Pecahkan Rekor, Rooney Jadi 'Taring' Tertajam EPL

Penyerang Manchester United, Wayne Rooney.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Ada yang spesial bagi bomber Manchester United, Wayne Rooney, dalam laga kontra Liverpool di pekan ke-22 Liga Inggris, Minggu 17 Januari 2016 kemarin.

Tak hanya menjadi pahlawan bagi The Red Devil dalam laga tersebut, Rooney juga mencetak rekor baru di Liga Inggris. Rooney mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu klub sepanjang sejarah Liga Inggris

Rooney mencetak gol tunggal kemenangan MU atas seteru abadinya, Liverpool, di menit 78. Gol tersebut adalah gol yang ke-176, yang dibukukan Rooney bersama MU selama hampir 12 musim kebersamaannya.

Gol ke gawang Simon Mignolet tersebut, juga menjadi gol keempat yang dicetak Rooney dalam 4 laga beruntun di semua ajang kompetisi. Catatan tersebut terakhir kali dibuat Rooney pada bulan Maret 2012 silam.

Satu catatan penting lainnya, Rooney kembali berhasil mencetak gol ke gawang Liverpool saat bermain di Anfield. Kali terakhir Rooney mencetak gol di Anfield, tepatnya di tahun 2005, atau hampir 11 tahun yang lalu.

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

"Saya memintanya untuk mencetak gol di sini, dan dia telah mencetak gol secara beruntun. Saya pikir dia adalah penyerang yang fantastis,"

Kesuksesan ini jadi pembuktian striker yang juga menjabat kapten MU dan Timnas Inggris ini. Pasalnya, Rooney tengah mengalami penurunan performa musim ini.

Dari 18 penampilannya di ajang Liga Inggris, Rooney baru mencetak 6 gol. Total pemain 30 tahun ini mencetak 12 gol dalam 27 laga di semua ajang kompetisi.

Rekor di Tengah Kritik

Gelombang kritik yang tertuju pada Rooney, seakan sirna saat ia mencetak gol tunggal kemenangan MU ke gawang Liverpool. Tak ayal, nada indah pun dilantunkan sang manajer, Louis van Gaal.

"Van Gaal yang masih percaya akan kualitas yang dimiliki Rooney, tak segan menyebutnya sebagai seorang penyerang fantastis," puji Van Gaal pada Rooney, via situs resmi MU.

Tak hanya Van Gaal yang turut memberikan pujiannya kepada Rooney, penjaga gawang utama MU, David De Gea, juga ikut melontarkan pujiannya buat sang kapten.

"Sebagai kapten kami, dia punya kepribadian yang hebat. Dia selalu memotivasi kami. Saat segala sesuatu menjadi buruk dia selalu mendorong kami. Apakah dia mampu memecahkan rekor gol, saya rasa dia layak untuk itu karena dia pemain hebat," ujar De Gea dikutip Telegraph.

Gol tunggalnya ke gawang Liverpool, menjadikan Rooney sebagai pemain yang berhasil mencetak gol terbanyak dalam satu klub di Liga Inggris.

176 gol yang dibuat Rooney dalam 258 penampilannya di ajang Liga Inggris untuk MU, berhasil melewati rekor yang sebelumnya dipegang oleh eks bomber Arsenal, Thierry Henry, dengan 175 gol.

Rooney juga berpeluang besar untuk terus menambah pundi golnya, karena usianya baru mencpai 30 tahun. Selain itu, ia juga tak memiliki satu orang pun kompetitor, yang mendekati catatan golnya.

Tak hanya itu, Rooney juga punya peluang besar menjadi pencetak gol terbanyak MU sepanjang sejarah. Jumlah 242 gol yang dicetak Rooney dalam 506 penampilan di semua ajang, hanya terpaut 7 gol dengan top scorer MU sepanjang masa, Sir Bobby Charlton.

Momen Kebangkitan MU?

Keberhasilan yang dicapai Rooney, bukan hanya bisa berdampak bagi dirinya. Sebagai kapten tim, catatan positif Rooney kemungkinan besar bisa menular pada kebangkitan Setan Merah.

Seperti yang diketahui, saat ini MU tengah dalam penampilan inkonsisten. Bukan hanya MU yang dianggap melempem, begitu juga Rooney.

Kesuksesan Rooney mencetak 4 gol dalam 4 pertandingan beruntun, jadi bukti bahwa ia masih tajam. Bukan tak mungkin di paruh musim kedua ini, Rooney bisa membawa MU kembali ke jalur perebutan gelar.

Keberhasilan Rooney mencetak rekor dan kemenangan atas Liverpool, membuat Van Gaal kembali berani membicarakan gelar.

"Sebagai pelatih tentu saya sangat senang. Pertandingan ini memberikan kami dorongan yang baik, bagi pemain, fans, dan seluruh publik Manchester United. Bisa mengalahkan Liverpool selalu sangat penting," ujar Van Gaal dikutip The Sun.

Masih akan dinanti, bagaimana sepak terjang Rooney dan MU di paruh kedua Liga Inggris, musim 2015/2016.

Kapten Manchester United, Harry Maguire

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Bek Manchester United, Harry Maguire, dianggap belum pantas menjadi kapten di klub berjuluk Setan Merah itu.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022