Selamat Tinggal, Legenda

Iker Casillas
Sumber :
  • REUTERS/Andrea Comas
VIVA.co.id
Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United
- Iker Casillas resmi meninggalkan Real Madrid. Kiper berusia 34 tahun tersebut pindah ke klub Portugal, FC Porto.

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Dengan ini, pengabdian Casillas selama 25 tahun di Madrid berakhir sudah. Sejumlah kenangan manis mengiringi kepergian San Iker.
Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?


Hengkangnya Casillas cukup mengejutkan. Sebab, pemain asal Spanyol tersebut bisa dibilang legenda Los Blancos. Tak hanya karena lamanya mengabdi, tapi juga jumlah trofi yang telah dipersembahkan oleh Casillas.

Mulai dari Copa del Rey, La Liga, Liga Champions hingga Piala Dunia antar Klub pernah dikecap oleh Casillas. Wajar jika akhirnya, Casillas begitu emosional ketika mengucapkan kata perpisahan.


"Saya datang ke stadion yang hebat ini untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Anda semua. Terutama kepada fans Madrid. Sejak Sabtu, saya bukan lagi pemain Real Madrid, sekarang saya akan menjadi pemain Porto," ujar Casillas seperti dikutip Daily Mail.


Rekan setim Casillas di Madrid pun merasakan hal yang sama. Mereka sedih karena ditinggal sosok yang menjadi panutan.


"Sebuah kebanggaan bisa berbagi kamar ganti bersama legenda sepakbola dan Real Madrid," ungkap James Rodriguez dilansir Marca.


"Iker, sebuah kehormatan bisa menjadi rekan setim dan belajar kepadamu selama lebih dari delapan tahun," timpal Marcelo.


'Roh Bayern' Hijrah ke MU


Bukan hanya Casillas, pemain yang juga diwarnai haru perpisahannya adalah Bastian Schweinsteiger. Gelandang yang sudah lama membela Bayern Munich tersebut akhirnya berganti kostum Manchester United.


Setan Merah dilaporkan memberikan kontrak 3 musim kepada pemain 30 tahun tersebut. Di sana dia dibayar setara dengan gaji ketika di Bayern, sebesar £180 ribu per pekan.


"Saya menyesalkan kepergian Schweinsteiger karena dia adalah salah satu pemain terbaik yang kami miliki. Dia telah melakukan banyak hebat di sini," kata CEO Karl-Heinz Rummenigge seperti dilansir Soccerway.


Kepergian Schweini ditangisi oleh mantan rekan setimnya di Bayern. Maklum, banyak momen indah juga haru dilalui pemain asal Jerman ini bersama FC Hollywood.


"Saya sangat sedih karena kami telah melalui banyak hal, baik maupun buruk," tutur Philip Lahm.


"Kami adalah teman baik. Pilihannya pindah sangat menyakitkan saya, dia kini tidak di sini lagi (Bayern)," ungkap Manuel Neuer.


Deretan Legenda yang Cari Petualangan di Luar Eropa


Bursa transfer musim panas ini memang diwarnai dengan perginya para "legenda" klub. Tak hanya Casillas dan Schweinsteiger, ada beberapa pemain meninggalkan klub yang sudah lama dibelanya.


Namun, kebanyakan dari mereka memilih berkiprah di luar Eropa. Ada yang ke Amerika Serikat, ada juga yang ke Timur Tengah.


Sebut saja Xavi Hernandez yang hijrah dari Barcelona. Pemain yang merupakan jebolan La Masia itu pindah ke klub Qatar, Al Saad.


Lalu ada Andrea Pirlo (eks Juventus) dan Steven Gerrard (mantan pemain Liverpool). Keduanya kompak memilih berkarir di Major League Soccer, kasta tertinggi liga Amerika.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya