10 Fakta Menarik Usai Spanyol Lolos ke Babak 16 Besar

Selebrasi gol para pemain Spanyol
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Spanyol bermain begitu impresif saat menghadapi Turki di Allianz Riviera, Sabtu 18 Juni 2016 dini hari WIB. Mereka menang dengan skor 3-0 dan mengamankan tiket ke babak 16 besar.

Sergio Ramos Ogah Menyerah, Targetnya Real Madrid Vs PSG

Kemenangan ini memperpanjang dominasi La Furia Roja atas Turki. Sudah 62 tahun, Spanyol tak bisa dikalahkan oleh Turki.

Terakhir, Turki menang atas Spanyol pada 1954 silam. Itu terjadi di ajang kualifikasi Piala Dunia. Mereka berhasil menang tipis atas Spanyol, 1-0.

Reuni Sergio Ramos dan Real Madrid Terancam Batal

Di laga tadi, Spanyol juga mencatatkan rekor impresif dalam gelaran Piala Eropa. Mereka belum kebobolan selama 690 menit di Piala Eropa.

(Baca juga: Turki Dibantai Spanyol, Bintang Barca Dicemooh Fans Sendiri)

Sergio Ramos Ganas Lagi

Total, Spanyol cuma kebobolan satu gol dalam 18 jam 18 menit dalam waktu pertandingan sepakbola, di Piala Eropa.

Masih ada fakta-fakta menarik lain yang muncul dari kemenangan besar Spanyol atas Turki. Dan, berikut adalah fakta-fakta menarik usai Spanyol lolos ke babak 16 besar, seperti dilansir Opta dan situs resmi UEFA:

1. Spanyol memperpanjang rekor tak kebobolan mereka di Piala Eropa. Kini, mereka berhasil menjaga gawangnya tetap perawan di 690 menit.

2. Secara keseluruhan, Spanyol cuma kebobolan satu gol selama 18 jam 18 menit terakhir (waktu pertandingan sepakbola) dalam putaran final Piala Eropa.

3. Spanyol menjadi tim pertama yang cetak tiga gol dalam satu pertandingan di Piala Eropa 2016.

4. Spanyol berhasil memenangkan lima laga melawan Turki dari delapan pertemuan di turnamen internasional. Dua di antaranya berakhir imbang, dan baru satu yang dimenangkan Turki.

Selanjutnya

5. Turki tak pernah menang atas Spanyol selama 62 tahun. Kemenangan terakhir terjadi di kualifikasi Piala Dunia 1954 silam. Ketika itu mereka menang dengan skor 1-0 atas Spanyol.

6. Nolito menjadi pencetak gol ke-35 Spanyol di Piala Eropa. Dengan demikian, Spanyol menjadi tim terbanyak dengan pencetak gol yang berbeda di turnamen ini.

7. Alvaro Morata dan Nolito mencetak tujuh dari delapan gol terakhir Spanyol.

8. 3-0, menjadi kekalahan terbesar Spanyol di Piala Eropa sejak 1996 silam. Sebelumnya, mereka menderita kekalahan yang sama dari Denmark di Piala Eropa 1996.

9. Turki selalu mengantongi kartu kuning sejak menghadapi Italia di Piala Eropa 2000.

10. Sergio Ramos menjadi pemain kedua yang meraih kartu kuning tercepat di Piala Eropa. Di laga kontra Spanyol, dia mengantongi kartu kuning saat pertandingan baru berlangsung 58 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya