11 Perwakilan Kampus di Inggris Berbagi Pengalaman Studi ke 3 SMA di Jakarta, Bogor dan Tangerang

Study in UK.
Sumber :
  • Istimewa.

Jakarta – Study in UK (SI-UK) Indonesia melanjutkan rangkaian upaya organisasi mendekatkan atmosfer akademis Inggris Raya (UK) kepada calon mahasiswa di Indonesia, dengan program Study in UK Indonesia High School Roadshow 2024.

Pj Gubernur Kaltim Dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan Unissula Semarang

Karena itu, 11 perwakilan langsung universitas-universitas favorit UK dan Irlandia, mengunjungi 3 Sekolah Menengah Atas kenamaan di wilayah Jakarta, Bogor dan Tangerang, yang memiliki kurikulum International Baccalaureate (IB) . Beberapa universitas yang ikut dalam program ini antara lain seperti University College London (UCL), The University of Edinburgh, dan University of Birmingham.

Ketiga sekolah yang dikunjungi itu adalah, Global Jaya School, Sekolah Bogor Raya dan Beacon Academy. Sekolah-sekolah tersebut memberikan landasan pendidikan internasional kepada para siswanya.

Mobil Sport Listrik Ini Akhirnya Bisa Dipesan, Harga Rp1,1 Miliar

Gianti Atmojo, Country Director Study in UK (SI-UK) Indonesia, mengatakan, sebagai satu-satunya organisasi Inggris cabang Indonesia yang mewakili seluruh universitas-universitas ternama dari Inggris Raya (UK), pihaknya kami sangat antusias untuk kembali mengadakan program Study in UK Indonesia High School Roadshow 2024.

Universitas di Inggris

Photo :
Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

"Kami secara khusus mengunjungi sekolah berkurikulum International Baccalaureate (IB) karena pengalaman menunjukkan bahwa mahasiswa dari latar belakang ini lebih mudah mendapatkan penawaran dari universitas di Inggris," ujar Gianti dikutip dari keterangannya, Selasa, 30 Januari 2024.

Namun, Gianti menegaskan bahwa peluang kuliah di UK dan Irlandia ini terbuka untuk seluruh pelajar SMA di Indonesia yang ingin meraih pendidikan tinggi terbaik di Inggris Raya. Dengan pendampingan dan layanan all-inclusive, Study in UK (SI-UK) Indonesia siap membantu pelajar tanah air membuat keputusan akademis, mempersiapkan studi di Inggris, memahami kehidupan di sana, hingga membuka peluang magang yang akan membuka pintu kesempatan berpotensi untuk masa depan.

Ditemui pada acara Study in UK Expo 2024 kemarin, Chevening Scholarship dan British Council turut mengapresiasi usaha Study in UK (SI-UK) Indonesia dalam memfasilitasi konsultasi tidak berpihak kepada para pelajar tanah air yang memiliki mimpi mendaftarkan diri ke universitas pilihan manapun di UK.

Summer Xia, Country Director British Council di Indonesia dan Direktur Asia Tenggara menjelaskan,  pihaknya sangat senang bisa turut serta dalam pameran Study in UK Expo untuk ketiga kalinya, terutama dengan tawaran IELTS yang kami berikan.

VIVA Militer: London, ibukota Inggris

Photo :
  • lonelyplanet.com

"UK memang terkenal dengan pendidikan kelas dunia dan menerima calon mahasiswa dari seluruh dunia termasuk dari Indonesia. Kami ingin berikan apresiasi kepada Study in UK (SI-UK) Indonesia yang telah menciptakan kesempatan bagi pelajar dan orang tua dari Indonesia untuk mendapatkan informasi langsung dari universitas di Inggris Raya, dan hal ini tentu akan membantu mereka mengejar impian belajar di UK. Bersama, kami dapat memperkuat hubungan UK-Indonesia untuk masa depan yang lebih baik," ujarnya.

Program Study Abroad dan Study Tour bersama Study in UK (SI-UK) Indonesia Pada kegiatan roadshow ini, Study in UK (SI-UK) Indonesia juga turut memperkenalkan atmosfer akademis di universitas-universitas prestisius di UK melalui sejumlah program menarik. Calon mahasiswa bisa mengikuti program seperti Study Abroad dan Study Tour untuk mereka dapat memperdalam pengetahuan akademis tanpa langsung kuliah penuh waktu di UK.

Study Abroad merupakan program ini berlangsung selama 1 hingga 2 semester di universitas UK. Dikenal juga dengan sebutan sekolah musim panas. Program Study Abroad di UK menawarkan keunggulan karena mahasiswa di Indonesia dapat mengikuti program tersebut saat sedang libur kuliah, atau sedang mengambil cuti kuliah selama 1 semester atau 1 tahun.

Keunggulan lain dari program ini adalah pelajar Indonesia bisa mendapatkan Satuan Kredit Semester (SKS) dan mereka bisa melakukan transfer credit dari pelajaran yang diambil selama mengikuti program. SKS yang mereka dapatkan juga bisa digunakan untuk memenuhi syarat beberapa mata kuliah yang sedang dijalankan di Indonesia.

Gianti menjelaskan bahwa melalui pengalaman langsung di lingkungan akademis terbaik di Inggris, para pelajar Indonesia tidak hanya akan memperoleh pengetahuan mendalam. Tetapi juga mengembangkan keterampilan dan koneksi yang sangat berharga untuk masa depan mereka.

"Program Study Abroad ini dirancang untuk memberikan perspektif yang holistik tentang pendidikan tinggi di Inggris, memastikan bahwa mahasiswa mendapatkan manfaat maksimal dari pengalaman belajar ini,” ungkapnya.

Tidak hanya dari pengalaman belajar langsung dengan program Study Abroad, Gianti pun menyebutkan bahwa pelajar Indonesia bisa ikut program Study Tour yang ditawarkan oleh Study in UK (SI-UK) Indonesia. Program ini juga akan memberikan pengalaman langsung dan pemahaman mendalam terkait atmosfer akademis di kampus-kampus terbaik di Inggris.

Calon mahasiswa yang mengikuti program ini akan melakukan kunjungan ke universitas-universitas prestisius seperti University of Oxford, The University of Edinburgh, King’s College London, The University of Manchester, dan banyak lainnya.

“Program ini akan membantu mereka mendapatkan pemahaman mendalam tentang kehidupan mahasiswa di lingkungan akademis yang berkualitas. Tidak hanya itu saja, melalui program ini, kami juga menawarkan kegiatan menarik lainnya, seperti kunjungan ke stadion Manchester United dan Beatles Museum. Para peserta juga dapat ikut serta dalam beragam kegiatan bercitarasa UK yang diselenggarakan bersama Study in UK (SI-UK) Indonesia,” tutup Gianti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya