PIMNAS Ke-36 di Unpad, UMSU Sabet 2 Medali dan Juara Favorit 

3 tim mahasiswa UMSU raih 2 medali perak dan 1 juara favorit di ajang PIMNAS.
Sumber :
  • VIVA | BS Putra | Dokumentasi USU

Bandung – Sebanyak 3 tim mahasiswa UMSU raih 2 medali perak dan 1 juara favorit pada ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 yang diselenggarakan di Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung, Jawa Barat, Sabtu 2 Desember 2023.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Raihan medali dan juara favorit tersebut menghantarkan UMSU menduduki peringkat 25 dari 106 PTN/PTS Se-Indonesia dan mengungguli Universitas Padjajaran Bandung.

Perolehan dua medali perak diraih dari kategori poster pada Program Kreativitas Mahasiswa skim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM) dan bidang Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH). Sementara juara favorit diraih pada kategori presentasi skim Riset Eksakta (PKM-RE).

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Atas keberhasilan ini, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP mengucap syukur dan mengapresiasi para mahasiswa yang telah maksimal dalam bertanding di ajang ini.

"Alhamdulillah, tentu ini suatu pencapaian yang harus disyukuri. Pencapaian ini atas kerjasama semua pihak. Selamat kepada seluruh mahasiswa yang telah berkompetisi dengan maksimal di ajang PIMNAS 36," ucap Agussani, dalam keterangannya, Senin 4 Desember 2023.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Prof. Agussani juga berharap, pencapaian ini dapat dijadikan motivasi untuk keberlanjutan program agar dapat berguna untuk masyarakat dan negara.

Apresiasi yang senada disampaikan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Dr. Rudianto, M,Si yang memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap seluruh mahasiswa yang bertanding pada ajang bergengsi tersebut.

“Selamat kepada seluruh mahasiswa UMSU yang telah meraih prestasi ini. Tengu keberhasilan ini tidak terlepas dari doa dan Kerjasama yang dilakukan oleh mahasiswa dan Universitas, ” kata Rudianto.

Menurut WR III, pencapaian ini menjadi bukti konsisten UMSU dalam melakukan pendampingan serta dukungan baik moril maupun materil kepada seluruh mahasiswa yang berkompetisi di berbagai ajang.

“Sejak awal, UMSU selalu konsisten dalam melakukan pendampingan mulai dari pengajuan judul PKM hingga ke PIMNAS," terang Dr. Rudianto. 

Diketahui, UMSU membawa kontingan 7 tim di PIMNAS 36 berlangsung selama 4 hari mulari 26-30 November 2023 di Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Jawa Barat. Kemudian, ajang ini diikuti sebanyak 525 tim yang terdiri dari 2.411 mahasiswa dan 106 PTN/PTS se-Indonesia.

Adapun 3 tim UMSU yang berhasil meraih prestasi adalah tim PKM PM-3 medali perak poster dengan judul "Light Garden : Ecocity-Tourism Berbasis Green Energy dan Zero Waste System, Upaya Transformasi Pemukiman Kumuh di Sangar Anak Sungai Deli" diketuai oleh Adrian Hariady Napitupulu beranggotakan Ridho Syahputra Tolo, Jasmine Jamilah, Muhammad Rionaldo, Tita Wilda Wegina dengan Dosen Pendamping Syahran Saputra, S.Sos., M.Sos. 

Kemudian tim PKM RSH-4 medali perak poster dengan judul "Masojid ni boru: Bentuk Kearifan Lokal yang responsive gender sebagai anti tesis budaya patriaki pada etnis batak angkola" diketuai oleh Zayyan Ramadhanti beranggotakan Aini Tasya Nadria, Tita Wilda, Wegina, Muhammad Rionaldo dengan Dosen Pendamping Syahran Saputra, S.Sos., M.Sos.

Terakhir, tim PKM-RE meraih Juara Favorit Presentasi dengan judul "Efektivitas Kulit Durian (Durio Zibethinus) sebagai stimulator Apoptosis Jalur Bcl-2: Kajian In Viro Imunositokimia pada sel Hela Kanker Serviks" diketuai Ainur Rofiq beranggotakan Muhammad Dian Islami, Aditya Sofyansyah, Hermaya, Muhammad Zihni Baihaqi, Tristan Kanginan Dosen Pendamping Assoc. Prof. Dr. dr. Humairah Medina Liza Lubis, M.Ked.(PA)., Sp.PA.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya