Kreatif! Siswi SMKN 4 Kupang Ciptakan Jemuran Pintar Anti Hujan, Cocok untuk Emak-emak

Ilustrasi jemuran pakaian
Sumber :
  • Pixabay/Hans Braxmeier

VIVA Edukasi – Media sosial dihebohkan sebuah penemuan teknologi terbaru dari dua siswi SMKN 4 Kupang. Dua siswi SMKN 4 Kupang itu diketahui bernama Gavrila Asten dan Casandra Temaluru.

Canggihnya Haramain, Kereta Cepat Paruh Bebek Favorit Jemaah Umrah

Keduanya berhasil menciptakan inovasi langka dan unik, yang bisa digunakan oleh semua emak-emak se-Indonesia. Apalagi kalau bukan inovasi sebuah jemuran pintar berbasis internet. Diketahui dari unggahan akun Instagram dari @infipop.id kedua siswi ini berhasil membuat sebuah jemuran yang dapat memberikan notifikasi dan dipantau melalui smartphone ketika ada cuaca, baik itu hujan dan lain sebagainya.

Axioo Tak Gentar Bersaing dengan Laptop Asing

Jemuran tersebut menghadirkan fitur untuk mengatur jadwal pengeringan, memantau kondisi cuaca, serta notifikasi saat pakaian sudah kering. Sungguh menarik bukan?

Adexco Seri Ketiga Hadir di Jakarta Untuk Membahas Penanggulangan Bencana Berkelanjutan

Tentu saja kehadiran jemuran pintar ini menjadi sebuah solusi cerdas yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya emak-emak di Indonesia untuk bisa memudahkan aktivitasnya.

Selain memudahkan aktivitas masyarakat, penemuan pintar ini pun menunjukkan betapa besar potensi lua rbiasa yang dimiliki oleh generasi muda dalam menghadapi era digitan yang semakin hari semakin canggih dari sebelum-sebelumnya.

Karena dinilai kreatif, unik, dan inovatif, maka penemuan jemuran pintar tersebut kemudian viral di media sosial. Kemampuan keduanya hingga berhasil menciptakan jemuran pintar antihujan ini pun ia dapatkan dari keseriusaannya dalam memahami secara otodidak melalui YouTube.

Reaksi Warganet

Atas inovasi yang dilakukan oleh kedua siswi SMKN 4 Kupang ini pun berhasil menyita perhatian warganet di media sosial.

"Banyak yang komen "keluar negri biar dihargai", "patenkan penemuanmu", dll. Tapi mohon maaf bukannya merendahkan, tapi inovasi seperti ini sudah banyak dilakukan di perguruan tinggi Indonesia, dan hal tersebut sifatnya "simple" apalagi untuk mahasiswa lingkup elektro. Yang menjadikan "wah" karena dilakukan oleh anak SMA, tapi apapun itu terus berproses," tulis warganet.

"Mantap Projectnya. Ibuku juga bisa pakai perintah suara : Nak tolong Angkat jemuran," tulis lainnya.

"Lebih berguna lagi kalo dibuat untuk petani yg lg jemur gabah," tulis lainnya.

"Keren ih, jadi kalo tetiba hujan ga lari-lari kedubrak'an," tandas lainnya.

"Dek ayo di paten kan penemuan nya..semoga sekolah mendukung penuh," kata lainnya.

"ini kalau idenya ke gemastik/pkm bisalah dapat. IoT emang ngebantu," seru lainnya.

"Seragam boleh SMA , isi kepala S2 MIT," seru lainnya.

"Keren bgt sih dekkk," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya