekspresi, dan kepercayaan diri untuk menyampaikan pesan dengan dampak maksimal. 

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Keterampilan ini bukan hanya berguna dalam dunia bisnis dan akademis, tetapi juga menjadi sarana yang kuat untuk memotivasi, menginspirasi, dan mengubah pandangan orang. 

Keterampilan berbicara tersebut salah satunya berguna untuk menjadi presenter TV yang menuntut keterampilan di depan kamera dan berkomunikasi dengan audiens luas.  

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

"Sebuah keterampilan yang kini sangat dibutuhkan adalah Komunikasi. Oleh karena itu, Kampus hadir untuk menjembatani kebutuhan tersebut dengan para ahli komunikasi, seperti Producer televisi, Presenter televisi dan profesi lain yang berkaitan dengan praktisi Komunikasi", ujar DR. Hartono selaku Wakil Rektor Institut STIAMI.

Untuk menjadi news presenter di televisi, menurut News Presenter TVOne Seera Safira, S.I.Kom., M.M, diperlukan kombinasi keterampilan, dedikasi, dan kemampuan untuk beradaptasi.  

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Institut STIAMI Gelar Kuliah Umum Bersama News Presenter tvOne

Photo :
  • istimewa

Karena itu, pada kuliah umum ini Seera Safira mengajak beberapa mahasiswa untuk langsung melakukan praktek public speaking dengan membaca naskah berita dan mencoba belajar menjadi news presenter TV. Tak hanya itu, praktek live report juga dilakukan oleh mahasiswa Manajemen Komunikasi Institut STIAMI dari Kampus A Bekasi.

"Penguasaan keterampilan berbicara adalah kunci utama. Presenter TV harus dapat menyampaikan informasi dengan jelas, lancar, dan menarik," ujar Seera Safira dalam Kuliah Umum.

Kuliah Umum kali ini bertajuk 'Public Speaking and How To Be News Presenter TVOne' yang digelar Program Studi dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Komunikasi Institut STIAMI. 

Pembawaan materi yang lugas dari Seera Safira ternyata mampu memancing mahasiswa Institut STIAMI untuk berperan aktif dalam kuliah umum ini. Bahkan ketika sesi tanya jawab dibuka, banyak mahasiswa dengan antusias bertanya yang direspon Program Studi Manajemen Komunikasi dengan memberi hadiah bagi 3 penanya terbaik.

'Kami berkomitmen akan menggelar kegiatan serupa dengan tema yang berbeda demi mengasah kemampuan Mahasiswa dan menjawab kebutuhan pasar setelah mereka lulus". DR. Evi menambahkan selalu Dekan Institut STIAMI.

Kuliah Umum dihadiri 400 peserta secara online dan offline. presenter TV adalah pekerjaan yang menarik dan menantang karena memerlukan kombinasi keterampilan teknis, pengetahuan mendalam, dan kepribadian yang menarik.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya